Bahan-bahan Alami Penghilang Kantung Mata

Ditulis oleh : Giovani Anggasta
1901458904

kantung_mata_mata_panda

Halo teman-teman!

Sebagai mahasiswa, kita pastinya memiliki banyak sekali aktivitas. Tidak hanya pelajaran, ada juga yang menyangkut organisasi, keluarga, dan hangout dengan teman-teman kita. Tak jarang, dengan segudang aktivitas tersebut, kita kerap kali tidur larut malam, dan pagi-pagi sekali sudah harus bangun untuk beraktivitas lagi. Hal itu dapat menyebabkan timbulnya kantung mata di area bawah mata kita. Nah, kantung mata sebenarnya dapat dikurangi dengan menggunakan gel pendingin mata. Namun, ternyata banyak bahan alami yang ada disekitar kita yang dapat digunakan untuk meghilangi kantung mata tersebut. Yuk kita cari tahu lebih lanjut!

  1. Kentang

    kentang

    Kentang memiliki kandungan zat pytochemical, polifenol, dan karotenoid serta vitamin C yang ternyata bermanfaat bagi peremajaan kulit, khususnya bagian kantung mata. Selain itu, kandungan mineral natrium dengan kadar alkalinnya yang cukup tinggi juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pH yang terlalu asam di dalam tubuh. Dengan kemampuan ini tak berlebihan jika elastisitas kulit kita akan terus meningkat sehingga mampu meremajakan kulit kantung mata. Kentang juga memiliki kadar air yang tinggi serta kandungan vitamin B1 yang baik sebagai antioksidan bagi kulit kita.

    Cara penggunaannya sangat mudah. Kentang mentah di kupas lalu diparut hingga halus, kemudian diletakkan pada sebuah kapas dan ditempelkan pada masing-masing kantung mata selama 15-20 menit. Setelah itu, kapas diangkat kemudian wajah dibilas dengan air dingin hingga bersih.

  2. Mentimun

    mentimun

    Mentimun mengandung banyak zat halitosis yang dapat memberikan kesejukan pada mata dan kulit sekitar area mata. Selain itu kandungan asam malonat dalam mentimun memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula, sehingga dapat mencegah penumpukan gula yang dapat menjadi lemak pada bawah mata. Manfaat lain dari mentimun adalah dapat mengencangkan kulit sekitar area mata. Hal inilah yang menjadikan mentimun banyak dicari untuk mengatasi kantung mata.

    Cara penggunaannya diawali dengan mengiris mentimun segar dengan ketebalan 0,5 cm lalu menempelkannya pada kedua kantung mata dan diamkan selama 30 menit, setelah itu membilasnya dengan air hingga bersih.

  3. Teh Hijau

    teh

    Selain bisa dijadikan minuman yang sehat, teh hijau juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan mata panda atau kantung mata hitam. Antioksidan yang dikandungnya dapat memberikan keremajaan pada sel kulit.

    Dalam pemakaiannya, teh hijau dapat dibuat menjadi minuman dahulu. Kemudian daun teh yang telah diseduh ditiriskan dulu sebentar, baru kemudian dapat dioleskan pada kulit sekitar area mata dan kemudian dibilas setelah 10-20 menit. Hal ini harus dilakukan secara rutin 2-3 kali sehari agar perubahannya dapat terlihat secara nyata.

  4. Wortel

    wortel

    Cara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan wortel yang tentunya sangat mudah kita jumpai. Kandungan vitamin A dan C pada wortel akan membantu memudarkan warna hitam pada kantung kulit mata. Wortel dapat dipotong kecil-kecil atau bulat-bulat agar mudah ditempelkan pada kulit sekitar area mata.

    Cara menggunakan wortel ini sama seperti menggunakan mentimun. Iris wortel dengan ketebalan 0,5 cm, lalu tempelkan di area kantung mata selama 30 menit, seteah itu bilas dengan air bersih. Penggunaan yang rutin akan mengurangi warna hitam pada kantung mata secara nyata.

    Sumber :
    http://menghilangkankantungmata.com/
    http://zona-1000.blogspot.co.id/2012/08/cara-menghilangkan-kantung-mata.html

Giovani Anggasta