KEGIATAN LDK AKTIVIS HIMDKV 2022

Walaupun Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Aktivis HIMDKV 2022 ini masih diadakan melalui media video conference, keseruan masih bisa dirasakan dalam penyambutan para calon aktivis. Tahun ini, LDK Aktivis dilakukan oleh gabungan dari seluruh region, yaitu dari Kemanggisan, Alam Sutera, Senayan, Malang, dan Bandung. LDK Aktivis kali ini bertemakan “Staycation” dan diadakan pada tanggal 25-26 Maret 2022. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini bertujuan agar para calon aktivis mampu bertanggung jawab, berkomitmen, dan tanggqp dalam menjalankan tugas-tugas kedepannya.

Hari Pertama

Pada tanggal 25 Maret 2022, acara dimulai pukul 13:40 WIB. Para MC, Afreza dan William, membuka acara tersebut dengan membacakan tata tertib yang harus dilakukan oleh para calon aktivis. Setelah itu, Tiara Sadira dan Kevin Jason Santoso, selaku ketua umum HIMDKV dan ketua acara, memberikan kata sambutan untuk para calon aktivis. Lalu, dilanjut dengan penjelasan struktur organisasi HIMDKV dari masing-masing region.

Selanjutnya, MC memandu para calon aktivis untuk bermain games tebak lagu. Lalu, MC membacakan brief challenge Virtual Signature Hunting dimana calon aktivis harus mendapatkan tanda tangan sebanyak-banyaknya sesuai aturan yang berlaku. Setelah briefing, Kevin dan Rachel membawakan materi mengenai Staycation: Leadership, Teamwork, & Collaboration. Materi tersebut disampaikan agar para calon aktivis bisa mendapatkan wawasan lebih mengenai kerjasama dan kepemimpinan. Selanjutnya, MC memandu games kahoot seputar HIMDKV selama 15 menit. Danillo dan Lavanda melanjutkan dengan menjelaskan materi mengenai Time Management & Discipline

\Setelah isoma, para calon aktivis akan bermain games susun kalimat yang dipandu oleh para MC. Selanjutnya, Catherine sebagai sekretaris HIMDKV, membawakan materi mengenai pembuatan Proposal & LPJ agar para calon aktivis mengerti apa saja ketentuan yang diperlukan untuk membuat proposal dan LPJ tersebut. Sebelum sampai di penghujung acara hari pertama, MC membacakan brief acara hari kedua dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama yang dilakukan oleh divisi dokumentasi. Sebagai penutup, para calon aktivis mengisi form absen yang sudah disiapkan oleh panitia.

 

Hari Kedua

Hari kedua LDK Aktivis dimulai pada pukul 11:00 WIB. Sama dengan hari sebelumnya, acara dibuka oleh para MC, yaitu Henson dan Afreza. Sebelum memulai sesi sharing, para calon aktivis bermain games tebak pengurus yang membuat mereka sangat antusias dan berlomba-lomba untuk menjawab agar mendapatkan hadiah. Selanjutnya, sesi sharing dilakukan oleh perwakilan dari Binusian 2023, yaitu Bahtra Arung Malaka dan Cut Shifa Wiandra Putri. Mereka menceritakan mengenai pengalaman mereka selama bekerja bersama di HIMDKV 2021. Selain itu, mereka melakukan sesi tanya jawab dan juga bercerita mengenai kegiatan perkuliahan mereka saat ini.

Setelah isoma, para calon aktivis yang sebelumnya sudah dibagi kedalam 18 kelompok akan melakukan presentasi mengenai tugas yang sudah diberikan yaitu membuat acara di depan para DPI HIMDKV. Peserta diberikan waktu 2 menit untuk persiapan presentasi dan waktu 8 menit untuk presentasi. Selanjutnya, para MC memandu games berjudul tebak foto dimana foto-foto yang diberikan memiliki kemiripan, namun hanya 1 foto yang benar. Setelah bermain, calon aktivis diberikan waktu untuk menjalankan isoma. Lalu, bagian yang ditunggu-tunggu oleh calon aktivis telah datang, yaitu pengumuman pemenang games dan signature virtual hunting. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan video pengesahan para calon aktivis sebagai aktivis resmi HIMDKV. Lalu, acara ditutup dengan sesi dokumentasi dan absensi oleh para peserta dan panitia.