DIVERFOODIES 2022 ( Foodhibition | WFDC | FO )

DIVERFOODIES 2022

DIVERFOODIES merupakan acara besar tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Food Technology atau HIMFOODTECH BINUS University untuk memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober. DIVERFOODIES pada tahun ini mengambil tema Alternative Protein dan acara ini terbagi menjadi tiga sub-acara yaitu Foodhibition X BAKWAN, Food Olympic, dan World Food Day Campaign. Foodhibition merupakan sebuah acara pameran berisikan poster tentang inovasi pangan dengan menggunakan bahan dasar yang lebih sehat serta bahan pangan yang seringkali dibuang dalam pengolahannya namun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. BAKWAN merupakan program kerja dari divisi entrepreneurship HIMFOODTECH, BAKWAN merupakan singkatan dari Bazar Bersama Kawan HIMFOODTECH. Food Olympic merupakan sebuah lomba tingkat nasional untuk membuat poster inovasi pangan bagi siswa dan siswi SMA/sederajat di seluruh Indonesia dimana mereka dapat memilih salah satu lomba, yang pertama adalah membuat informative poster yang memaparkan informasi faktual tentang objek penelitian yang dituju, kemudian pada lomba dua peserta akan diminta untuk membuat recipe creation yang kreatif serta memiliki manfaat yang jelas bagi semua orang. World Food Day Campaign merupakan sebuah acara seminar dan workshop kepada mahasiswa serta masyarakat luas yang bertujuan untuk menekan angka kelaparan di dunia. Dari acara seminar dan workshop ini juga mempunyai tujuan untuk memberikan wawasan baru kepada masyarakat luas tentang perkembangan inovasi produk pangan, kandungan nutrisi pangan, dan manfaat dari inovasi produk pangan tersebut.

Himpunan Mahasiswa Food Technology BINUS University kembali mengadakan Foodhibition X BAKWAN yang berlangsung selama lima hari yaitu dari tanggal 18 – 22 Oktober 2022, dimulai dari jam 10.00 hingga 16.00 WIB. Foodhibition adalah sub-event dari DIVERFOODIES sebagai salah satu acara untuk memperingati hari pangan sedunia, yang diadakan di lobby BINUS University Alam Sutera. Foodhibition merupakan pameran poster karya mahasiswa Food Technology yang berisi inovasi pangan. Foodhibition ini dibuka secara umum, sehingga siapapun yang ingin masuk dan melihat-lihat karya poster dipersilahkan, dengan cara membeli tiket Foodhibition. Selain melihat-lihat poster, peserta yang masuk boleh melakukan voting untuk memilih poster yang paling mereka sukai. Pemenang dari poster yang paling banyak di vote diumumkan pada saat acara puncak yaitu WFDC (World Food Day Campaign).

Pada acara Foodhibition tahun ini terkumpul lebih dari 30 poster yang berisikan informasi pembuatan pangan yang bersifat fungsional, efisiensi, dan efektivitas. Tema design dari acara ini adalah retro, sehingga seluruh dekorasi yang tertempel pada partisi adalah poster-poster mini retro. Pada setiap harinya terdapat lebih dari 40 orang yang masuk dan melihat-lihat poster pangan di Foodhibition. Setelah masuk dan melihat-lihat poster, para pengunjung dapat mengunjungi BAKWAN yang berada di Atrium BINUS University Alam Sutera atau di dekat eskalator.

BAKWAN atau Bazar Bersama Kawan HIMFOODTECH merupakan program kerja baru HIMFOODTECH yang ikut hadir dalam memeriahkan acara Foodhibition. Di dalam bazar ini terdapat berbagai jenis makanan yang sangat menarik. Terdapat tenant-tenant yang telah memeriahkan BAKWAN, yaitu Kopi Saking, Nasi Ulam Bu Ria, Steak on You, Sensibun, Ci Cong Fan khas Medan, Goed Bos, Pempek Palembang 96, Tahu Gejrot Arjuna, dan Norou. Kopi Saking menjual berbagai jenis minuman kopi yang sangat menyegarkan. Nasi Ulam Bu Ria menyediakan sajian nasi ulam yang nikmat dan bersahabat untuk kantong mahasiswa. Steak on You menyajikan masakan-masakan steak ayam, bakwan Malang, dan kerak telor. Sensibun menghidangkan berbagai jenis dimsum dan bakpao yang macam-macam isiannya. Ci Cong Fan khas medan menyajikan ci cong fan dengan topping yang banyak dari Kota Medan. Goed Bos menawarkan kalian berbagai jenis cookies dengan kelembutan dan rasa yang sangat beragam. Pempek Palembang 96 menjual pempek yang sangat lezat dan sajian lain seperti pisang coklat yang gurih dan manis. Tahu Gejrot Arjuna menyajikan tahu gejrot yang rasanya sangat mirip seperti yang ada di Jogja. Norou menyajikan masakan-masakan kekinian yang merupakan inovasi dari Food Technology karena bahan-bahan yang digunakan adalah plant-based sehingga memberikan sensasi rasa yang sangat unik ketika dimakan.

Selain tenant-tenant yang ada di atas, Divisi Entrepreneurship dari Himfoodtech juga gamau kalah dalam memeriahkan Bakwan kali ini loh. Divisi Entrepreneurship ikut berjualan menyajikan waffle mochi yang kenyal, cireng mozzarella yang sangat lezat, dan berbagai jenis nugget. Selain makanan-makanan, Divisi Entrepreneurship dari Himfoodtech juga menyajikan minuman-minuman masa kecil seperti Pop Ice dan Jasjus yang sering kita temui ketika kita masih duduk di bangku SD.

Food Olympic merupakan satu dari tiga sub-event DIVERFOODIES yang merupakan lomba informative poster dan recipe creation bagi murid-murid SMA se-Indonesia. Tema Food Olympic yang diadakan tahun ini adalah “Pemanfaatan Produk Nabati Protein Tinggi sebagai Pengganti Produk Hewani”. Peserta lomba pembuatan informative poster nantinya diharuskan untuk membuat poster yang berisi informasi berupa kata-kata dan visual mengenai pemanfaatan produk nabati yang bisa digunakan sebagai inovasi bahan pengganti produk hewani. Di sisi lain, peserta lomba recipe creation diharuskan untuk membuat video prosedur pembuatan inovasi makanan atau minuman nabati yang mengandung protein tinggi, menyehatkan, dan menggugah selera penikmat. Hasil kerja para peserta lomba akan dikumpulkan kepada panitia secara online dan akan dinilai satu persatu. Setelah melalui penilaian oleh panitia, pada akhirnya ada masing-masing 5 tim yang berhasil menuju babak final lomba informative poster dan lomba recipe creation.

Pada babak final yang diadakan pada 22 Oktober 2022, 5 tim finalis lomba poster dan 5 tim finalis lomba recipe creation akan melakukan presentasi akhir secara langsung di depan juri di Binus University Alam Sutera. Juri yang hadir pada lomba poster informatif adalah Ibu Nur Fathonah Sadek, S.TP, M.Si dan Bapak Reggie, S.TP., M.Sc., Ph.D. Untuk lomba recipe creation, juri yang hadir adalah Bapak Reggie, S.TP., M.Sc., Ph.D dan Ibu Diana Lo S.TP., M.Sc., Ph.D. Semua juri yang hadir pada acara Food Olympic adalah dosen jurusan Food Technology BINUS University. Pada babak final ini, para finalis akan melakukan presentasi inovasi mereka di depan para juri dan setelahnya akan ada sesi tanya jawab oleh juri. Jawaban dari para finalis tentunya akan menjadi satu dari beberapa penilaian juri. Pada presentasi akhir recipe creation, juri berkesempatan untuk mencoba inovasi makanan dan minuman yang telah dibuat oleh para finalis. Pengumuman pemenang lomba poster dan lomba recipe creation sendiri akan diadakan pada 22 Oktober 2022 pada acara World Food Day Campaign. Secara keseluruhan, inovasi-inovasi yang dibawakan oleh para finalis sangatlah inovatif dan menarik sehingga diharapkan inovasi-inovasi seperti ini dapat membantu permasalahan pangan di Indonesia, terutama yang berhubungan dengan substitusi protein hewani dengan protein nabati.

World Food Day Campaign (WFDC) merupakan salah satu sub-event DIVERFOODIES yang dibuat dalam rangka memeriahkan hari pangan sedunia. Acara ini berlangsung pada tanggal 22 Oktober 2022 di ruangan B0301 BINUS University Alam Sutera. Kampanye ini dibuat dalam bentuk seminar dan workshop dengan tema Vegan Patty yang dibawakan oleh pembicara ternama, yaitu Annabella yang merupakan seorang vegan content creator. Acara ini dimulai dengan kata pembuka dari MC dan diikuti oleh doa pembuka dari panitia. Kemudian, dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada seluruh media partner dan sponsor yang telah mendukung keberlangsungan acara ini. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dr. Dwiyantari Widyaningrum, S.Si, M.Si sebagai perwakilan dari seluruh dosen Food Technology, Erica Fidelia sebagai ketua umum dari HIMFOODTECH, Betrand Erony selaku ketua dari event DIVERFOODIES, dan Bess Tambunan selaku ketua dari event World Food Day Campaign (WFDC). Sebelum memasuki sesi seminar, terdapat ice breaking terlebih dahulu. Para peserta WFDC dapat menjawab pertanyaan yang ada, pertanyaan pada ice breaking tersebut membahas seputar makanan Indonesia. Adapun kegiatan ice breaking bertujuan agar dapat mencairkan suasana sehingga materi-materi yang dipaparkan nanti pada saat sesi seminar dapat diterima dengan baik oleh para peserta.

Selanjutnya, Annabella selaku pembicara acara WFDC kali ini, dipersilahkan untuk memasuki ruangan dan memperkenalkan diri. Acara seminar pun dimulai dengan pemaparan materi yang telah dipersiapkan oleh Annabella. Singkatnya, Annabella menyampaikan materi mengenai apa itu vegan, tujuan menjadi vegan, seperti untuk kesehatan dan lingkungan, serta informasi mengenai setiap produk hewani yang dapat dikonsumsi. Setelah pemaparan materi selesai, maka dibuka sesi tanya jawab bagi para peserta yang memiliki pertanyaan seputar vegan kepada Annabella. Dapat dilihat antusiasme peserta yang sangat tinggi dalam memberikan pertanyaan.

Setelah sesi seminar selesai, diadakan workshop bagi peserta yang sudah mendaftarkan diri. Workshop ini juga dibawakan oleh Annabella yang secara langsung memberikan contoh cara membuat vegan patty. Ia juga sudah membawa contoh jadi vegan patty yang telah dibuatnya dari rumah agar dapat menjadi gambaran bagi peserta workshop. Vegan patty ini terbuat dari kacang merah yang kemudian dicampurkan dengan chia seeds, air, bawang putih, lada hitam, bubuk paprika, kecap asin, bawang bombay, dan garam.

Peserta dapat membawa pulang hasil patty yang sudah dibuat dengan menggunakan wadah yang telah disediakan oleh panitia. Vegan patty yang telah dibuat Annabella beserta dengan vegan patty yang telah dibawa olehnya diberikan kepada dua peserta workshop sebagai hadiah.

Workshop bersama Annabella juga menghasilkan suasana yang meriah dan menyenangkan, Annabella mengelilingi peserta workshop untuk melihat hasil vegan patty buatan mereka.

Setelah workshop selesai dilaksanakan, MC melakukan penutupan yang dilanjutkan oleh Annabella untuk berpamitan kepada seluruh peserta sebelum meninggalkan ruangan seminar. Setelah berpanitan, dokumentasi Annabella bersama seluruh peserta seminar dan workshop dilakukan

Setelah itu, acara ini ditutup dengan pengumuman pemenang dari Food Olympic dan Foodhibition, dan pemenang games ice breaking WFDC. Pemenang dari Food Olympic mendapatkan sertifikat, hadiah berupa uang, dan piala untuk juara pertama yang diserahkan oleh ketua umum HIMFOODTECH, Erica Fidelia. Pemenang dari Foodhibition melakukan dokumentasi bersama dengan ketua event DIVERFOODIES, Betrand Erony. Sedangkan pemenang dari ice breaking WFDC diberikan hadiah berupa e-money. Kemudian, acara ini ditutup dengan ucapan terima kasih terhadap media partner dan sponsor serta hadirin sekalian, dan doa penutup yang dipimpin oleh panitia. Peserta yang telah meninggalkan ruangan dapat melakukan sesi foto pada photo booth yang telah disediakan di sebelah pintu keluar.