MANFAAT LARI BAGI KESEHATAN

Abizar Algifachri (1901532441)

          Lari merupakan olahraga paling sederhana tetapi memberi manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan kebugaran. Lari terkenal dengan efek aerobic yang sangat tinggi, menguatkan pembuluh jantung, melancarkan peredaran darah meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh  Di samping itu, lari juga dapat memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik. Lari juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan meningkatkan kekuatan otot, serta mencegah pengeroposan tulang dan mengurangi lemak dan kolesterol (kurnia,2006).
Terdapat empat manfaat olahraga lari bagi kesehatan anda serta tips untuk melakukan olahraga lari yang sangat sederhana:
1. Mengurangi berat badan
Banyak orang yang memilih olahraga lari untuk mengurangi berat badan atau olahraga jenis kardio lainnya, hal ini di sebabkan karena olahraga lari dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuh anda . Banyaknya kalori yang dibakar dipengaruhi oleh seberapa cepat dan seberapa jauh jarak lari Anda. Meski banyaknya kalori juga dipengaruhi oleh faktor lain misalnya berat badan, tapi setidaknya dalam jarak 1,5 km Anda dapat membakar kurang lebih 100 kalori dari dalam tubuh.
2. Baik bagi kesehatan lutut
Melakukan olahraga lari dapat berperan pada lutut yang sehat, bahkan pada penderita arthritis sekalipun. Studi menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga lari dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul, serta merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut.
3. Mencegah osteoporosit
Olahraga lari dapat memicu pembentukan sel-sel tulang baru. Hal ini yang membuat tulang Anda menjadi lebih kuat dan dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.
4. Mengurangi resiko jantung coroner
Berlari lebih dari 16 km per minggu setidaknya bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh Anda. Manfaat lari lainnya yang bisa Anda dapat yaitu, berkurangnya kadar trigliserida dan lemak dalam tubuh. Dan jika Anda bisa meningkatkan jarak lari hingga 80 km per minggu, Anda akan mengalami peningkatan HDL yang signifikan. Penelitian menunjukkan mereka yang melakukan olahraga lari teratur dan lebih dari 50 menit dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain melakukan olahraga teratur, Anda perlu menunjangnya dengan makanan yang sehat dan gaya hidup yang sehat.

Tips melakukan olahraga lari
Meski olahraga ini tergolong olahraga yang sangat sederhana dan murah dan dapat di lakukan kapan saja dan di mana saja.tapi akan lebih baik jika anda memahami tips cara berlari yang benar dan baik, sehingga mengurangi resiko terjadinya cidera.
1. Pilihlah sepatu yang tepat sehingga dapat mengurangi risiko cidera
2. Lakukan pemanasan sebelum memulai
3. Bagi pemula mulailah dari berjalan 5-15 menit
4. Mulai dari lari dengan jarak-jarak pendek
5. Jika sudah terbiasa dengan jarak-jarak pendek mulai lah tingkatkan jarak tembuh anda
6. jangan lupa setelah lari lakukan pendinginan untuk mencegah terjadinya keram dan cidera
Selain melakukan tips seperti di atas jika anda ingin memulai olahraga lari mulai lah dari jarak jarak yang sederhana seperti 3-5K, dan di lakukan secara rutin seperti 2-3 kali seminggu. Jika anda serius mnggeluti olahraga ini mulailah mencari komunitas lari yang sedang buming belakangan ini agar anda lebih memahami tentang lari
Olahraga yang simple ini harus di imbangi dengan pola makan yang teratur dan baik agar memberikan manfaat yang optimal bagi tubuh anda

Daftar Pustaka:
Kurnia,asep nenggala. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Erlangga :
Jakarta.