Benchmarking HERBS (HIMFOODTECH Relation Building) : Kegiatan Online Edukatif nan Seru antara HIMFOODTECH BINUS dengan HIMAGHITA UNS

Oleh :

Evelyne Elvania Abadi – 2440038641

Rayna Ayyi Salsabila – 2440109575

Gabriella Renata – 2440012516

 

Pada tanggal 18 Juni 2021, HIMFOODTECH (Himpunan Mahasiswa Food Technology) Bina Nusantara University kembali menyelenggarakan HERBS (HIMFOODTECH Relation Building) yang merupakan kegiatan studi banding (benchmarking) dengan himpunan mahasiswa teknologi pangan yang berasal dari universitas lain. Kegiatan studi banding yang dilaksanakan kali ini masih secara online mengingat bahwa pandemi Covid-19 masih berlangsung. Meskipun dengan kondisi ini yang mendatangkan banyak tantangan, HIMFOODTECH BINUS masih berkesempatan untuk melakukan studi banding dengan HIMAGHITA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Teknologi Pangan) UNS.

Acara HERBS kali ini dibuka dengan dua pembawa acara yang berasal dari masing-masing himpunan yaitu Betrand Erony (perwakilan HIMFOODTECH BINUS) dan juga Arum (perwakilan HIMAGHITA). Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Felix Widodo selaku ketua acara benchmarking kali ini. Dengan singkat dan jelas, Felix mengharapkan bahwa acara benchmarking bisa berjalan dengan baik dari awal hingga akhir acara serta membuat hubungan kedua himpunan berjalan baik kedepannya. Setelah sambutan dari Felix, Ketua Umum HIMFOODTECH BINUS 2021/2022 yaitu Anselmus Sindhu, melanjutkan dengan kata-kata sambutan yang ramah kepada para peserta terutama para peserta dari HIMAGHITA UNS. Tidak hanya dari pihak HIMFOODTECH yang memberikan sambutan hangat, Ketua Umum dari HIMAGHITA UNS, yaitu Hasan Aji Ibrahim juga ikut memberikan beberapa kalimat sambutan. Hasan dengan senang hati menerima sambutan dari Anselmus, ia menyampaikan bahwa dengan adanya acara benchmarking antara Binus University dengan UNS, diharapkan bahwa hubungan HIMAGHITA UNS dapat semakin mempererat hubungannya dengan HIMFOODTECH dan juga dengan Himpunan Mahasiswa Universitas lain.

Gambar 1. Penyampaian Kata Sambutan oleh Felix Widodo selaku Ketua Acara Benchmarking

Gambar 2. Penyampaian Kata Sambutan oleh Anselmus Sindhu selaku Ketua Umum HIMFOODTECH BINUS 2021/2022

Gambar 3. Penyampaian Kata Sambutan oleh Hasan Aji Ibrahim selaku Ketua Umum HIMAGHITA UNS 2021/2022

Setelah acara pembukaan dan sambutan telah selesai, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh DPI Umum dan Ketua Divisi dari HIMFOODTECH. Pertama, Anselmus menjelaskan mengenai struktur kepengurusan, visi-misi dari HIMFOODTECH, lalu dilanjutkan dengan penjelasan program kerja (proker) inti HIMFOODTECH oleh Sharon sebagai Sekretaris dan Hanan sebagai Bendahara. Tak hanya itu, keempat ketua divisi juga menjelaskan mengenai proker dari divisinya masing-masing. Acara dilanjutkan dengan games gibberish, yaitu permainan kata-kata yang tidak masuk akal menggunakan Bahasa Inggris. Awalnya, peserta mengaku sangat kesulitan dalam menjawab pertanyaan gibberish tersebut. Tetapi setelah diberikan beberapa clue oleh MC, peserta sangat menikmati games tersebut.

Gambar 4. Sesi games yang dibawakan oleh MC

            Setelah seru-seruan bermain gibberish, para peserta kembali serius dan mendengarkan. Tiba giliran untuk pemaparan materi oleh HIMAGHITA UNS yang dibawakan oleh Hasan Aji Ibrahim, ketua dari HIMAGHITA. Hasan menjelaskan struktur organisasi mereka yang berbeda dari HIMFOODTECH Binus, lengkap dengan dewan penasihatnya dan 9 divisinya. Ia menjelaskan proker yang dimiliki tiap divisi beserta event terbesar mereka yaitu HIMFEST (HIMAGHITA’S festival). Acara tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari pangan setiap 16 Oktober.

Gambar 5. Sesi pemaparan materi oleh Hasan Aji Ibrahim selaku ketua umum  HIMAGHITA UNS

Seusai presentasinya, peserta masuk ke dalam breakout room Zoom untuk sesi sharing antar divisi HIMFOODTECH dan HIMAGHITA sesuai pembagian yang telah dirancang oleh panitia.

Gambar 6. Sesi sharing antara Divisi Eksternal HIMFOODTECH dengan Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) dan Divisi Pengabdian Masyarakat HIMAGHITA

            Setelah diskusi menyenangkan bersama, seluruh peserta kembali ke ruang utama Zoom meeting dan tidak terasa bahwa penghujung acara sudah sampai. Kedua MC, Betrand dan Arum, mengajak kedua ketua umum, Anselmus dan Hasan untuk foto dalam rangka penyerahan plakat untuk kenang-kenangan acara. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Betrand serta sesi foto bersama. Semoga dari acara studi banding ini segenap anggota HIMFOODTECH dapat memanfaatkan ilmu dan cerita pengalaman yang diperoleh untuk terus berkembang ke depannya. Terima kasih banyak untuk HIMAGHITA UNS yang telah bersedia untuk meluangkan waktunya untuk kolaborasi studi banding ini. Salam sukses untuk HIMFOODTECH, HIMAGHITA UNS, dan seluruh peserta yang telah mengikuti acara ini. Sampai jumpa di acara studi banding berikutnya! Ditunggu ya, teman-teman!

Gambar 7. Penyerahan plakat antara HIMAGHITA UNS dan HIMFOODTECH Binus