LACTOSE 11.0 – BREAD : Be Creative and Active for Self Development

Program kerja  LDK-Aktivis (Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis) atau biasa dikenal dengan program kerja “Lactose” merupakan program kerja HIMFOODTECH yang diharapkan bisa menjadi bekal bagi para calon aktivis sebagai aktivis HIMFOODTECH selanjutnya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini acara LDK-Aktivis tahun ini atau “Lactose 11” dilaksanakan secara onsite.

Acara “Lactose 11” diketuai oleh Hendrilim Susanto dengan tema acara “LACTOSE 11.0 – BREAD : Be Creative and Active for Self Development”. Acara ini berlangsung selama satu hari yaitu pada hari Jumat, tanggal 23 Desember tahun 2022. Acara dimulai pada pukul 12.00 hingga pukul 18.10 WIB. Acara LDK Aktivis dibawakan oleh MC yaitu Ade Maya Anjani dan Bernardus Nicolas Mulyadi. Sebelum acara dimulai MC akan mengarahkan kepada peserta untuk melakukan entry ticket dan memulai dengan sesi doa pembuka yang dibawakan oleh Cresia Mathena Tahara. Setelah itu dibuka dengan kata sambutan ketua HIMPUNAN FOOD TECHNOLOGY oleh Erica Fidelia dan berikutnya dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua event LDK-Aktivis yang disampaikan oleh Hendrilim Susanto.

Sebelum pembawaan materi, peserta melakukan pre-test 1. Setelah pre-test 1 maka dilanjutkan dengan pemaparan materi I yang dibawakan Natalia Devi Ayu, Eunike Hana Megumi, dan Fahira Raniah Ramadhini selaku DPI UMUM HIMFOODTECH dengan Judul Materi I : “Leadership, Communication and Teamwork”. Pada sesi ini, mereka menjelaskan HIMFOODTECH kepada para aktivis. Pertama-tama mereka menjelaskan tugas dari masing-masing DPI umum. Setelah itu, dijelaskan juga acara-acara yang diadakan HIMFOODTECH. Kemudian, mereka menjelaskan susunan kepengurusan HIMFOODTECH mulai dari divisi internal, eksternal, kreatif, entrepreneurship, dan potential development. Selain itu, mereka juga menjelaskan acara yang diadakan oleh setiap divisi setiap tahunnya. Kemudian, terdapat sesi Q&A dengan DPI UMUM untuk bertanya jawab mengenai materi yang telah dibawakan. Setelah itu, dilakukan penyerahan sertifikat kepada DPI UMUM karena telah membawakan materi. Peserta selanjutnya melakukan post-test 1 untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta mengenai materi I.

Sebelum masuk ke materi kedua, para aktivis melakukan kegiatan ice breaking terlebih dahulu. Ice Breaking 1 dilakukan dengan memainkan game yang bernama quiz and ball. Game ini dimainkan berkelompok dengan cara menebak asal kota dari makanan yang disebutkan. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok, setiap kelompok berisikan 6-7 peserta. Setiap kelompok harus memilih satu perwakilan untuk memainkan game quiz and ball ini. Setiap kali nama makanan disebutkan, para perwakilan kelompok harus cepat-cepatan untuk menebak asal kota dari makanan tersebut. Jika jawaban dinyatakan benar oleh panitia, maka kelompok tersebut mendapatkan 2 poin dan berhak untuk melempar bola yang sudah disediakan ke pemain lain. Kemudian, apabila bola yang dilemparkan terkena pemain lain, maka kelompok tersebut mendapatkan 1 poin tambahan. Dan setiap 2 putaran game, perwakilan kelompok harus diganti dengan anggota kelompok yang lain.

Pada materi kedua dibawakan oleh Diana Lo, S.TP, M.Sc, Ph.D selaku ketua departemen dan dosen Teknologi Pangan dari Universitas Binus, dengan membawakan materi “Self Confidence in Self Development”. Pada sesi tersebut, Ibu Diana membawa poin-poin penting untuk membangun kepercayaan diri yaitu self-knowledge adalah aspek penting dari pertumbuhan dan perkembangan pribadi dan menuntun penerimaan diri, preparation yang merupakan persiapan dapat membuat kita sempurna, don’t compete with others yang merupakan fokus dengan diri sendiri bukan bersaing dengan orang lain, positive environment yang merupakan lingkungan yang negatif dapat mempengaruhi diri kita. Setelah sesi tanya jawab, dilakukan penyerahan sertifikat kepada Bu Diana yang dilakukan oleh ketua HIMFOODTECH 2022, Erica Fidelia. Setelah sertifikat diserahkan, ada sesi post-test yang terakhir. 

Sebelum masuk ke dalam materi ketiga dilakukan ice breaking II yaitu estafet balon. Ice breaking II dilakukan secara berkelompok, setiap kelompok mengirimkan 6 pemain untuk bermain estafet balon ini. Pemain berdiri di post yang sudah ditentukan oleh panitia. Permainan dilakukan dengan menempelkan balon di area badan kedua pemain tanpa memegangnya. 2 pemain pertama. akan berjalan dan mengoper balon ke teman kelompok yang ada di post selanjutnya tanpa menggunakan tangan. Pemain yang menjatuhkan balon akan mengulang estafet dari pos terakhir. Kelompok yang membawa balon hingga spot terakhir akan memenangkan permainan. 

Materi yang ketiga dibawakan oleh Decsen Chandiarta S, TP selaku mantan ketua HIMFOODTECH tahun 2018. Pada sesi sharing yang terakhir ini, materi-materi yang dibawakan berupa kepentingan leadership, definisi leadership, kompetensi seorang leader,  cara menjadi leader yang baik, dan skill-skill yang dapat membantu seorang leader. Pada sesi sharing ini, peserta LDK-A disuguhi beberapa cuplikan film untuk dianalisis. Setelah sesi sharing ketiga ini, dilakukan sesi tanya jawab untuk peserta LDK-A dengan narasumbernya. Setelah sesi tanya jawab, dilakukan penyerahan sertifikat kepada Kak Decsen yang dilakukan oleh ketua HIMFOODTECH 2022, Erica Fidelia. Setelah sertifikat diserahkan, ada sesi post-test yang terakhir. 

Pemaparan materi dan sesi Q&A ketiga merupakan akhir dari LDK-A . Maka dari itu, dilakukan sesi penutupan oleh MC. Sesi penutupan dilakukan dengan mengisi exit ticket dan link untuk sertijab. Link sertijab digunakan untuk kehadiran calon aktivis dalam acara serah terima jabatan yang akan dilaksanakan pada tanggal yang telah ditentukan. Setelah mengisi exit ticket dan link sertijab, dilakukan sesi dokumentasi peserta LDK-A dan panitia. Acara LDK-A ditutup dengan doa penutup sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karenanya LDK-A dapat berjalan dengan lancar.