MIE INSTAN : FAKTA DAN MITOS?

MIE INSTAN : FAKTA DAN MITOS?

Nadia Nathania/2001606226

(Sumber : http://www.tribunnews.com/tribunners/2018/04/25/4-bahaya-makan-mie-instan-setiap-hari)

Mie instan merupakan salah satu makanan cepat saji yang populer dikonsumsi oleh masyarakat karena kepraktisan serta harganya yang cukup terjangkau. Selain itu, mie instan juga cukup mudah diakses karena hampir semua toko swalayan menyediakan mie instan dalam berbagai bentuk dan merk. Mie instan juga terkenal dengan cita rasa enak yang dimilikinya, sehingga disukai oleh setiap kalangan umur. Namun pernahkan anda mendengar bahwa mie instan itu tidak baik buat kesehatan? Sebenarnya apakah mitos tentang mie instan itu benar? Agar tidak penasaran, mari kita kupas kebenarannya!

  • Makan Mie Instan Cup bisa bikin kanker, karena zat kimia styrofoam bisa larut dalam mie!

Fakta atau Mitos? Jawabannya mitos! Styrofoam yang dipakai sebagai packaging mie instan sudah dinyatakan aman. Styrofoam yang dipakai merupakan jenis expandable polystyrene yang khusus dibuat untuk makanan instan. Styrofoam ini juga telah diuji oleh berbagai penelitian dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan Kementerian Lingkungan Jepang dan telah dinyatakan memenuhi syarat sebagai kemasan produk pangan. Zat kimia maupun substansi styrofoam tidak akan luntur dalam air rebusan karena dibuat melalui proses pressing yang sangat ketat. Hal ini juga menyebabkan tangan tidak terasa panas saat menyentuh kemasan mie instan yang telah diseduh, dikarenakan kemampuan expandable polystyrene untuk menyerap panas. Jadi tidak perlu khawatir tentang styrofoam yang beracun karena styrofoam mie instan sudah dimodifikasi untuk tahan terhadap panas.

  • Merebus mie instan dengan bumbunya dapat menyebabkan kanker karena bumbu mie instan dapat menjadi senyawa kanker jika terkena panas tinggi!

Banyak cenderung takut merebus mie dengan bumbu yang mengandung monosodium glutamat (MSG) diatas 120ᵒC karena dapat menyebabkan zat karsinogen (zat penyebab kanker). Nah padahal faktanya, sampai sekarang belum ditemukan bukti bahwa MSG yang digunakan bumbu dapat menghasilkan senyawa karsinogenik walaupun ada beberapa jenis MSG yang dapat menghasilkan senyawa tersebut. Satu-satunya alasan mie instan tidak boleh dimasak terlalu tinggi suhunya adalah karena mie akan menjadi hancur dan  dapat mengurangi cita rasa yang telah dibentuk oleh produsen. Jadi sebenarnya bukan tidak boleh merebus mie dengan bumbu, hanya saja tidak disarankan karena dapat menyebabkan tekstur mie yang hancur menjadikan mie kurang enak dikonsumsi.

  • Mie instan diproduksi menggunakan lilin sehingga air rebusannya menjadi kuning!

Jawabannya : tidak ada zat lilin apapun yang digunakan dalam produksi mie instan kawan! Warna kuning pada air rebusan mie instan itu berasal dari minyak yang tersisa di mie instan karena proses deep frying. Deep frying sendiri merupakan proses pengawetan mie instan dengan cara mengurangi kadar air yang terkandung dalam mie. Dalam proses frying inilah minyak masuk ke dalam mie instan yang akan keluar pada saat diseduh dengan air panas.

  • Air rebusan mie instan tidak bagus dan lebih baik diganti dengan air baru saat mengonsumsi!

No no no, teman! Ternyata air rebusan mie instan justru mengandung nilai gizi tinggi loh! Mie instan di fortifikasi Fe, Zinc, dan vitamin A dalam proses pembuatannya. Nah zat hasil fortifikasi itu akan larut dalam air rebusan, sehingga sayang sekali jika air rebusan mie dibuang begitu saja. Menurut Prof. Dr. F.G. Winarno, minyak yang terkandung dalam mie instan juga mengandung betakaroten dan tokoferol yang juga dibutuhkan untuk tubuh. Minyak tersebut juga akan larut dalam air rebusan mie instan. Sehingga, jika air rebusan mie instan yang mengandung vitamin dan mineral dibuang justru akan membuat mie instan yang kita konsumsi tidak lagi memiliki kandungan gizi yang cukup.

  • COMBO MAUT : Mie Instan dan Nasi!

Wah ini makanan favorit anak kos seluruh indonesia terutama di akhir bulan, karena harganya yang murah dan sangat mengeyangkan. Namun kabar buruknya, ternyata kombinasi kedua makanan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersama karena tidak baik untuk kesehatan loh! Hal ini dikarenakan oleh bahan makanan ini keduanya merupakan sumber karbohidrat, sehingga kombinasi keduanya dapat menghasilkan konsumsi karbohidrat yang sangat tinggi. Bayangkan satu porsi mie saja dapat menghasilkan 400 kalori, apalagi dikonsumsi dengan nasi putih yang memiliki kalori sebanyak 300-400 kalori. Totalnya 700 kalori! Padahal manusia hanya membutuhkan 1.700 – 2.000 kalori saja per harinya. Selain itu, kedua bahan ini mengandung pati yang merupakan salah satu sumber gula yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsinya dapat menyebabkan kenaikan gula darah dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan diabetes! Jadi sebaiknya kurang-kurangin deh konsumsi combo maut ini!

Nah sekarang sudah tahu tentang mitos dan fakta tentang mie instan kan? Nah, sekarang kita bisa lebih bijak dalam mengonsumsi mie instan. Tidak perlu takut mengonsumsi mie instan, namun ingat! Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik sehingga konsumsi mie instan berlebihan pun tidak baik untuk tubuh! Stay Healthy, Stay Hungry!

http://rubik.okezone.com/read/21992/fakta-menarik-dibalik-mitos-seputar-mie-instan

http://akg.fkm.ui.ac.id/mitos-dan-fakta-mie-instan/

Kalau Sudah Tahu 10 Fakta Ini, Kamu Tak Perlu Takut Makan Mie Instan Lagi!

Nadia Nathania