KENAPA MIE INSTAN BUATAN ORANG LAIN LEBIH ENAK ???

Rafly Eko Setiawan

2001603520

HELLO FOODIES ! Siapa dari kalian yang belum pernah makan mie instan ?, pasti sebagian besar kalian sudah pernah merasakan mie instan kan ? Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa mie instan yang kamu beli di warung kopi rasanya lebih enak ketimbang ketika kamu memasak sendiri. Saat ini pertanyaan tersebut masih menjadi misteri. Apakah dikarenakan ada teknik khusus dalam memasak mie instan ? , ada  bakat terpendam, atau pembuat mie instan di warung kopi yang sangat mahir ?  mari kita bahas dan pecahkan misteri ini Bersama – sama.

Ada beberapa fakta menarik nih untuk menjawab misteri tersebut. mengapa mie instan yang di buat oleh orang lain lebih enak dari buatan kita sendiri. Tenang saja, karena ternyata, makanan yang kamu buat sendiri tidak seenak buatan orang lain itu bukan karena kamu tidak bisa masak.

Psikolog dan pemenang Hadiah Nobel tahun 2002, Daniel Kahneman, menjawab pertanyaan mengapa makanan yang dibuat orang lain lebih enak. Kali ini, ia menggunakan sandwich sebagai contoh.

Ketika kamu membuat sandwich sendiri, kamu sudah tahu rasanya seperti apa. Karena itu, rasa lapar pun akan berkurang,”

Ada beberapa poin penting yang menyebabkan masakan buatanmu kurang nikmat diantaranya:

  1. Proses memasak

Sumber : https://i0.wp.com/urbandigital.id/wp-content/uploads/2018/06/featured-image-3.jpg?resize=760%2C570&ssl=1

Jika kita memasak suatu makanan atau hidungan otomatis beberapa indra kita akan merasakan secara langsung, seperti bau aroma dari masakan , rasa ketika kita mencicipi, dan bahkan tekstur ketika sedang memasak. Dari situ otomatis kalian sudah tau bagaimana rasa dari makanan tersebut dan makanan tersebut menjadi kurang nikmat karena hampir semua sensainya sudah kamu ketahui sebelumnya.

2. Membayangkan suatu makanan

https://smartsparrow.global.ssl.fastly.net/repo/images/b1266e1347e41c30381310c19d448036.jpg

Tau gak ? Penelitian lain yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University mengemukakan bahwa semakin sering seseorang membayangkan sebuah makanan, maka keinginan untuk memakan makanan tersebut semakin kecil. Dengan kalian membayangkan makanan tersebut makanan tersebut maka kalian menjadi bosan dan kurang menikmati ketika sudah memakanya

3. Tingkat Kepraktisan

Ini merupakan salah satu fakor penting, karena makanan yang dibuat oleh orang lebih praktis dan lebih nikmat dari pada ketika kita membuat makanan sendiri yang harus mengeluarkan tenaga dan cenderung sudah lelah dalam prosesnya. Oleh karena itu juga termasuk kenapa makanan buatan orang lain lebih nikmat.

                YA! Tadi adalah beberapa penyebab mengapa makanan yang orang lain buat lebih terasa enak dari pada makanan yang kita buat. Karena itu, bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan, masaklah sendiri. Semakin sering memasak sendiri, keinginan kalian untuk makan akan semakin berkurang sehingga berat badan kalian bisa terjaga.

Sumber :

https://kumparan.com/@kumparansains/alasan-kenapa-makanan-buatan-orang-lain-lebih-enak-dari-buatan-sendiri

https://archive.nytimes.com/query.nytimes.com/gst/fullpage-9E0DE2DE123EF931A35753C1A9679D8B63.html

https://www.cmu.edu/news/archive/2010/December/dec9_thoughtforfood.shtml