ALPUKAT UNTUK MENCEGAL INFLAMASI

Vania Angela/2101672512

                Hallo para foodies! Siapa lagi yang tidak kenal dengan buah hijau yang bernama alpukat. Kita sudah sering mendengar bahwa alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, atau kulit pohonnya yang dapat digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit, atau bahkan bijinya yang dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.

Semua hal ini tidak lagi asing untuk didengar, karena kandungan alpukat yang penuh berbagai macam zat yang sehat bagi tubuh anda. Kandungan alpukatt yang seauh ini diketahui adalah potasium, lutein, dan folat. Aneka vitamin seperti vitamin B, C, E dan lainnya juga terdapat dalam buah yang biasa dijadikan minuman jus ini. Kelebihan lainnya adalah rendah akan kandungan gula, namun kaya akan serat. Walaupun buah ini tinggi lemak, namun tetap aman bila dikonsumsi secara tidak berlebihan karena lemak yang dikandungnya adalah lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal

Namun ada manfaat alpukat yang jarang terdengar dan diketahui. Manfaat tersebut adalah sebagai anti- inflamasi. Nah inflamasi itu apa sih? Secara singkat inflamasi adalah respon sebuah organisme terhadap patogen dan alterasi mekanis dalam jaringan, berupa rangkaian reaksi yang terjadi pada tempat jaringan yang mengalami cedera. Reaksi ini berupa sebagai pembengkakan.

tetapi dari mana sih kemampuan itu berasal? Nahhhh manfaat anti-inflamasi tersebut yang berasal dari antioksidan fitosterol dan asam lemak omega 3 yang terkandung dalam setiap irisan alpukat yang lezat. Seperti yang ita asemua telah ketahui, pada penyakit arititis, proses peradangan merupakan akibat utama dari timbulnya berbagai pembengkakan, dan nyeri akibat penyakit tersebut.

Beberapa studi telah membuktikan manfaat alpukat sebagai anti-inflamasi. Alpukat tersebut digunakan dalam bentuk minyak, di mana beberapa suplemen menggunakan ekstrak alami dari minyak alpukat (sebanyak 1/3) dan minyak kacang kedelai (2/3). Ekstrak ini disebut sebagai Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU), yang diyakini dapat memperlambat progresivitas radang sendi bentuk osteoartritis. Menurut penjelasan dari Citra Roseno, ASU bekerja dengan menghambat zat kimia yang bekerja pada proses peradangan, mencegah kerusakan, bahkan membantu regenerasi jaringan baru. Ekstrak yang disebut ASU ini telah diteliti di bebagai tempat, studi terbesar telah dipublikasikan oleh British Medical Journal pada tahun 2013.

Nah sekarang jadi tahu satu lagi manfaat dari buah alpukat. Sekarang menjadi tahu kan pengobatan dan pencegah peradangan yang aman dan alami. semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Sumber

http://www.pikiran-rakyat.com/horison/2015/12/14/353600/mengatasi-radang-sendi-dengan-konsumsi-alpukat