Tips and Tricks: 10 Inspiring Design Blogs

10 BLOG DESAIN SEBAGAI INSPIRASI DESAINER GRAFIS

Sebagai seorang desainer grafis, kita harus menggali berbagai inspirasi agar karya yang dihasilkan dapat mengikuti perkembangan tren terkini. Selain itu, inspirasi sangat bermanfaat untuk memperkaya ide dan konsep suatu karya visual. Inspirasi bisa datang darimana saja, misal dari lagu, foto, karya desainer, dan berbagai macam media lainnya. Salah satu sumber inspirasi yang sangat bermanfaat bagi seorang desainer grafis adalah blog desain. Berikut adalah 10 blog desain yang dapat menjadi sumber inspirasi bagi para desainer grafis.

  1. AIGA: Eye on Design

Link blog: https://eyeondesign.aiga.org

AIGA atau juga yang dikenal sebagai The Professional Association for Design merangkum berbagai karya visual yang sangat menarik dalam sebuah blog yaitu eyeondesign. Karya-karya yang ditampilkan sangat bervariasi.

  1. Baubau Haus

Link blog: www.baubauhaus.com

Blog yang simple, penuh akan visual, dan minim akan kata. Sangat cocok untuk desainer grafis yang sedang menggali inspirasi visual.

  1. Create by Adobe

Link blog: https://create.adobe.com/graphic-design.html

Create adalah majalah online yang dikemas dalam sebuah blog oleh Adobe team. Blog ini dikhususkan untuk para pecinta visual yang bekerja di industry kreatif. Banyak inspirasi dan tutorial yang bisa didapatkan seperti fotografi, illustrasi, desain grafis, desain motion, desain web, dan banyak lainnya.

  1. Design Week

Link blog: www.designweek.co.uk

Sejak tahun 1996, Design Week menjadi majalah desain ternama di Inggris hingga tahun 2011 diubah menjadi media yang hanya berbasis online. Berbagai artikel dikemas dalam blog ini mulai dari desain grafis, branding, interior desain, furniture, digital, dan lainnya.

  1. FormFiftyFive

Link blog: https://formfiftyfive.com

Formfiftyfive dibangun pada tahun 2007 oleh sekelompok desainer, ilustrator, dan coder yang ingin mengumpulkan berbagai karya desain terbaik dan membagikannya kepada publik. Sekarang formfiftyfive menjadi salah satu blog yang harus dibaca sebagai sumber inspirasi untuk mengikuti trend desain terkini.

  1. Identity Designed

Link blog: https://identitydesigned.com

Salah satu blog yang dibuat secara simple dan minimalis oleh David Airey. Blog ini dikhususkan untuk menyajikan berbagai konten desain branding dari berbagai dunia.

  1. Logo Design Love

Link blog: www.logodesignlove.com

Salah satu blog yang dikemas oleh David Airey namun kali ini dikhususkan untuk berbagai desain logo.

  1. Mirador

Link blog: www.thisismirador.com

Mirador adalah blog yang dibangun oleh duo desainer asal Paris, Say What Studio. Mereka mengurasi berbagai karya terbaik dan menyajikannya secara menarik dalam blog ini.

  1. The Dieline

Link blog: www.thedieline.com

Sebuah desain blog yang dikhususkan untuk packaging design. Disajikan dengan berbagai foto desain packaging yang dapat menjadi sumber inspirasi.

  1. Typeroom

Link blog: www.typeroom.eu

Typeroom menyebut dirinya sebagai platform online bagi Typophile Generation. Sebuah blog yang menyajikan berbagai artikel mengenai tipografi, letterforms, dan wawancara dengan berbagai tipografer di seluruh dunia.

 Selamat mencoba dan berkarya!

Felicia Martina