PIXAR Workshop

PIXAR WORKSHOP : THE INCRIDIBLES 2

Dalam rangka peluncuran film animasi Incridibles 2 di Indonesia, Disney membuat workshop dengan mendatangkan salah satu dari sekian banyak ‘creator’ yang bekerja di dalam pembuatan film animasi Incredibles 2. Beliau bernama Bryn Imagire. Beliau bekerja di dalam film Incridibles 2 sebagai Art Director : The Shading Director & Costume Designer. Workshop ini berlansung di Lippo Mall Puri, tepatnya di dalam bioskop XX1 dan berlangsung mulai dari jam 11 hingga selesai. Workshop ini diikuti oleh 6 Universitas berbeda dengan jurusan Animasi dengan total partisipan workshop sekitar 250 anak.

Sekitar pukul 9.30, para partisipan mengantri untuk pendaftaran ulang sebelum masuk kedalam studio workshop. Dan setiap partisipan mendapatkan 1 buah papan jalan dengan stiker berbahan doff dengan logo Incridibles 2 dan beserta tulisan Disney Pixar, selembar kertas putih dan pensil 2b dan yang lebih unik dan menariknya, setiap partisipan mendapatkan sebuah enamel pin logo Incridbles 2 sehingga partisipan semakin tertarik untuk mengikuti workshop ini. Dan juga, workshop ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, tapi workshop ini juga memiliki kapasitas peserta workshop. Untuk Binus sendiri, kuota partisipan dari Kemanggisan hanya 50 orang dan Alam Sutera 50 orang.

Sekitar pukul 10.30, workshop pun dimulai. Sesi pertama ialah presentasi dari Bryn Imagire. Sesi ini ia menjelaskan bagaimana progress kerja sebagai The Shading Director & Costume Designe. Mulai dari Bob, Helen, Violet, Dash dan si imut Jack Jack. Ia juga menampilkan sedikit progress bagaimana ia bisa menjadikan kostum yang ia buat ke dalam animasinya dan sudah digerakan. Dan juga sebelumnya, ia juga memperlihatkan apa saja referensi yang ia pakai saat membuat kostum. Tidak hanya kostum, Bryn juga membuat konsep desain untuk tempat baru yang akan ada di film Incridibles 2 dimana Helen akan dipekerjakan oleh sebuah perusahaan dan keluarganya pindah ke sebuah rumah mewah yang difasilitasi oleh perusahaan itu. Mulai dari sketsa, referensi, mood color, digital painting, hingga akhirnya dirender menjadi sebuah animasi 3d, dijelaskan oleh Bryn pada sesi ini. Pada saat sesi ini berlangsung, kami para peserta workshop tidak boleh mengambil gambar/foto ataupun video. Hp semua harus di silent atau dimatikan.

Sesi kedua adalah Live Drawing. Sesi ini ialah Bryn akan menggambar secara langsung bagaimana ia menggambar ke 5 tokoh keluarga superhero ini ditambah dengan hadirnya 1 tokoh hewan yaitu racoon. Karena ia sudah sangat professional dibidangnya, menggambar bukanlah hal yang sulit. Bahkan, ia bisa menggambar ke 6 tokoh itu dengan cepat, sedangkan partisipan semua menggambar ke 6 tokoh itu dengan waktu yang cukup lama. Dan ia juga menjelaskan bahwa ke 6 tokoh ini memiliki ciri khas karakter yang berbeda hingga kita bisa dengan mudah membedekan mereka dengan karakter lain dan juga sekaligus mengenali mereka. Pada sesi ini, peserta workshop sudah boleh mengambil gambar atau video.

Sesi selanjutnya ialah sesi tanya jawab. Pada sesi ini, para partisipan bebas untuk menanyakan perihal tentang bagaimana progress kerja pembuatan animasi Incridibles 2 ini. Sekitar 7 partisipan yang bertanya pada Bryn.

Lalu sesi terakhir ialah tanda tangan poster dan juga foto dengan beliau. Setiap perserta workshop, sebelum meninggalkan studio akan diberikan 1 buah poster A3 dengan gambar lineart 6 tokoh dalam film Incridibles 2 ini lengkap dengan tanda tangan Bryn Imagire. Pada sesi ini juga, peserta boleh untuk mengambil foto dengan beliau dengan catatan 1 partisipan hanya boleh mengambil 1 buah gambar karena untuk mempersingkat waktu.

Banyak sekali pengetahuan yang di dapatkan dalam workshop ini, terutama bagi kami yang mengambil jurusan animasi. Dengana danya workshop seperti ini, para calon animator bisa lebih semangat dan juga lebih yakin lagi dengan cita citanya sebagai animator. Dan juga seminar ini mendapatkan sebuah sertifikat dengan gambar 5 tokoh keluarga super ini.

Lebih dekat lagi dengan Bryn Imagire.

Kali ini, saya akan menjelaskan siapa sih beliau? Apa saja pengalaman ia di dalam dunia aniamsi?

Bryan Imagire merupakan Art Director di Pixar Animation. Pengalaman beliau akan animasi sudah dicap sebagai professional karena banyaknya film animasi yang mengikutsertakan beliau didalamnya.  Berikut daftar film animasinya :

  1. Coco – Shading Art Director
  2. The Good Dinosaur – Shading Art Director
  3. Cars 2 – Shader Packet Artist
  4. Up – Shading Art Director
  5. Ratatouille – Shading Packet Artist
  6. The Incridibles – Shading Art Director
  7. Monster, Inc – CG Painter
  8. Toy Story 2 – Art Director
  9. A Bug’s Life – CG Painter

Dan saat ini The Incridibles 2 sebagai Art Director : The Shading Director & Costume Designer.

Beliau saat ini berumur 55 tahun. Meskipun sudah tua, tapi skill beliau akan animasi sangat tinggi dan umur bukanlah sebuah batasan seseorang untuk tetap berkarir. Bryn memang sudah dari SMA bercita – cita menjadi seorang animator. Saat ia masih muda dan masih duduk di bangku SMA, ia mengikuti sebuah pelatihan animator di daerah tempat tinggalnya. Dan dari saat itulah, keinginan ia menjadi animator muncul dan ia juga memiliki sebuah imipian untuk berkarir di bidang ini, dan karena kegigihan dan juga skill yang ia punya, cita – cita nya ini terwujud dan hingga saat ini masih terus berjalan. Beliau juga sangat baik, friendly dan ramah.

Maria Jessica