LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN AKTIVIS HIMFOODTECH 2020 : LACTOSE 6.0 HAVING INTEGRITY, BECOMING FUTURE LEADER

OLEH:

Delya Putri – 2201747956

 

Setelah beberapa waktu lalu diadakan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) aktivis, pada hari Sabtu tanggal 20 Juni 2020 kembali diadakan LDK namun untuk para calon pengurus HIMFOODTECH selanjutnya. LDK pengurus merupakan salah satu syarat wajib jika ingin menjadi pengurus HIMFOODTECH.

LDK Pengurus kali ini atau Lactose 6.0 memiliki tema “Perseverance and Responsibility” juga terdapat jargon yang berisikan “Having Integrity, Becoming Future Leader”. Seperti yang kita ketahui, dikarenakan virus corona / COVID-19 yang sedang merajalela, pemerintah membuat peraturan untuk social distancing sehingga dengan sangat disayangkan LDK pengurus harus diadakan secara online di rumah masing-masing. Nah meskipun diadakan secara online, LDK pengurus ini tetap berjalan dengan seru loh.

Kegiatan diawali dengan ice breaker “Can you guest me?” dimana terdapat beberapa potongan gambar yang harus ditebak setiap kelompok. Serius, games ini seru banget loh guys bahkan video conference jadi rame seketika karena semua berlomba-lomba untuk menjawab. Selain games, tentunya ada sesi materi untuk menambah wawasan para calon pengurus. Sesi materi pertama disampaikan oleh Pak Dave sebagai perwakilan dosen Food Technology. Materi yang disampaikan oleh Pak Dave berjudulkan Responsibility and Reliability dan kemudian dilanjutkan dengan materi Preseverance and Problem Solving yang disampaikan oleh salah satu pengurus HIMFOODTECH 2020, Natasha Michelle. Natasha memberikan beberapa pengalamannya mengenai masalah keorganisasian dan cara ia menghadapinya.

Materi selanjutnya adalah Story of HIMFOODTECH dimana materi ini sangat spesial karena dibawakan oleh kakak-kakak alumni pengurus HIMFOODTECH dimana pada sesi ini mereka membagikan beberapa pengalaman mereka mengurus acara-acara besar. Mulai dari permasalahan yang dihadapi, cara mengatasi masalah tersebut, hingga langkah-langkah yang harus diperhatikan saat memimpin suatu acara. Sesi ini dibawakan oleh Kak Cut selaku Ketua acara HUT HIMFOODTECH 2019 (COFFEE 3.0), Kak Zefanya selaku ketua umum acara DIVERFOODIES 2019 dan Kak Airel selaku Ketua acara Study Tour 2020.

Materi terakhir, yaitu Go Further with HIMFOODTECH dibawakan oleh para DPI Umum HIMFOODTECH 2020 yaitu Lucky Wijaya selaku Ketua HIMFOODTECH 2020, Meggie Rubby selaku Sekretaris HIMFOODTECH 2020, dan Katherine Gunadi selaku Bendahara HIMFOODTECH 2020. Materi ini menjelaskan bagaimana sistem berjalannya suatu acara dimulai dari pembuatan proposal hingga pembuatan LPJ (Lempar Pertanggung Jawaban). Pada setiap sesi materi, para peserta dipersilakan untuk menanyakan hal-hal yang ingin ditanyakan pada materi. Saking antusiasnya semua peserta untuk mengetahui lebih dalam dengan terus melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka penasaran, waktu digunakan dengan sangat efektif bahkan sampai berlanjut di chat pribadi.

Setelah seluruh materi telah disampaikan, para peserta diberikan kesempatan untuk berdebat mengenai studi kasus yang diberikan. Hal ini dilakukan agar setiap calon pengurus dapat aktif dalam menyuarakan pendapat serta dapat memiliki pemikiran penyelasaian masalah yang baik.

LDK pengurus diakhiri dengan sesi foto dan beberapa motivasi yang diberikan oleh Ketua HIMFOODTECH 2020, Lucky Wijaya.

 

Selamat kepada para calon pengurus HIMFOODTECH 2020, semoga dapat menjalankan kepengurusan berikutnya dengan lebih baik lagi.

HIMFOODTECH 2020, STRIVE FOR SUCCESS!!!!!!!!