Uniknya Alat Musik FU Dari Maluku Utara

 

Bagi kalian yang hobi menonton kartun atau film-film fantasi, pasti kalian familiar dengan alat musik yang berbentuk kerang. Tetapi, tahukah kalian bahwa alat musik tersebut memang ada di Indonesia, khususnya di Maluku Utara. Alat musik tersebut bernama Fu.

Alat musik Fu merupakan alat musik asal Maluku Utara yang terbuat dari kerang. Alat musik ini dimainkan dengan cara meniup lobangnya. Selain digunakan sebagai alat musik untuk mengiringi tarian, Fu juga digunakan untuk memanggil warga. Berdasarkan cerita rakyat, alat musik ini berasal dari suatu kisah mengenai seorang pemuda yang tersesat. Dia meminta pertolongan warga dengan meniupkan kerang yang akhirnya menjadi alat musik Fu. Dahulu, Alat musik Fu digunakan sebagai media komunikasi antara rakyat dan rajanya. Contohnya, ketika Raja akan mengumumkan sesuatu, maka pesuruh raja akan meniup Fu. Alat musik Fu juga digunakan sebagai penanda dimulainya atau penutup acara. 

Suara yang dihasilkan oleh alat musik Fu ini keras dan berdengung. Dibutuhkan penguasaan teknik pernafasan yang maksimal untuk bermain alat musik ini.

Source : https://www.alatmusik.id/musik/Alat-Musik-Fu/

 

Source : https://www.kompas.com/skola/read/2021/05/11/145015469/keunikan-alat-musik-fu-maluku-utara

Salah satu jenis alat musik Fu yakni Fu Tahuri diambil dari nama suatu desa yaitu Desa Tahuri. Keunikan dari Fu Tahuri adalah bahan yang digunakan dalam membuat alat musik tersebut yakni kerang atau kulit bia. Kulit kerang yang digunakan dapat didapatkan di kawasan Dobo, Saumlaki dan kepulauan Aru.

source : https://pesonaindonesia.kompas.com/read/2019/09/09/193900227/mengenal-tahuri-alat-musik-endemik-maluku

Saat ini, Alat musik Fu menjadi sebuah cenderamata dan barang arkeologi ketika mengunjungi Maluku. Sayangnya, keberadaan Alat Musik asal Maluku Utara ini mulai perlahan pudar kegunaannya. Banyak alat musik Fu yang sudah disimpan di berbagai museum. Namun, masih ada beberapa desa yang tetap melestarikan alat musik Nusantara ini, seperti desa Hutumuri, Sirisori dan Amalatu.

Referensi :

https://www.djarumcoklat.com/article/fu-yang-mulai-hilang

https://www.alatmusik.id/musik/Alat-Musik-Fu/

https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/fuu-alat-musik-pemanggil-masyarakat-di-papua/