Lemak Itu Jahat? Anda Salah!

Ditulis oleh : Joshua Renaldo Sutopo

Hello guys! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang lemak! Hayo … kalian suka makanan berlemak nggak? Dan … apakah semua makanan yang berlemak itu nggak baik untuk tubuh?

Sebenarnya teman-teman Foodies … tidak semua makanan yang berlemak itu jahat loh untuk tubuh. Beberapa makanan justru memiliki lemak yang baik bagi kesehatan tubuh kita! Lemak baik itu adalah lemak tidak jenuh, karena lemak jenis ini dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme sehari-hari. Apa saja ya contoh-contoh makanannya? Yuk, kita simak sama-sama!

  1. Ikan
    Artikel Jore 1

    Ikan kaya akan kandungan asam lemak Omega-3, terutama pada jenis ikan yang hidup di perairan laut dalam seperti salmon, sarden, dan tuna. Lemak baik ini dapat menjaga kerja jantung tetap sehat, terutama untuk para lansia karena dapat menjaga kesehatan otak. Dan menurut American Heart Association, dianjurkan untuk mengosumsi ikan sebanyak 2 porsi dalam seminggu dan dalam satu porsinya kurang lebih sebanyak 85 gram.

  2. Zaitun
    Artikel Jore 2

    Zaitun mengandung lemak tak jenuh yaitu asam oleat ( 18:1) dan asam palmitoleat (16:1) yang membantu menurunkan LDL atau ” kolesterol jahat ” dan meningkatkan HDL atau ” kolesterol baik ” dalam darah .  Zaitun juga memiliki kandungan sodium yang tinggi,  namun dapat dihilangkan dengan cara direndam dalam air jernih.

  3. Alpukat
    Artikel Jore 3

    Alpukat, selain memiliki rasa yang lezat, ternyata juga memiliki kandungan lemak yang baik. Menurut Dietary Guidelines 2010, dalam 28 gram alpukat, terkandung 3 gram lemak monounsaturated dan 0,5 gram lemak polyunsaturated . Pada setengah potong alpukat terdapat 115-160 kalori.
    p.s. : unsaturated berarti tidak jenuh.

  4. Peanut Butter
    Artikel Jore 4

    Lemak tak jenuh pada peanut butter dapat mengenyangkan dalam waktu yang lama karena termasuk dalam jenis makanan low GI (Glycemic Index), yaitu makanan yang membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Peanut butter juga mengandung protein yang tinggi. Sedikit tips, untuk opsi yang lebih sehat teman-teman dapat memilih peanut butter yang belum ditambahkan gula dan lemak terhidrogenasi.

  5. Telur
    Artikel Jore 5

    Telur merupakan salah satu bahan pangan yang kaya akan lemak baik dan protein yang mudah didapatkan. Bahkan, beberapa jenis telur kaya akan asam lemak Omega-3. Meskipun begitu, konsumsi telur tetap harus dibatasi untuk alasan kesehatan.

  6. Flaxseed
    artikel jore6

    Flaxseed atau biji rami merupakan bahan pangan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan ALA (alpha linolenic acid). ALA memiliki khasiat untuk memelihara kesehatan jantung karena dapat menjaga tekanan darah. Cara makan biji ini adalah dengan cara menghancurkan 2 sendok benih atau memasukkannya ke dalam gilingan kopi, kemudian menaburkannya pada sereal atau yoghurt.

Nah sekarang sudah tahu kan teman-teman Foodies, bahwa ternyata nggak semua lemak itu jahat bagi tubuh kita. Ada juga kok, lemak-lemak yang baik! Contoh nya yang terkandung dalam makanan-makanan di atas. Sekian dulu artikel kami kali ini. Nantikan artikel-artikel HIMFOODTECH selanjutnya ya, salam Foodies!

Sumber :
http://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/berat-badan-ideal/651-gaya-hidup-sehat/6-makanan-berlemak-yang-baik-untuk-kesehatan
http://www.foodnetwork.com/healthy/articles/importance-of-healthy-fats/8-healthy-fats-you-should-be-eating.html
http://www.kompasiana.com/fahrudin91.blogspot.com/kandungan-nutrisi-minyak-zaitun_552e2ac16ea834d2138b458d