Happy World Food Day 2016!

wfd

Hi, Foodies! Ada yang tau gak sih, kapan kita memperingati Hari Pangan Sedunia? Yap, bener banget nih buat kalian yang menjawab tanggal 16 Oktober! Nah, pada setiap tahunnya di tanggal 16 Oktober, seluruh negara serentak merayakan Hari Pangan atau biasa dikenal dengan World Food Day. Mungkin beberapa dari kalian bertanya-tanya mengapa tanggal 16, ya? Mengapa di bulan Oktober, ya? Jawabanya adalah karena pada tanggal 16 Oktober 1945 didirikan sebuah badan Organisasi Pangan dan Pertanian atau Food and Agriculture organization (FAO). Semenjak saat itu pula, tanggal 16 Oktober identik dikenal sebagai Hari Pangan sedunia.

Memaknai Hari Pangan Sedunia, Hari Pangan Sedunia diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta perhatian penduduk dunia akan pentingnya permasalahan serta penanganan masalah pangan di dunia ini. Tujuan lain dari diperingatinya Hari Pangan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pangan nasional, regional maupun global.

Seperti yang kita semua ketahui, pangan adalah hal yang sangat mendasar dalam kehidupan ini. Berdasarkan perhitungan statistik demografi FAO, lebih dari 66 juta jiwa meninggal dunia pada tahun 2010 akibat kelaparan. Tentu saja hal ini menarik perhatian setiap negara untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap masalah kelaparan yang berhubungan dengan masalah kemiskinan.

Sejak tahun 1981, Hari Pangan Sedunia mengangkat berbagai tema untuk perayaan tiap tahunnya, dengan tujuan menekan pada bagian penting dari dunia pangan yang memerlukan perhatian khusus. “Climate is changing, Food and Agriculture must too”  merupakan tema internasional yang diusung oleh FAO untuk tahu 2016 ini. Indonesia sendiri sebagai anggota FAO turut merayakan hari besar dalam dunia pangan itu.  Dengan tema yang sedana dengan FAO, Indonesia mengadopsi tema “Membangun Kedaulatan Pangan di Era Perubahan Iklim” perayaannya sendiri digelar pada tanggal 28-30 Oktober 2016 di Kabupaten Boyolali – Jawa Tengah.

Sekian artikel tentang Hari Pangan Sedunia, semoga dengan setiap tahunnya memperingati Hari Pangan Sedunia, kita lebih peduli dan turut ambil peran dalam menangani masalah pangan, untuk dunia yang lebih baik! 🙂

Ditulis oleh : Laurentia E. Laloan (1901518166)