PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (P2M): MACAROON (MAKE A GOOD CHOICE OF HEALTHY FOOD ACCORDING TO NUTRITION)

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 2023 HIMFOODTECH KE PANTI ASUHAN AL-AMANAH NUSANTARA

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu program kerja rutin HIMFOODTECH pada tiap tahunnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu pangan yang berdampak pada kesehatan. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada tahun ini diadakan di Panti Asuhan Al-Amanah Nusantara di daerah Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan selama 5 hari mulai tanggal 20 Juni 2023 hingga 24 Juni 2023. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah MACAROON: Make A Good Choice of Healthy Food According to Nutrition dimana tema ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak yang berada di Panti Asuhan Al-Amanah Nusantara untuk memahami tentang pentingnya pemilihan makanan sehat dan bernutrisi bagi kesehatan tubuh. Pada hari pertama, diawali dengan pembagian snack roti dan susu dari panitia untuk makan bersama seluruh anak di panti asuhan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh MC dan doa pembuka oleh Audy selanjutnya pemberian kata sambutan oleh ketua HIMFOODTECH 2023/20224 yaitu Natalia Devi Ayu Restuti Mulyodarsono, ketua event PKM 2023 yaitu Bernardus Nicolas Mulyadi, dan perwakilan pengurus Panti Asuhan Al-Amanah Nusantara yaitu Kyai Haji Imam Syarif. Selanjutnya pemberian materi oleh Pak Reggie Surya, S. TP., M. Sc., Ph. D tentang Gizi Seimbang. Materi yang dibawakan mencakup pengenalan gizi seimbang pengganti 4 sehat 5 sempurna, penerapan gizi seimbang di dalam kehidupan sehari-hari, permasalahan gizi di Indonesia, dampak positif penerapan gizi seimbang untuk kesehatan tubuh, dan saran penerapan gizi seimbang di kehidupan sehari-hari. Selama pembawaan materi, pak Reggie Surya turut melakukan interaksi secara langsung dengan anak-anak panti asuhan dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi gizi seimbang. Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pembicara oleh Bernardus Nicolas Mulyadi. Setelah materi dan penyerahan sertifikat selesai, dilanjutkan dengan ice breaking berupa yel-yel antar kelompok dan setelah itu dilakukan dokumentasi dengan peserta dan seluruh panitia serta pembicara dimana selanjutnya acara ditutup oleh MC.

Gambar 1. Pembawaan materi oleh Pak Reggie Surya tentang Gizi Seimbang

Gambar 2. Penyerahan sertifikat kepada pembicara oleh Bernardus Nicolas Mulyadi

Gambar 3. Ice Breaking yel-yel kelompok

Gambar 4. Foto bersama panitia dan pembicara dengan anak-anak Panti Asuhan Al-Amanah Nusantara

Hari kedua pelaksanaan PKM diawali dengan pemberian snack dan air oleh panitia dan dibuka oleh MC dilanjutkan dengan doa pembuka oleh Khansa. Selanjutnya, materi dibawakan oleh Ibu Ervina, S. Gz, M.Sc., Ph.D tentang Vitamin Sederhana dan Fungsi bagi Tubuh dimana materi yang dibawakan mencakup pengenalan vitamin, jenis-jenis vitamin, sumber vitamin, fungsi vitamin, dan cara pemenuhan kebutuhan vitamin bagi tubuh. Selama pembawaan materi, Ibu Ervina juga memberikan pertanyaan kepada anak-anak panti asuhan agar tercipta suasana interaktif yang membuat anak-anak panti asuhan bersemangat mendengarkan materi yang diberikan dan juga memberikan hadiah kepada anak-anak yang mau dan berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan. Setelah materi dibawakan, selanjutnya dilakukan sesi ice breaking estafet sarung antar kelompok dan sesi dokumentasi bersama anak-anak panti asuhan serta penutupan oleh MC dan doa penutup oleh Khansa.

Gambar 5. Pembawaan materi oleh Ibu Ervina tentang Vitamin

Gambar 6. Sesi tanya jawab langsung dengan anak Panti Asuhan Al-Amanah Nusantara

Gambar 7. Sesi ice breaking estafet sarung antar kelompok

Gambar 8. Sesi foto bersama panitia bersama anak-anak panti asuhan

Hari ketiga pada pelaksaan PKM diawali dengan pembagian snack berupa roti dan susu kepada anak-anak tersebut. Setelah semua anak-anak sudah mendapatkan snack mereka, acara PKM pada hari ketiga segera dimulai yang dibawakan oleh Ananda dan Gisela. sebelum acara pada hari ini dimulai, pasti akan selalu diawali dengan berdoa yang dibawakan oleh Audy. penyampaian metari pada hari ketiga ini akan disampaikan oleh Kak Ronaldo Yolanda selaku alumni Food Technology Binus Universtiy. Kak Ronaldo akan menyampaikan materi tentang “Mengenalkan Nutrisi pada Buah-buahan dan Sayuran dan Fungsinya”. jadi materi ini menjelaskan tentang nutrisi yang dapat ditemukan pada buah dan sayuran beserta dengan manfaatnya bagi tubuh sebagai usaha untuk membuat pilihan yang baik dalam mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan gizi. Anak-anak tersebut sangat antusias mendengerkan materi yang disampaikan Kak Ronaldo. tidak hanya menyampaikan materi saja, Kak Ronaldo juga memberikan beberapa pertanyaan kepada anak-anak dan yang dapat menjawabnya akan diberikan hadiah darI Kak Ronaldo. Setalah sesi penyampaian materi selesai, acara dilanjutkan dengan games yang seru. Games tersebut adalah tebak buah-buahan dan sayuran dan fungsinya. Anak-anak akan diajak menebak buah dan sayur yang ada pada slide didepan, dan yang dapat menebaknya akan diberikan sebuah hadiah jika tebakannya benar. Dan semua anak terlhat antusias dalam games menebak ini. setelah games selesasi, acara dilanjutkan dengan sesi dokumentasi yang kemudian dilanjutkan dengan doa penutup oleh Audy. Kemudian acara pada hari ini ditutup oleh Ananda dan Gisela.

Gambar 9. Pembagian roti dan susu kepada anak-anak

Gambar 10. Pembawaan Materi Oleh Kak Ronaldo Tentang Mengenalkan Nutrisi Pada Buah-Buahan dan Sayuran dan Fungsinya

Gambar 11. Sesi Tanya Jawab Kak Ronaldo Dengan Anak Panti Asuhan Al-Amanah Nusantara

Gambar 12. Foto bersama panitia dan pembicara dengan anak-anak Panti Asuhan Al-Amanah Nusantara

Hari keempat kegiatan PKM diawali dengan penyambutan para peserta yang disertai dengan pemberian snack berupa susu dan roti. Kemudian rangkaian acara dimulai yang diawali dengan doa pembuka yang dipimpin oleh Gisela dan diiukti oleh seluruh peserta dan panitia yang hadir. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Nur Fathonah Sadek, S.TP, M.Si selama 100 menit dengan topik “Pentingnya Olahraga dan Pola Hidup Sehat Bagi Tubuh”. Pada sesi ini, Ibu Sadek menjelaskan tentang pentingnya peran olahraga dan pola hidup sehat bagi tubuh sebagai usaha untuk membuat pilihan yang baik dalam mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan gizi. Semua peserta sangat antusias mendengarkan pemaparan materi dari Ibu Sadek dan aktif menjawab pertanyaan yang diberikan. Setelah pemaparan materi selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada Ibu Sadek yang diwakilkan oleh Ketua HIMFOODTECH Devi. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi ice breaking. Ice breaking pada hari keempat yaitu permainan menangkap bola. Peserta dibagi menajdi beberapa kelompok, dimana setiap kelompok harus berbaris dan melemparkan bola ke satu teman dibelakangnya yang memegang wadah yang digunakan untuk menampuing bola yang dilempar. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan ditutup dengan doa penutup yang dipimpin oleh Ananda.

Gambar 13. Pembawaan Materi Oleh Ibu Sadek Tentang Pentingnya Olahraga dan Pola Hidup Sehat Bagi Tubuh

Gambar 14. Sesi Tanya Jawab Ibu Sadek Dengan Anak Panti Asuhan Al-Amanah Nusantara

Gambar 15. Penyerahan Sertifikat Kepada Pembicara oleh Devi

Gambar 16. Ice Breaking Lempar Bola Kelompok

Gambar 17. Foto bersama panitia dan pembicara dengan anak-anak Panti Asuhan Al-Amanah Nusantara

Hari kelima dari kegiatan PKM diawali seperti hari-hari sebelumnya, dimana panitia membagikan snack dan minuman kepada peserta sembari MC menyampaikan kata-kata pembuka. Setelah penyampaian kata-kata pembukaan oleh MC, acara diawali dengan doa pembukaan oleh Audy dan doa diikuti oleh seluruh peserta dan panitia yang hadir. Setelah doa pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh Kak Anselmus Shindu. Materi yang dibawakan berjudull ”Apakah Jajan Makanan Diluar Tidak Sehat?”, yang dimana materi yang dibawwakan ini menjelaskan mengenai pentingnya pengetahuan akan pengaruh dari jajanan yang ada terhadap kesehatan bagi tubuh, serta untuk membantu memberikan pilihan yang baik dalam mengkonsumsi makanan yang sehat dengan keperluan gizi yang cukup. Setelah penyampaian materi, terdapat sesi penyerahan sertifikan oleh ketua acara yaitu Bernardus Nicolas kepada pembicara yaitu Anselmus Shindu. Setelah penyerahan sertifikat, acara dilanjutkan dengan Ice breaking yang dimana peserts bermain game tebak gambar. Permainan ini berlangsung selama 30 menit, dan setelah permainan berakhir dilanjutkan dengan sesi pengumuman kelompok yang menang. Pengumuman ini berdasarkan poin-poin yang telah dikumpulkan selama PKM berlangsung. Setelah pengumuman pemenang, terdapat kata penutup dari ketua HIMFOODTECH, ketua acara, dan juga perwakilan dari panti. Acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat kepada perwakilan dari panti oleh ketua acara. Setelah penyerahan plakat, dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan kemudian ditutup dengan sesi doa penutup. Sesi doa penutup dibawakan oleh Audy. Setelah doa pentutup, peserta dibagikan makanan untuk makan siang dan peserta diperkenankan untuk meninggalkan lokasi acara.

Gambar 18. Pembukaan acara oleh MC

Gambar 19. Doa Pembuka

Gambar 20. Pemaparan materi oleh kak Anselmus Shindu

Gambar 21. Penyerahan sertifikat kepada kak Anselmus Shindu

Gambar 22. Sesi Ice Breaking

Gambar 23. Kata-kata penutup oleh perwakilan panti

Gambar 24. Penyerahan plakat kepada perwakilan dari panti

Gambar 25. Doa penutup dalam rangka penutupan acara

Gambar 26. Foto dokumentasi bersama peserta dan panitia

Gambar 27. Pembagian makanan kepada peserta sebelum peserta meninggalkan lokasi acara