SI MUNGIL MERAH KAYA MANFAAT

Dessy Natalia – 2101656603

Sumber gambar: https://www.mybakingaddiction.com/fresh-strawberry-bread/

Hello foodies! Kalian pasti sudah pernah mendengar si mungil merah satu ini, dong? Bisa dibilang, stroberi adalah buah yang serbaguna. Buah bulat berwarna merah terang dan dipenuhi bintik-bintik ini bisa dimakan langsung, dijus, dimasukkan ke dalam salad buah, atau diolah menjadi makanan penutup lainnya, seperti es krim, permen, jeli, sirup, kue, dan lain-lain. Tapi penasarankah Anda, apa saja sih manfaat buah stroberi?

Stroberi merupakan tanaman herba. Ada ratusan macam jenis stroberi, salah satu jenis spesiesnya bernama Fragaria chiloensis L. Jenis ini yang menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Spesies yang lainnya yaitu F. vesca L. yang satu ini lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis stroberi F. vesca L. ini pula yang pertama kali masuk ke Indonesia. Warna merah stroberi disebabkan karena buah ini kaya pigmen antosianin dan mengandung antioksidan tinggi untuk melindungi struktur sel dalam tubuh serta mencegah kerusakan oksigen pada organ tubuh manusia. Buah stroberi menyimpan nutrisi yang luar biasa. Selain antioksidan tersebut, stroberi juga kaya serat, rendah kalori, kaya akan kandungan vitamin C, stroberi juga merupakan sumber vitamin B5, B6, K, mangan, asam folat, potassium, kalium, riboflavin, tembaga, asam ellagic, magnesium dan omega-3 asam lemak.

Tingginya antioksidan pada stroberi beguna untuk mencegah peradangan, kanker, dan masalah jantung. Dengan kandungan vitamin C, buah stroberi dapat memperkuat kekebalan tubuh manusia. Dengan begitu, tubuh akan tak mudah terserang infeksi. Vitamin C juga akan memberikan manfaat lebih jika dikombinasikan dengan makanan lain yang mengandung zat besi. Selain itu, stroberi mengandung antioksidan seperti anthocyanin yang membantu mencegah pembentukan kolesterol jahat dalam darah. Kondisi ini dapat memberikan efek antiinflamasi sehingga menyehatkan jantung. Seperti diketahui, kolesterol jahat dapat membentuk plak pada pembuluh darah arteri. Kandungan asam ellagic dalam buah stroberi juga dipercaya dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Kandungan antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah risiko terkena kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita masayarakat di Indonesia.

Si mungil merah satu ini juga dapat memurunkan berat badan. Memiliki tubuh yang langsing semampai tentunya menjadi impian bagi setiap orang. Ternyata, menyantap stroberi secara teratur dapat membantu mewujudkan impian tersebut. Ya, buah tersebut dikenal dengan kandungan serat alami dan vitamin C yang telah terbukti ampuh untuk membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh, sehingga akan mempercepat proses penurunan berat badan. Tak hanya itu, kolagen dan vitamin C dalam stroberi juga ampuh untuk mencegah keriput, serta menjaga keelastisitasan dan mencerahkan kulit. So foodies, kita bisa diet sehat nih dengan mengonsumsi stroberi sebagai cemilan!

Sumber:

https://kumparan.com/@kumparanfood/7-manfaat-mengkonsumsi-stroberi-setiap-hari

https://lifestyle.kompas.com/read/2015/07/28/093503123/Suka.Makan.Buah.Stroberi.Ini.Dia.Manfaatnya

http://artikel-artikel13.blogspot.com/2013/02/artikel-stroberi.html