REVIEW : Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children

Halo! Kali ini gue bakal nge-review film yang sangat bagus dan recommended. Bagi kalian yang suka banget sama film – film Tim Burton, wajib banget nih nonton film satu ini. Film ini berjudul Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children, dimana film ini berdurasi 132 menit dan disutradarai oleh Tim Burton. Film ini bergenre fantasy, dan ada sedikit romancenya lho..
Cerita ini berawal saat Jake Portman (Asa Butterfield), baru saja kehilangan kakeknya, Abe (Terrence Stamp). Jake sampai stress karena mengira monster yang membunuh kakeknya, mungkin cuma halusinasi saja, sampai akhirnya dengan usulan dari psikiaternya, Jake ditemani sang ayah pun pergi ke Wales. Ngapain ke Wales? Karena sebelum wafat, Abe berwasiat ke Jake untuk mencari Miss Peregrine di Wales.

Suasana awal film emang terasa suram dan gelap, mirip dengan keadaan pulau di Wales yang Jake kunjungi. Tapi, ketika akhirnya Jake bertemu dengan Miss Peregrine, langsung berubah deh nuansa filmya jadi lebih colorful. Miss Peregrine ini bukan orang biasa. Dia adalah Ymbrine, manusia dengan kemampuan khusus yang bisa menjadi burung dan bisa mengendalikan waktu. Miss Peregrine adalah pengasuh anak – anak “peculiar”, mereka yang punya kekuatan superhuman. Tak cuma berperan sebagai pengasuh, Miss Peregrine juga merupakan pelindung mereka, karena musuh peculiar adalah Hollow. Hollow yang bisa berubah menjadi monster dengan tentakel dan berwujud raksasa (sekilas sih mirip slenderman kalau menurut gue hehe) dan suka memangsa anak – anak peculiar dan mengincar bola mata mereka supaya mereka bisa hidup abadi. Karena itulah, Miss Peregrine membuat suatu lingkaran waktu atau loop. Dimana dia akan memanipulasi waktu, mengulang hari yang sama terus menerus, yaitu 3 September 1943. Semuanya untuk menjaga peculiar dari kejaran Hollow. Karena jika waktunya lewat dr tanggal 3 september tersebut, ada bom dari langit yang jatuh pas ditempat anak – anak peculiar dan miss peregrine tinggal.

Saat pemimpin Hollow, Tuan Barron (Samuel L Jackson) menculik Miss Peregrine, kedamaian anak – anak peculiar pun terancam. Jake yang berjanji pada Miss Peregrine untuk menjaga para peculiar, menyusun rencana untuk menyelamatkan Miss Peregrine. Dengan dibantu para peculiar, Emma (Ella Purnell), Olive, Enoch, Fiona, si kembar, Horace, Millard, Hugh dan Claire, mereka harus berpacu dengan waktu, karena tanpa loop, para peculiar ini akan menua dengan cepat. Jake menganggap dirinya sendiri bukan peculiar. Tapi, dia akan tahu kalau pendapatnya ternyata salah.

Setelah menonton film ini,  gak cuma genre fantasy romance-nya aja lho yang oke, tapi horror nya juga ngena banget sewaktu adegan puncak dimana Hollows berubah jadi monster kembali. For me film ini ratingnya 7,5/10. So, this is a great movie! Kalian bisa nonton film ini bareng keluarga ataupun teman- teman kalian!

 

Image source : http://www.screenflanders.be/en/testimonials-archive/miss-peregrines-home-for-peculiar-children
Maria Jessica