Tempe Sebagai Pencegah Corona

Oleh :

Paskalia Evangelista – 2301852354

 

Tempe merupakan salah satu makanan asal Indonesia yang terbuat melalui proses fermentasi kacang kedelai dengan campuran bahan lainnya yakni jamur Rhizopus. Melalui proses fermentasi kacang kedelai terjadi proses hidrolisis yang memecah senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana. Pada saat tempe masih dalam bentuk kacang kedelai tempe memiliki kandungan karbohidrat berupa polisakarida dan juga monosakarida yang sulit dicerna, melalui proses fermentasi jamur Rhizopus akan menghasilkan enzim amilase yang akan memecah karbohidrat menjadi asetat, butirat, propinat, dll sehingga dapat lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Tempe adalah salah satu makanan yang dapat mencegah virus corona hal ini disebabkan karena tempe memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, Vitamin A, D, dan E. Kandungan antioksidan pada tempe berfungsi sebagai penghenti reaksi dari radikal bebas yang dapat merusak organ dan menimbulkan penyakit. Kandungan antioksidan dalam tempe lebih kuat dibandingkan dengan kandungan antioksidan pada kacang kedelai hal ini disebabkan karena proses fermentasi yang dialami oleh kacang kedelai dalam proses pembuatan tempe sehingga tempe memiliki kandungan antioksidan yang lebih kuat untuk mencegah sumber penyakit seperti virus corona. Kandungan vitamin A pada tempe dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih serta antibodi dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih kuat dalam menghadapi senyawa toksin yang dihasilkan dari parasit patogen dan juga virus yang masuk kedalam tubuh sehingga vitamin A dapat membantu untuk meningkatkan imun tubuh. Kandungan vitamin D pada tempe memiliki fungsi untuk memperkuat tulang dan juga metabolisme otot yang dapat mempengaruhi sistem imun sehingga vitamin D memiliki peran sebagai penguat sistem kekebalan dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat dianjurkan untuk berjemur dibawah sinar matahari pagi. Berbeda dengan vitamin A kandungan vitamin E dalam tempe digunakan untuk menjaga sistem imun dalam tubuh karena vitamin ini memiliki peran sebagai antioksidan dalam tubuh sehingga dapat melindungi membran sel dan membuat pembuluh darah terhindar dari kerusakan dikarenakan virus.

Kandungan tersebutlah yang membuat tempe menjadi salah satu makanan yang dapat mencegah virus corona. Tempe juga dapat digunakan sebagai makanan penganti daging dan dapat dikonsumsi secara rutin sehingga pola hidup baik dapat lebih terjaga.

 

Daftar Pustaka

Astawan, I. M. (2009). Sehat dengan hidangan kacang dan biji-bijian. Jakarta : Niaga Swadaya.

Hartono, H. (2020). “di Rumah Unika” Diskusi Rutin Bersama Hadapi Covid-19 oleh Unika. Semarang : Universitas Katolik Soegijapranata.

Hartono, H. (2020). “di Rumah Unika” Diskusi Rutin Bersama Hadapi Covid-19 oleh Unika. Semarang : Universitas Katolik Soegijapranata.