Kenapa sih Sarapan Itu Penting?

Hello fellow foodies! Hayooo, kalian suka sarapan nggak sih? Tahu nggak sih kalau sebenarnya sarapan itu penting? Sebelum kamu memulai aktivitas dan berpikir untuk melewatkan sarapan pagimu, simak artikel ini yuk…

Sarapan pagi merupakan salah satu waktu makan yang lumayan sering diabaikan oleh kebanyakan orang, mungkin karena terburu-buru berangkat kerja atau sekolah, atau karena tidak sempat menyiapkannya. Padahal manfaat sarapan pagi sangat banyak dan penting bagi tubuh.

Menurut Depkes, kebiasaan melakukan sarapan pagi termasuk dalam salah satu dari tiga belas pesan dasar gizi seimbang. Bagi anak sekolah sarapan yang cukup, terbukti dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan stamina sehingga meningkatkan prestasi belajar. Bagi remaja dan orang dewasa sarapan yang cukup terbukti dapat mencegah kegemukan. Membiasakan sarapan juga berarti membiasakan disiplin bangun pagi dan beraktivitas pagi dan mencegah dari makan berlebihan di kala makan kudapan atau makan siang.

Riset para ahli dari Swansea Wales University membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22% lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak melakukan sarapan. Hal tersebut dikarenakan, ketika anda bangun pagi, sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya. Menurut para ahli, glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, anda akan merasa lelah.

Selain itu, apabila tidak sarapan pagi dapat menyebabkan konsentrasi belajar berkurang, kecepatan bereaksi menurun tajam sehingga kemampuan memecahkan suatu masalah juga menjadi sangat menurun yang akan menyebabkan prestasi belajar juga ikut menurun. Kebiasaan tidak sarapan pagi yang terus menerus akan mengakibatkan asupan gizi menjadi berkurang dan tidak seimbang sehingga pertumbuhan anak menjadi terganggu. Kerugian lain jika tidak ada asupan makanan di pagi hari yaitu dapat memicu kadar insulin lebih tinggi dalam darah. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus dapat menjadi cikal bakal penyakit diabetes.

Berikut ini adalah beberapa manfaat sarapan pagi:

1.Memberi energi untuk otak

Sarapan pagi dapat menyediakan karbohidrat yang siap digunakan untuk meningkatkan kadar gula darah. Dengan kadar gula darah yang terjamin normal, maka gairah dan konsentrasi kerja bisa lebih baik sehingga berdampak positif untuk meningkatkan produktivitas.

  1. Meningkatkan asupan vitamin

Pada dasarnya sarapan pagi akan memberikan kontribusi penting akan beberapa zat gizi yang diperlukan tubuh seperti protein, lemak, vitamin dan mineral. Menurut Khomsan, Ketersediaan zat gizi ini bermanfaat untuk berfungsinya proses fisiologis dalam tubuh. Jus buah segar adalah minuman yang dianjurkan untuk sarapan karena mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan. Sari buah alami dapat meningkatkan kadar gula darah setelah semalaman tidak makan. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan makanan seperti sereal, nasi atau roti. Menu pilihan lain berupa roti dan telur, bubur, susu, mie, pasta dan lain-lain.

  1. Memperbaiki memori atau daya ingat

Penelitian terakhir membuktikan bahwa tidur semalaman membuat otak kelaparan. Jika tidak mendapat glukosa yang cukup pada saat sarapan, maka fungsi otak atau memori dapat terganggu. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Suzan E. Bagwel (2008) pada dua kelompok populasi dengan kebiasaan sarapan yang rutin pada suatu kelompok dan kebiasaan sarapan yang tidak rutin pada kelompok lainnya, menggunakan tes daya ingat yaitu dengan cara memberikan delapan kata yang sering ditemukan oleh kedua kelompok tersebut untuk dihafal selama lima menit, kemudian menuliskannya kembali dalam waktu satu menit. Hasil dari tes tersebut didapatkan nilai rata-rata yang lebih tinggi pada kelompok dengan kebiasaan sarapan rutin daripada kelompok dengan kebiasaan sarapan yang tidak rutin.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres

Dari sebuah survei, anak-anak dan remaja yang sarapan memiliki performa lebih, mampu mencurahkan perhatian pada pelajaran, berperilaku positif, ceria, koperatif, mudah berteman dan mudah menyelesaikan masalah dengan baik. Sedangkan anak yang tidak sarapan tidak dapat berpikir dengan baik dan selalu kelihatan malas.

Ditulis oleh Nadia Maulidina Yunisa – 1801415500

Sumber :

@dokter.ku

Kompas.com

manfaat.co.id/manfaat-sarapan-pagi

mediskus.com/nutrisi/pentingnya-manfaat-sarapan-pagi

repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/49716/4/Chapter%20II.pdf