MAKANAN PEREDAM STRESS

Yusuf Ghani Anggara

 

Avocado

Buah alpukat kaya akan asam folat, 20 jenis vitamin dan mineral seperti vitamin E, Vitamin K, vitamin B dan potassium, serta lemak tak jenuh tunggal dan serat, yang keduanya membantu membuat Anda kenyang. Fungsi asam folat yang terdapat di alpukat dapat mencegah penumpukan homosistin yaitu zat yang mengganggu sirkulasi nutrisi ke otak.

Dark Chocolate

Banyak orang yang bilang bila mengkonsumsi cokelat hitam dapat mengurangi stres. Pernyataan itu memang benar adanya, sebab cokelat hitam mengandung lebih banyak antioksidan, polifenol, flavanol, dibandingkan berbagai jenis buah-buahan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi stres.

Almond

Kacang almond dipercaya memiliki khasiat pereda dan anti stres. Kacang almond mengandung vitamin B2, vitamin E, magnesium dan zat seng. Vitamin B dan magnesium dapat mengendalikan mood, vitamin E kaya akan antioksidan yang bisa melawan stres dan juga mencegah sakit jantung.

Yoghurt

Yoghurt juga menjadi pilihan tepat untuk Anda yang peduli dengan kesehatan. Yogurt adalah sumber energi  besar dari protein dan kalsium, yang dibutuhkan tubuh untuk melepaskan neurotransmitter perasaan senang dan lega. Penambahan buah beri seperti raspberry juga menambah manfaat dari yoghurt. Selain memberi rasa manis, kandungan antioksidan buah ini bisa menghilangkan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.