BENCHMARKING HERBS (HIMFOODTECH RELATION BUILDING): KEGIATAN ONLINE EDUKATIF NAN SERU ANTARA HIMFOODTECH BINUS DENGAN HIMATEKPA UMM

Oleh:

Bess Tambunan – 2440050880

Kennard Joshua Purnomo – 2440016400

Pada tanggal 06 November 2021, HIMFOODTECH (Himpunan Mahasiswa Food Technology) Bina Nusantara University kembali menyelenggarakan HERBS 2 (HIMFOODTECH Relation Building) yang merupakan kegiatan studi banding (benchmarking) dengan himpunan mahasiswa teknologi pangan dari universitas lain. Kegiatan studi banding ini dilaksanakan secara online mengingat bahwa pandemic Covid-19 masih berlangsung. Meskipun dengan kondisi yang terbatas dan mendatangkan banyak tantangan, HIMFOODTECH BINUS masih berkesempatan dalam melaksanakan studi banding dengan HIMATEKPA (Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan) UMM.

Acara HERBS 2 kali ini dibuka dengan dua pembawa acara yang berasal dari masing-masing himpunan, yaitu Bess Tambunan (perwakilan HIMFOODTECH BINUS) dan juga Adella Kendra H. M (perwakilan HIMATEKPA UMM). Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Emily Lie selaku ketua acara Benchmarking 2. Dengan singkat dan jelas, saudari Emily mengharapkan bahwa acara Benchmarking 2  dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan pengalaman juga insight untuk para peserta. Setelah sambutan dari Emily, Ketua Umum HIMFOODTECH BINUS 2021/2022 yaitu Anselmus Sindhu melanjutkan dengan kata-kata sambutan yang ramah kepada peserta dan ketua dari HIMATEKPA UMM. Kemudian dilanjutkan oleh Ketua HIMATEKPA UMM yaitu Noor Aisyah Dinna dengan kalimat sambutan dan dengan senang hati menerima sambutan dari Anselmus, ia menyampaikan bahwa dari pihak HIMATEKPA UMM sangat senang mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam acara Benchmarking 2 dengan HIMFOODTECH BINUS.

Gambar 1. Penyampaian kata sambutan oleh Emily Lie selaku Ketua Acara Benchmarking

Gambar 2. Penyampaian kata sambutan oleh Anselmus Sindhu selaku Ketua Umum HIMFOODTECH Binus 2021/2022

                        Gambar 3. Penyampaian kata sambutan oleh Noor Aisyah Dinna Safitri selaku Ketua Umum HIMATEKPA UMM 2021/2022

Setelah acara pembukaan dan sambutan telah selesai dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh DPI UMUM dan Ketua Divisi dari HIMFOODTECH. Dengan urutan pertama, Anselmus menjelaskan mengenai struktur kepengurusan, visi-misi HIMFOODTECH, lalu dilanjutkan penjelasan program kerja atau proker inti HIMFOODTECH oleh Sharon selaku Sekertaris dan Hanan selaku Bendahara. Setelah itu, keempat divisi menjelaskan mengenai proker dari divisinya masing-masing. Kemudian, acara dilanjutkan dengan games tebak emoji, yaitu permainan tebak emoji yang akan ditampilkan pada screen yang jawabannya nanti akan berkaitan dengan judul film.

Gambar 4. Penyampaian struktur kepengurusan oleh Anselmus Sindhu selaku Ketua HIMFOODTECH 2021/2022

Gambar 5. Penyampaian program kerja oleh Sharon Jessica Fandy selaku Sekretaris   HIMFOODTECH 2021/2022

Gambar 6. Penyampaian program kerja oleh Hanan Sabila selaku Bendahara HIMFOODTECH 2021/2022

 Gambar 7. Sesi Ice Breaking dibawakan oleh MC

Setelah refreshing bermain games tebak emoji, para peserta kembali serius dalam mendengarakan pemaparan materi HIMATEKPA UMM yang dibawakan oleh Noor Aisyah Dinna selaku Ketua HIMATEKPA UMM. Saudari Noor menjelaskan struktur organisasi dan pembagian divisi yang berbeda dari HIMFOODTECH Binus. Kemudian ketua dari masing-masing divisi memperkenalkan anggotanya dan menjelaskan program kerja dari divisi mereka. Kemudian, acara dilanjutkan dengan games kahoot tentang struktur organisasi dan program kerja kedua himpunan yang telah disampaikan sebelumnya. Pemenang dari games kahoot akan mendapatkan hadiah berupa e-wallet.

Gambar 8. Pemaparan Materi oleh Noor Aisyah Dinna Safitri selaku Ketua Umum HIMATEKPA UMM 2021/2022

Setelah sesi games kahoot, peserta dianjurkan untuk masuk ke dalam breakout room Zoom untuk sesi Sharing antar divisi HIMFOODTECH dan HIMATEKPA sesuai pembagian yang telah dirancang oleh panitia.

Gambar 9. Sesi sharing antara Divisi Eksternal HIMFOODTECH dengan Pengabdian Masyarakat HIMATEKPA UMM

            Setelah diskusi menyenangkan dilakukan, seluruh peserta kembali ke room utama Zoom Meeting dan tidak terasa acara Benchmarking 2 telah sampai di penghujung. Kedua MC, Bess Tambunan dan Adella Kendra mengajak kedua ketua, Anselmus Sindhu dan Noor Aisyah Dinna Safitri untuk melakukan sesi foto dalam rangka penyerahan plakat sebagai kenang-kenangan acara Benchmarking 2. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Javi Irsan serta sesi foto bersama. Semoga acara Benchmarking 2 ini segenap anggota HIMFOODTECH dapat memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang telah didapatkan untuk berkembang. Terima kasih banyak kepada HIMATEKPA UMM yang telah bersedia untuk meluangkan waktunya untuk ikut dalam Benchmarking 2 ini. Salam sukses untuk HIMFOODTECH Binus, HIMATEKPA UMM, dan seluruh peserta Benchmarking 2. Sampai jumpa di acara Benchmarking berikutnya! Ditunggu ya, teman-teman!

Gambar 10. Penyerahan plakat antara HIMFOODTECH Binus dan HIMATEKPA UMM

Gambar 10. Sesi foto bersama