Mengulik Lebih Dalam tentang AI dalam PANCI HIMDKV

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Binus University (HIMDKV) kembali mengadakan Pelatihan Design Creative Innovative (PANCI) pada 13 Mei silam. PANCI 2023 mengangkat tema Crea(AI)tivity dan diadakan secara online, baik lomba maupun workshop yang diselenggarakan. 

Acara berlangsung pada pukul 13.00 hari Sabtu, dan berakhir pada pukul 15.00. Acara dibuka oleh MC dan berlanjut dengan pembawaan materi oleh Narasumber. Materi tentang AI dan kaitannya dengan Industri seni dan desain dibawakan oleh Nashiruddin Al-Fath, S.Sn., M.Sn. yang juga merupakan dosen animasi Binus University. Setelah materi disampaikan, peserta dipersilahkan bertanya kepada narasumber dalam sesi tanya jawab. 

Tak hanya itu, peserta pun diberikan informasi mengenai teknis dan ketentuan lomba PANCI, termasuk tentang prosedur pengumpulan dan kanal pengumpulan. Lomba yang diselenggarakan pun mengangkat tema tentang AI, yang dikaitkan pula dengan slogan “Tut Wuri Handayani”. Peserta harus mencari cara agar dapat mengaitkan semboyan tersebut dengan AI, dan menuangkannya dalam sebuah karya.

Seminar dan workshop PANCI 2023 memberikan banyak insight tentang AI, kreativitas, originalitas, dan juga memotivasi peserta untuk lebih giat menekuni bidangnya masing-masing. Di era kemajuan teknologi saat ini, AI atau kecerdasan buatan dapat dengan mudah melakukan pekerjaan-pekerjaan sesuai perintah yang diberikan. Hal ini dapat menjadi berbahaya apabila memikirkannya dengan konteks pekerjaan yang dapat digantikan oleh AI. Namun, tentu saja AI belum memiliki kapabilitas untuk sepenuhnya menggantikan manusia dalam pekerjaan. Maka dari itu, kita harus lebih menempa skill kita agar tidak dengan mudah tersaingi oleh AI.

Secara pribadi, penulis merasa mengetahui lebih dalam tentang apa itu kreativitas dan kecerdasan. Setelah mengikuti PANCI 2023 dari awal hingga akhir, penulis merasa lebih termotivasi sebagai mahasiswa untuk tetap berkarya dan belajar. Ada banyak sekali hal-hal yang belum penulis ketahui dan kuasai, dan PANCI 2023 membantu untuk memberikan wawasan dan motivasi yang diperlukan untuk itu.