Benchmarking (HERBS) : Kolaborasi Edukatif dan Interaktif antara HIMFOODTECH Binus dan KMTPHP UGM

Oleh :

Yohanes Daniagi – 2301941183

Pada 18 Juli 2020, HIMFOODTECH kembali menyelenggarakan studi banding atau yang dikenal dengan benchmarking bersama kampus lain sebagai proses pencapaian visi dan misinya. Meskipun tantangan seperti pandemi dan sulitnya komunikasi bersama dewan SCAC terkait proposal kerap kali menurunkan kinerja panitia tetapi HIMFOODTECH dalam naungan kepemimpinan Vincentia Wilianto sebagai ketua acara berhasil menyelenggarakan acara ini bersama KMTPHP (Keluarga Mahasiswa Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian) UGM secara daring melalui aplikasi Zoom.

Acara dibuka oleh Eileen Purnama sebagai pembawa acara benchmarking dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ketua HIMFOODTECH, Lucky Wijaya yang berterima kasih atas kerjasama KMTPHP dengan HIMFOODTECH. Setelah Lucky menyampaikan sambutannya, kini giliran Yuniar Wika, Ketua KMTPHP UGM untuk memberikan sambutan. Sambutan ramah dan apresiasi disampaikan oleh Wika kepada HIMFOODTECH karena telah menghubungi KMTPHP mereka meskipun di masa pandemi ini.

Lucky mengambil alih acara sebagai pembicara pertama dan membicarakan tentang struktur keanggotaan, program kerja, event yang diselenggarakan dan divisi-divisi yang ada di HIMFOODTECH kepada peserta benchmarking. Lucky melanjutkan pula dengan tindakan kritis yang diambil oleh HIMFOODTECH dalam menghadapi pandemi seperti pengajuan proposal kepada SCAC melalui scribees, merombak ulang acara agar semua acara dibuat daring serta mengubah sumber dana dari penjualan fisik menjadi paid promote di Instagram dan subsidi himpunan. 

Acara dilanjutkan dengan games selingan melalui quizziz, dimana sebanyak 65 peserta benchmarking diajak untuk menjawab soal-soal umum seputar teknologi pangan. Permainan selesai dengan Natasha (Binus) sebagai juara 1, Karin (UGM) sebagai juara 2 dan Maria S (Binus) sebagai juara 3. Ketiga pemenang tersebut berhak mendapatkan voucher berupa gopay sebagai hadiah, wah selamat ya buat ketiga pemenang.

Sudah asyik melakukan sesi games, seluruh peserta lantas kembali serius. Wika mengambil alih acara sebagai pembicara kedua untuk membahas lebih lanjut tentang KMTPHP UGM. Wika membahas visi KMTPHP yang profesional, kritis, sinergis dan interaktif dalam pengabdian masyarakat. KMTPHP ini sendiri memiliki misi untuk menumbuhkan nilai kekeluargaan di jurusan, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai sarana mewujudkan profesionalitas, menciptakan sinergi yang positif, mengembangkan bakat dan minat mahasiswa serta meningkatkan program pengetahuan di masyarakat. Wika lalu membahas struktur keorganisasian KMTPHP dan divisi yang ada di KMTPHP. 

Gambar 1. Yuniar Wika (kiri atas) mempresentasikan Program Kerja KMTPHP.

Berbagai macam acara seperti Red Alert, Foodcraft, E-sport Himpunan yang dilaksanakan oleh KMTPHP UGM kerap kali menangkap perhatian peserta HIMFOODTECH yang baru mendengar acara-acara tersebut. Senang rasanya untuk tambah pengetahuan dan keragaman pelaksanaan event yang dilaksanakan oleh himpunan lain. Setelah usai presentasinya, kini divisi-divisi di HIMFOODTECH dan KMTPHP dipecah menjadi beberapa grup yang diatur dalam model breakout room Zoom. Karena ada beberapa divisi yang tidak dimiliki HIMFOODTECH, beberapa divisi dicampur menjadi satu sesuai dengan program kerja mereka masing-masing.

Gambar 2. Divisi Eksternal HIMFOODTECH Berbincang bersama Divisi Jaringan Eksternal dan Divisi Karier dan Usaha KMTPHP.

Setelah asik diskusi bersama tiap-tiap divisi, seluruh peserta disatukan kembali dalam ruang Zoom meeting utama untuk menutup acara. Suasana awal yang masih asing dan beku kini mulai cair dan interaktif. Peserta KMTPHP UGM sering memberikan pertanyaan kepada peserta HIMFOODTECH dan begitupun sebaliknya. Tidak lupa di setiap pertanyaan akan ada selingan candaan yang membuat semua peserta tertawa dan bersemangat. Tidak sadar waktu berjalan begitu cepat, karena studi banding bersama KMTPHP begitu asyik dan menyenangkan sampai ternyata benchmarking  telah mencapai penghujung acara. Lucky dan Wika kembali untuk memberikan kata terima kasih dan penutupan. Eileen mengajak seluruh peserta untuk kembali berdoa sebagai penutup yang dipimpin oleh Samantha Ardhelia. Acara berakhir dengan pengabadian momen benchmarking ini lewat foto zoom. Semoga dari studi banding ini, HIMFOODTECH semakin maju dan ada pelajaran yang dapat diambil untuk berproses kedepannya. Terima kasih pula untuk KMTPHP UGM yang telah menyetujui kolaborasi studi banding ini. Sukses selalu untuk HIMFOODTECH, KMTPHP UGM dan seluruh peserta, nantikan benchmarking selanjutnya ya teman-teman!

 

Gambar 3. Kenang-kenagan dari KMTPHP UGM kepada HIMFOODTECH Binus

Gambar 4. Kenang-kenagan dari HIMFOODTECH Binus kepada KMTPHP UGM