COFFEE 5.0 – PROXIMITY: NEARNESS IN SPACE, TIME, AND RELATIONSHIP

Oleh COFFEE 5.0 Crew

Ulang tahun kerap kali dinantikan sebagai suatu perayaan simbolik karena telah mencapai suatu titik periode yang lebih lama dari sebelumnya. Layaknya manusia yang merayakan ulang tahun sebagai esensi simbol satu langkah lebih dekat menuju kedewasaan diri, HIMFOODTECH sebagai himpunan juga selalu menantikan momen perayaan warsa kelima ini sebagai bentuk kesuksesan telah bertahan sampai disini, berefleksi tentang pencapaian selama tahun ini dan menyegarkan kembali akan visi, misi dan tujuan. Perayaan ulang tahun HIMFOODTECH kali ini bertajuk “COFFEE 5.0: Proximity Nearness in Time, Space and Relationship.” Bahwasanya dalam suatu perayaan hangat ini meskipun setiap insan harus tergabung dalam ruang virtual daring, makna kedekatan untuk saling terhubung satu dengan yang lain tetap dapat terjalin.

Acara COFFEE 5.0 menjadi inovasi baru bagi HIMFOODTECH yang memperkenalkan wadah virtual baru bernama Gather Town. Penggagas ide wadah virtual baru ini adalah Josephine Gabrielle Halim yang menjadi ketua acara COFFEE 5.0 ini. Acara yang disiapkan sejak Februari 2021 kemarin berlangsung selama 3 jam pada tanggal 17 April 2021 di ruang daring Zoom dan Gather Town. Beberapa minggu menjelang acara perdana COFFEE 5.0, HIMFOODTECH juga sudah mengunggah berbagai macam games dan story box di akun Instagram @himfoodtechbinus. Banyak peserta dan panitia yang ikut meramaikan dengan bermain dan sharing pada kolom komentar. Selain membagikan pengalaman unik selama menjadi mahasiswa dan anggota HIMFOODTECH, banyak pula yang mengirimkan harapan dan ucapan selamat kepada HIMFOODTECH karena telah mencapai usianya yang ke-5.

Acara COFFEE 5.0 dimulai di ruang Zoom terlebih dahulu, peserta Zoom mencapai lebih dari 90 orang. Acara dibuka dengan sambutan hangat dari kedua MC yaitu Tiara dan Zahra yang menanyakan tema acara dan menyengarkan memori peserta dengan permainan sebelumnya di akun Instagram HIMFOODTECH. Berikutnya, acara dilanjutkan dengan rangkaian pidato selamat dan penyambutan. Sambutan pertama diberikan oleh ketua HIMFOODTECH 2020, Lucky Wijaya, yang mengucapkan harapan dan terima kasih atas kerja keras aktivis dan pengurus HIMFOODTECH. Lalu, rangkaian penyambutan diikuti dengan salam dari Ansel Sindhu selaku ketua HIMFOODTECH 2021 dan Josephine Gabrielle selaku ketua acara COFFEE 5.0. Josephine merasa bangga atas terlaksananya acara COFFEE 5.0 ini dan mengatakan bahwa semua usaha tidak akan sia-sia. Ia berharap bahwa dengan adanya COFFEE 5.0 ini, seluruh angkatan Food Technology BINUS dapat berinteraksi satu dengan yang lain, semakin dekat, dan semakin erat tali kekeluargaannya. Terakhir, ucapan hangat kembali disampaikan oleh Ibu Dwiyantari Widyaningrum yang mewakili dosen. Beliau menyampaikan harapannya agar HIMFOODTECH BINUS dapat semakin maju dan selalu berani mencoba hal-hal baru karena dosen akan siap memberikan dukungan bagi HIMFOODTECH.

Gambar 1. Kata Sambutan (Atas ke Bawah: Lucky Wijaya, Ansel SIndhu, Josephine Gabrielle, dan Ibu Tari)

Seusai ucapan haru nan hangat, acara diselingi dengan sesi Ice Breaking berupa tebak gambar. Terasa nuansa keheningan seketika pecah melihat banyak peserta yang mengomentari tentang gambar yang ditunjukkan pada kolom komentar Zoom. Peserta begitu semangat ketika melihat jawaban mereka benar. Gema tawa MC dan sorak-sorai pun terasa memanas-manasi suasana penuh semangat ini. Setelah asik bermain games, peserta kembali tenang dan situasi menjadi hening dan hangat. Setelah games, diadakan sesi ucapan harapan, puji dan syukur kepada HIMFOODTECH yang diwakili oleh Ansel Sindhu, Clara Valencia, Andrew Nathaniel, Steven Liu, serta Ibu Fathyah Hanum. Tanpa adanya komando dari MC, tiba-tiba video surprise dari dosen diputar oleh tim COFFEE 5.0. Rupanya dosen-dosen HIMFOODTECH sudah berkolaborasi menyanyikan lagu Happy Birthday untuk HIMFOODTECH. Semoga HIMFOODTECH semakin sukses dan dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan negara dan dapat menginspirasi teknologi pangan di Indonesia.

Gambar 2.  Ucapan Selamat Ulang Tahun Kepada HIMFOODTECH dari Para Dosen Food Technology Binus Sambil Bernyanyi

Puncak acara Zoom mencapai klimaks dengan peniupan lilin secara virtual bersama-sama dalam ruang Zoom. Acara lantas diberhentikan sejenak sebagai waktu ishoma dan berbuka terlebih dahulu. Setelah waktu ishoma setelah, seluruh peserta COFFEE 5.0 kembali mengikuti rangkaian acara yang berada di Gather Town. Gather Town merupakan sebuah platform yang menggabungkan video call dengan peta 2D, memungkinkan pengguna berjalan-jalan, bermain games, dan berbicara dengan orang lain. Seraya menunggu seluruh peserta memasuki Gather Town, adanya ice breaking yang dilakukan oleh MC yaitu ABC 5 dasar. Pada games ini, MC menyebutkan satu huruf dengan tema tertentu, sebagai contoh huruf E dengan tema bakteri. Lalu, peserta diminta menjawab dalam kolom chat tertait nama bakteri dengan awalan huruf E. Ice breaking ini berlangsung kurang lebih 15 menit sampai seluruh peserta memasuki Gather Town.

Gambar 3. Wish untuk HIMFOODTECH oleh Kak Steven dan Kak Vania

Setelah selesai ice breaking, acara pun dilanjut dengan pengumuman pemenang wish untuk HIMFOODTECH. Wish ini dibagi menjadi dua kategori yaitu wish terlucu dan wish terniat. Wish ini berisikan harapan-harapan untuk HIMFOODTECH kedepannya. “COFFEE WISHES” adalah hastag yang telah disiapkan sebagai aturan dalam penilaian.  Pemenang wish yang akan dibacakan oleh MC, menimbulkan rasa penasaran bagi para peserta. Lalu, tersebutlah nama Valencia Devina dengan akun Instagram @pyavd sebagai pemenang dari wish terlucu dan Rayna Ayyi dengan akun Instagram @raynaayy sebagai pemenang dari wish terniat. Masing-masing pemenang akan mendapatkan E-money sebegar Rp50.000. Setelah pengumuman pemenang wish, acara dilanjut dengan penampilan dari grup bernama Korea Wannabe. Grup ini menampilkan sebuah lagu dengan 1 penyanyi dan 2 pemain alat musik. Saat video performance ditampilkan, para peserta nampak sangat antusias dan merasa terhibur saat mendengarnya. Pujian-pujian bentuk apresiasi dilontarkan oleh para peserta dalam kolom chat.

Setelah selesai performance yang pertama, acara dilanjut dengan pengumuman pemenang cerita offline dan cerita online terbaik. Cerita ini berisikan pengalaman-pengalaman yang dirasakan oleh mahasiswa selama kuliah offline dan kuliah online. “SHARE YOUR COFFEE” adalah hastag yang telah disiapkan sebagai aturan dalam penilaian.  Pemenang cerita yang akan dibacakan oleh MC, menimbulkan juga rasa penasaran bagi para peserta. Lalu, tersebutlah nama Gracella dengan akun Instagram @gracella.k sebagai pemenang dari cerita offline terbaik dan Sammi Chen dengan akun Instagram @samiichenn sebagai pemenang dari cerita online terbaik. Masing-masing pemenang akan mendapatkan e-money sebesar Rp50.000. Setelah selesai pembacaan cerita offline dan online, acara dilanjut dengan penampilan dari Lachibolala. Lachibolala menampilkan sebuah cover lagu yang berjudul “Sesuatu di Jogja”. Tak kalah dari performance pertama, para peserta juga sangat antusian dan merasa terhibur, bahkan dibuatnya tersanjung karena suarannya yang sangat lembut. Pujian-pujian bentuk apresiasi pun dilontarkan oleh para peserta dalam kolom chat.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang untuk partisipan teraktif dalam mengikuti mini games yang diadakan di Instagram. Games yang diadakan di Instagram tersebut meliputi Decorate HIMFOODTECH’s Birthday Cake, Word Search dan What’s in My Bag. Ketiga games tersebut dilaksanakan melalui Instagram Story dengan menjawab/mengikuti masing-masing games yang diberikan, kemudian diharuskan untuk tag Instagram HIMFOODTECH dan tag teman-temannya sebagai bentuk ajakan mengikuti games. Tentunya cukup banyak partisipan mini games sehingga ketika akan pengumuman berlangsung menimbulkan rasa penasaran bagi para peserta. Pada akhirnya, disebutkanlah Sharleen Calista dengan akun Instagram @sharr.ln sebagai pemenang peserta mini games teraktif. Pemenang mendapatkan E-money sebesar Rp50.000,00. Performance ketiga diisi dengan penampilan tarian yaitu modern dance K-pop oleh Sparks. Tarian tersebut menggunakan lagu Dun Dun yang dibawakan oleh girlband asal Korea Selatan, Everglow. Performance ketiga pun tidak kalah menarik dari penampilan-penampilan sebelumnya dan juga menuai banyak komentar positif melalui kolom chat dari para peserta COFFEE 5.0. Para peserta pun sangat antusias dan merasa terhibur karena tarian yang menarik dan dibawakan dengan sangat energik.

Gambar 4. Foto Bersama di platform Zoom Sebelum Memasuki platform Gather Town

Gambar 5. Foto Avatar Bersama Peserta di platform Gather Town

Dimana ada awal, pasti akan ada akhir. Setelah melalui serangkaian acara yang cukup panjang dan menyenangkan, acara COFFEE 5.0 ditutup dengan ucapan terima kasih dari ketua event, Josephine Gabrielle dan dilanjuti dengan sesi foto bersama. Seluruh peserta diminta untuk mengikuti panitia yang telah menyediakan tempat untuk foto bersama. Foto bersama dilakukan dengan menggunakan avatar masing-masing peserta. Seluruh panitia pun mengucapkan rasa terima kasih kepada semua peserta yang antusias mengikuti acara dengan penuh semangat dan juga tak lupa mengucap syukur atas berjalannya COFFEE 5.0 karena telah berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Setelah seluruh rangkaian acara telah selesai, seluruh peserta diberikan waktu bebas untuk bersenang-senang dan berkumpul bersama teman-temannya menikmati segala fasilitas yang telah disiapkan di Gather Town. Peserta yang ingin foto bersama teman terdekatnya dan membuat kenang-kenangan melalui Gather Town ini dapat menuju ke tempat photo booth yang telah disediakan. Selain itu juga disediakan berbagai permainan yang menambah keseruan di Gather Town, yaitu codenames, battle drawing, tetris, skribbl.io, dan werewolf. Demikian acara COFFEE 5.0 selesai.

Terima kasih untuk para peserta, dosen dan juga pengisi acara yang telah meramaikan acara COFFEE 5.0. Semoga di ulang tahun yang ke-5 ini HIMFOODTECH bisa semakin maju dan berkembang menjadi himpunan yang lebih baik dan berdampak positif bagi banyak orang serta menjadi himpunan yang lebih kreatif dan inovatif ke depannya.