Bahan-bahan  Pangan Pendukung Kesehatan Kulit

Hai, teman-teman!

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat dan merona? Selama ini, kebanyakan orang hanya mengetahui 1 resep, yakni minum air putih 3-8 gelas per hari. Namun selain itu, rupanya ada pula bahan-bahan alami seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, rempah-rempah, hingga daging yang juga dapat mendukung kesehatan kulit. Kabar baiknya, bahan-bahan ini mudah ditemukan, bahkan merupakan bahan dasar dari makanan sehari-hari! Yuk, kita bahas ketujuh bahan pangan yang dapat mendukung kesehatan kulit.

  1. Wortel

wortel

Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa wortel itu hanya baik untuk kesehatan mata. Ternyata tidak, loh! Wortel juga baik bagi kesehatan kulit! Kandungan betakaroten pada wortel dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin A, vitamin C, dan Potassium pada wortel juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Oh iya, wortel juga kaya akan serat dan antioksidan loh! Pokoknya, wortel sangat cocok deh, untuk teman-teman yang ingin menjaga kulit wajah agar tetap terlihat cerah!

  1. Alpukat

alpukat

Buah ini sebenarnya banyak diminati karena rasanya yang lezat, namun belakangan ini banyak dijauhi karena mengandung banyak lemak. Ya … memang banyak sih. Tapi jangan salah teman-teman! Lemak-lemak tersebut adalah lemak-lemak yang sehat, yang dibutuhkan oleh tubuh kita, termasuk untuk kulit! Alpukat mengandung asam lemak tidak jenuh yang berfungsi sebagai penjaga lapisan kulit atas kita supaya tetap lembab. Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, asam lemak tidak jenuh akan menjaga kulit kita dari kerusakan akibat sinar matahari, serta melindungi kulit kita dari sensitivitas dan peradangan. Selain itu alpukat juga mengandung Biotin (vitamin B7) yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan kulit menjadi kering, bahkan mengalami ruam merah. Kandungan vitamin E yang tinggi pada alpukat dapat memperkuat jaringan kolagen sehingga dapat mengurangi risiko kanker kulit. Jadi, jangan dijauhi lagi ya teman-teman! Lemak alpukat baik untuk kesehatan kulit, loh!

  1. Tomat

tomat

Tomat adalah buah yang banyak digunakan sebagai bahan untuk banyak variasi masakan Indonesia. Siapa yang menyangka bahwa buah ini begitu menyehatkan untuk kulit kita? Di dalam buah tomat terkandung zat lycopene yang berfungsi sebagai penghambat penuaan dini dan juga memperbaiki sel yang rusak. Kandungan antioksidan yang tinggi pada tomat juga dapat mencegah penangkapan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit. Buat teman-teman yang ingin awet muda, yuk rajin-rajin makan tomat!

  1. Buah Berry

berry

Ternyata, buah-buah berry seperti blueberry, blackberry, raspberry, dan strawberry selain lezat juga mengandung antioksidan yang baik dalam mencegah penuaan dini pada kulit, teman-teman! Kandungan kolagen pada buah berry juga dapat meningkatkan kekenyalan, kehalusan, dan kekencangan kulit. Selain itu, pada strawberry terdapat kandungan asam elagik yang tinggi sehingga dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada DNA yang dapat memicu timbulnya kerutan.

  1. Ikan Salmon

salmon

Siapa suka sushi? Atau sashimi mungkin? Pasti familiar dengan jenis ikan yang satu ini ya! Ikan salmon memiliki kandungan minyak Omega-3 yang berperan penting dalam meningkatkan elastisitas dan relaksasi kulit yang mengalami peradangan. Selain itu, asam lemak omega 3 juga dapat membantu penangkalan efek radiasi ultraviolet dari sinar matahari terhadap kulit. Sedangkan kandungan astaxanthin pada daging ikan salmon mampu menunda timbulnya keriput pada kulit.

  1. Kunyit

kunyit

Kunyit, salah satu rempah-rempah khas Indonesia! Tanaman rempah ini ternyata mengandung vitamin C yang tinggi, yang mampu menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit wajah! Selain dikonsumsi sebagai bumbu rempah-rempah dalam berbagai masakan Indonesia, kunyit juga dapat diparut halus dan dicampur dengan air lemon untuk diterapkan langsung ke kulit wajah. Selain untuk mencerahkan kulit wajah, kunyit juga dapat mencegah kerusakan pada kulit kita akibat terkena paparan sinar matahari.

  1. Kacang Hijau

kacang hijau

Selama ini, kacang-kacangan dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik. Nah, begitu juga dengan kacang hijau teman-teman! Kandungan asam amino hasil pemecahan protein pada kacang hijau ternyata dapat memperbaiki sel-sel kulit dan juga jaringan kolagen. Selain itu, kacang hijau ternyata juga mengandung senyawa antioksidan dan beberapa jenis vitamin yang mendukung dalam menjaga kesehatan kulit. Nah, bagi teman-teman yang mau memanjakan kulit wajah di akhir bulan, ternyata juga bisa membuat masker sendiri dari kacang hijau loh! Irit dan bermanfaat! Fungsi dari masker kacang hijau ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori-pori.

Nah, bagaimana pendapat teman-teman mengenai bahan-bahan pangan tersebut? Mudah ditemukan di sekitar kita, bukan? Karena itu, yuk lebih peduli pada kesehatan kulit kita dengan mengonsumsi bahan-bahan pangan yang menyehatkan kulit! Sebab bukan tubuh kita saja yang perlu gizi dari makanan, kulit kita pun juga butuh asupan gizi khusus. Sekian dulu teman-teman artikel HIMFOODTECH kali ini, nantikan artikel-artikel kami selanjutnya, ya! Salam Foodies!

Bernando Eko Putra (1801427513)

Felicia Yufi (1801395114)