Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) 2020 : IMAGINATIVE

Oleh:

Event & Creative Division of PPM 2020

“IMAGINATIVE/Importance of Maintain Food Hygiene and Food Safety” yang Diselenggarakan oleh HIMFOODTECH Berkolaborasi dengan SMAN 1 Kab. Tangerang

 

  • Latar belakang kegiatan

Pengabdian pada Masyarakat (PPM) yang dilaksanakan oleh HIMFOODTECH (Himpunan Food Technology) BINUS University dilakukan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dalam bentuk kegiatan Webinar (web-seminar). Bentuk kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) mengambil topik mengenai bagaimana menghadapi situasi pandemi COVID-19 dalam perspektif umum seperti sanitasi pribadi maupun saat memesan makanan di luar, kebersihan, dan keamanan pangan, topik-topik ini diangkat karena menjadi perbincangan umum di masa pandemi. Saat pandemi, sebagian besar masyarakat maupun pelajar lebih memilih untuk bekerja di rumah (work from home) ataupun belajar secara online. Tidak sedikit masyarakat khususnya pelajar yang memesan makanan dari luar atau bahkan tidak mementingkan kebersihan pribadi. Oleh karena itu, Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat HIMFOODTECH kali ini melakukan penyuluhan mengenai pentingnya menjaga kebersihan pangan (Food Hygiene) dan keamanan pangan (Food Safety) dalam menghadapi era New Normal. Penyuluhan ini diadakan secara online melalui Webinar dan di khususkan bagi siswa/i sekolah SMAN 1 Kabupaten Tangerang untuk membagikan ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan para pelajar.

 

  • Sesi pembukaan, doa, dan kata sambutan

Kegiatan dibuka oleh Asya Rayna, selaku MC acara dengan nada semangat, “Haloo teman-teman!, selamat siang dan selamat datang di acara webinar Pengabdian pada Masyarakat dengan tema besar IMAGINATIVE..” begitu kira-kira Asya membuka dan menjelaskan acara dengan semangat agar menyebarkan energi positif kepada peserta yang hadir.

Kegiatan PPM yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 11, 12, dan 14 Desember 2020 diawali dengan doa dan kata sambutan. Doa dipimpin oleh Kheren Kristanael selaku panitia dari acara ini. Doa dipimpin oleh Kheren dengan khusyuk agar acara dapat berjalan dengan baik, sesuai rencana dan dapat memberikan manfaat bagi semua peserta yang hadir.

Kata sambutan pada hari pertama yang dibuka oleh ketua PPM IMAGINATIVE, yaitu Marisa Sofia. Marisa mempersilahkan teman-teman SMAN 1 Kab. Tangerang untuk menyimak dan mengambil ilmu dan sisi positif dari kegiatan webinar ini yang mengangkat topik umum seputar sanitasi dan kebersihan di masa pandemi. Sambutan lainnya juga oleh ibu Elisa Laura dari perwakilan TFI (Teach for Indonesia), ibu Elisa menyampaikan sambutan selamat datang kepada teman-teman peserta SMAN 1 Kabupaten Tangerang, “Selamat datang teman-teman dari SMAN 1 Kab. Tangerang, selamat menikmati acaranya, semoga bermanfaat” itulah beberapa patah kata yang disampaikan oleh perwakilan TFI tersebut dengan nada yang santai dan pasti.

 

  • Sesi menonton video mengenai “signs of rotten food” dan “handling/takeaway delivery food

Pada sesi kali ini peserta diajak untuk memahami gambaran umum sebelum teori dijelaskan oleh pembicara melalui video yang berjudul Signs of Rotten Food. Video ini dirancang oleh panitia kreatif dan panitia acara, yang menyesuaikan tema di hari kesatu, dimana tanda-tanda makanan sudah tidak layak makan terlihat pada bahan/produk pangan yang tidak diperhatikan masa simpannya, maupun perlakuan simpan, agar produk tahan lama. Pada video ditampilkan dua perlakuan berbeda dari roti tawar dengan merek yang sama. Roti A disimpan di dalam kulkas dan roti B tidak, setelah beberapa hari roti B lebih dulu berjamur. Dari video ini dapat dimengerti kalau beberapa makanan itu perlu perlakuan khusus lho.. untuk mempertahankan umur simpannya yaa biar aweett!.

Pada hari terakhir, yaitu hari ketiga, ditampilkan kembali video dengan tema berbeda, yaitu Handling/Takeaway Delivery Food. Video ini menjelaskan bagaimana sih upaya tepat yang harus dilakukan ketika kita memesan makanan dari luar, wah! Menarik bukan, apalagi di masa pandemi COVID-19 ini. Lebih jelasnya, video yang ditampilkan memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai pentingnya menjaga dan memperhatikan kebersihan saat kita memesan makanan/minuman dari luar, agar terhindar dari virus dan kuman penyakit, terutama di situasi pandemi COVID-19 ini. Pesannya penting bangeett nih, karena kan suka ada temen-temen yang acuh atau mungkin menganggap remeh kebersihan makanan yang dipesan di luar, terutama saat pandemi ini, kita tidak tahu virus akan mengkontaminasi di bagian mana, apakah kontak driver ojol, atau pekerja restorannya, waahh perlu ya.. untuk memperhatikan setiap stepnya dalam memesan makanan di masa pandemi ini. Stay safe and healthy kawan semuaa.

 

  • Sesi materi selama tiga hari acara (11, 12, dan 14 Desember 2020)

Kegiatan PPM yang dilaksanakan selama tiga hari ini mengangkat tema yang berbeda setiap harinya. Pada hari pertama, kegiatan PPM mengangkat tema Signs of Stale & Rotten Food and the Importance of Expiry Date. Materi ini dibawakan oleh salah satu dosen teknologi pangan BINUS University, Ibu Dwiyantari Widyaningrum. Tema yang diangkat pada hari pertama ini memberi pengetahuan dan pemahaman mengenai tanda-tanda bahan pangan yang sudah basi atau busuk. Materi ini bermanfaat banget untuk membuat kita lebih berhati-hati dalam memilih bahan pangan yang dibeli dan menambah wawasan mengenai pembusukan bahan pangan.

Pada hari kedua, kegiatan PPM mengangkat tema Food Safety Pillars: Cleansing & Sanitising, Personal Hygiene, Food Handling. Pemateri pada hari kedua ini adalah Pak Bayu Meindrawan, beliau juga merupakan salah satu dosen teknologi pangan di BINUS University. Materi hari kedua ini memberi pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya kebersihan pribadi dan sanitasi dalam mengkonsumsi makanan. Waah! Menarik banget bukan? Dari tema tersebut kita banyak belajar mengenai cara menjaga keamanan makanan kita yang ternyata perlu penanganan khusus untuk menghindari kita dari penyakit ketika dikonsumsi.

Pada hari ketiga, tema yang diangkat untuk kegiatan PPM adalah Proper Handling of Take-Away/Delivery Food and Beverage in Facing New Normal Area. Materi ini sesuai banget nih sama kondisi di tengah pandemi seperti saat ini. Pemateri yang membawakan tema tersebut adalah alumni Food Technology BINUS University loh.. Namanya adalah Daniel Alfredo. Kak Daniel ini memiliki usaha yang bergerak di bidang pangan, yaitu Mentai Box. Keren banget ya…meskipun masih muda tapi udah punya usaha sendiri. Kak Daniel ini membawakan materi mengenai pentingnya kemasan, kebersihan, dan keamanan pangan ketika memesan makanan secara online ataupun take away di tengah kondisi pandemi. Kak Daniel juga menjelaskan mengenai bisnis yang dia jalani dan upayanya dalam menjaga kebersihan proses pembuatan makanan yang dia produksi. Dari materi ini, kita jadi tau tentang pentingnya waspada ketika membeli makanan di saat pandemi seperti saat ini.

 

Gambar 2. Ibu Dwiyantari sebagai pemateri sedang berfoto bersama peserta, beserta dengan e-certificate dan plakat milik pemateri.

 

 

Gambar 3. Kak Daniel Alfredo sebagai pemateri di hari ketiga sedang berfoto bersama peserta di sesi dokumentasi, beserta dengan e-certificate dan plakat.

 


Gambar 4. Pak Bayu sebagai pemateri di hari kedua sedang berfoto dalam sesi dokumentasi pembicara dengan e-certificate dan plakat.

Gambar 5. Plakat yang diserahkan khusus untuk sekolah SMAN 1 Kab.Tangerang.

 

  • Sesi tanya jawab dan dokumentasi pembicara

Setelah sesi pemaparan materi berakhir, kegiatan selanjutnya adalah sesi QnA. Di sesi ini, para peserta dipersilahkan untuk bertanya kepada pembawa materi mengenai materi yang telah dibagikan melalui kolom chat pada zoom ataupun berbicara langsung. Pada hari pertama, peserta yang mengajukan pertanyaan masih agak sedikit, mungkin karena para peserta masih malu-malu ya… Asya selaku MC pun akhirnya mempersilahkan para peserta untuk bertanya melalui private chat apabila peserta tersebut malu untuk mengajukan pertanyaan secara langsung atau melalui kolom chat zoom. Seiring berjalannya waktu, para peserta pun mulai aktif bertanya meskipun melalui private chat ke panitia. Lanjut pada hari kedua, peserta yang mengajukan pertanyaan melalui kolom chat zoom mulai bertambah. Sepertinya sudah mulai berkurang ya rasa malunya… Di hari kedua ini juga spesial loh…karena salah satu guru SMAN 1 Kab. Tangerang ada yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan PPM dan beliau turut mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Wahh..salut banget sama guru tersebut! Pada hari ketiga, sesi pertanyaan dari peserta juga semakin bertambah jumlahnya melalui kolom chat zoom. Setiap pertanyaan dari peserta tersebut akan dijawab secara langsung oleh para pemateri. Pada sesi pertanyaan selama tiga hari tersebut, terdapat satu peserta yang menarik perhatian para panitia. Peserta tersebut bernama Najwa dan dia menarik para perhatian panitia karena dia merupakan satu-satunya peserta yang berani dan selalu bertanya secara langsung (open mic). Salut banget deh sama Najwa!

 

  • Sesi permainan Gibberish, Tebak Gambar, dan Quizizz

Pada sesi games berjalan lancar, semua peserta sangat menikmati games yang diberikan selama tiga hari mulai dari games Gibberish, Tebak Gambar, hingga Quizizz yang berisikan soal pemateri dan games ini disambut dengan antusias dari peserta. Pada hari pertama games Gibberish dimenangkan oleh Grace Daniella, Ronnan Fairuzy Nursito, dan Gita Ramadhanis. Pada hari kedua games Tebak Gambar dimenangkan oleh Muhammad Faisal Hafiz, Brigitta Christa, dan Ronnan Fairuzy Nursito. Pada hari ketiga games Quizizz yang berisikan soal pemateri dimenangkan oleh Ronnan Fairuzy dan Grace Daniella.

 

  • Kesan dan pesan peserta

Selama tiga hari acara berlangsung panitia melihat Ronnan dan Najwa memiliki antusias yang sangat besar selama acara webinar IMAGINATIVE. Najwa terlihat aktif dalam bertanya dan memberikan pendapat mengenai apa yang disampaikan oleh pemateri, sedangkan Ronnan terlihat aktif saat sesi ice breaking atau sesi games karena ia terlihat selalu unggul di setiap games yang telah disediakan panitia, baik pada posisi pertama, kedua, sampai ketiga, wahh.. Semangat sekali ya Ronnan mungkin ia juga ingin mendapatkan hadiah yang sangat menarik yaahh. Waahh hebat ya Ronnan dan Najwa! Ronnan mengatakan saat menyampaikan kesan & pesan, rahasianya dalam memenangkan games selama tiga hari acara adalah ia selalu memperhatikan ketika pemateri menyampaikan materi dan juga ia mahir dalam memainkan games lainnya. Sedangkan Najwa sangat antusias karena ia sangat ingin sekali masuk ke dalam program studi Food Technology dan adanya rasa ingin tahu yang tinggi mengenai program studi Food Technology. Selain itu juga Najwa menyampaikan bahwa ia sangat amat tertarik pada Food Technology di Binus University.

 

  • Sesi Dokumentasi peserta dan penutup acara

Kegiatan acara webinar Pengabdian pada Masyarakat dengan tema besar IMAGINATIVE pada hari pertama, hari kedua, maupun hari ketiga ini selalu ditutup dengan sesi dokumentasi peserta untuk mengabadikan momen bersama dengan senyuman dan rasa kebersamaan antar panitia dan semua peserta yang hadir pada setiap tema webinar. Tidak lupa diikuti dengan ucapan terima kasih yang diberikan oleh Asya Rayna selaku MC acara PPM ini kepada semua peserta SMAN 1 Kab. Tangerang yang sudah mau meluangkan waktu mereka untuk menyimak materi dan ikut berpartisipasi pada setiap sesi acara yang telah dijalani selama 2 jam ke depan tersebut. Sekiranya untuk akhir yang benar-benar lengkap, acara ditutup juga dengan ucapan selamat kepada tiga peserta yang telah berhasil memenangkan permainan untuk ice breaking sebelumnya dan dilanjutkan dengan doa bersama, yang dipimpin oleh Asya sendiri dengan suasana kusyuk sebagai ucapan syukur kepada Tuhan, karena-Nya acara webinar PPM dapat berjalan sesuai rencana serta terselesaikan dengan baik hingga akhir.

Gambar 6. Seluruh peserta sedang berfoto bersama saat sesi dokumentasi

 

 

  • Penutupan acara oleh ketua HIMFOODTECH pada hari ketiga

Setelah 3 hari lamanya Kegiatan acara webinar Pengabdian pada Masyarakat dengan tema besar IMAGINATIVE yang dilaksanakan pada tanggal 11, 12, dan 14 Desember 2020, maka sudah benar-benar berakhirlah juga rangkaian kegiatan PPM yang diselenggarakan setahun sekali oleh HIMFOODTECH Universitas Binus tersebut pada tahun ini. Sebagai penutupan acara webinar Pengabdian pada Masyarakat yang dikolaborasikan bersama siswa-siswi SMAN 1 Kab. Tangerang, acara pada hari ketiga sekaligus hari terakhir ini pun ditutup dengan beberapa sepatah kata oleh Lucky Wijaya selaku ketua umum HIMFOODTECH 2020/2021 yang mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada guru-guru dan siswa-siswi SMAN 1 Kab. Tangerang sebagai peserta rangkaian acara webinar PPM kali ini, serta harapannya dari materi acara yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari seluruh peserta. “Saya berharap materi yang tersampaikan selama 3 hari ini dapat bermanfaat dan diaplikasikan oleh teman-teman semua. Sekian dari saya dan sampai jumpa di lain waktu, teman-teman!”, begitulah harapan sekaligus kata penutup yang disampaikan oleh ketua umum HIMFOODTECH 2020/2021 tersebut dengan tatapan yang bersahabat.