LDK Aktivis HIMDKV 2021

Pandemi Covid-19 tidak menghalangi HIMDKV untuk menyambut para calon aktivis yang ingin bergabung dalam kegiatan HIMDKV 2021. Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Aktivis HIMDKV 2021 kali ini bertemakan “Rise and Shine” dan diadakan melalui media video conference pada tanggal 13-14 Maret 2021. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut bertujuan untuk menambah wawasan bagi para peserta dan menjadikan mereka aktivis yang mampu bertanggung jawab, tanggap, dan cermat sesuai dengan bagiannya masing-masing. 

Hari Pertama 

Pada tanggal 13 Maret 2021, acara dimulai pukul 15.30 WIB. Setelah para MC membacakan tata tertib, LDK Aktivis dibuka dengan kata sambutan dari Jessica Artha Liora dan Bahtra Arung Malaka selaku ketua umum HIMDKV 2021 dan ketua acara. Lalu dilanjut dengan perkenalan koordinator dari masing-masing region yaitu Kemanggisan dan Alam Sutera. 


Acara lalu dilanjutkan dengan games “tebak pengurus” yang dipandu oleh MC, Cut Shifa Wiandra Putri dan Shenny Leonita. Setelah bermain, MC membacakan brief Virtual Signature Hunting, dimana peserta harus mendapatkan tanda tangan panitia sebanyak-banyaknya. Lalu materi mengenai Rise and Shine pun dibawakan oleh Jessica Artha Liora selaku pembicara. Materi tersebut disampaikan dengan tujuan agar peserta dapat menjadi aktivis yang membawa pengaruh positif dalam segala aspek, baik dalam organisasi maupun perkuliahan. Materi mengenai Rise and Shine juga berisi tentang pentingnya time management, prioritas dan disiplin.

Setelah isoma, MC memandu para peserta LDK Aktivis untuk bermain games Kahoot yang bertemakan tentang materi yang sebelumnya dibawakan oleh Jessica. Para peserta pun antusias dan berlomba-lomba dalam mengerjakan soal untuk menjadi pemenang.

Sebelum penutupan hari pertama, MC membacakan brief acara hari kedua. Lalu dilanjutkan dengan sesi foto bersama oleh divisi dokumentasi dan peserta diminta untuk mengisi form absen yang sudah disiapkan oleh panitia. 

Hari Kedua

Hari kedua LDK dimulai pada pukul 10.00. Seperti hari sebelumnya, acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan sesi games “riddles”. Selanjutnya kegiatan dilanjut dengan materi mengenai Leadership and Teamwork oleh Bahtra Arung Malaka selaku pembicara. Di materi ini, para calon aktivis dibekali dengan cara menjadi seorang leader yang baik, serta cara untuk bekerjasama dalam sebuah tim.

Setelah isoma, para peserta yang sebelumnya telah dibagi menjadi beberapa kelompok mulai mempresentasikan tugas yang mereka buat, yaitu proposal untuk sebuah acara HIMDKV.

Acara dilanjutkan dengan pembawaan materi mengenai proposal dan LPJ oleh Vanessa Sisilia. Pada materi ini, calon aktivis belajar tentang bagaimana pembuatan dan penyusunan proposal dan LPJ dengan baik dan benar. Sebelum isoma selanjutnya, peserta diajak untuk memainkan sebuah game Kahoot yang dipandu oleh MC.

Selanjutnya, terdapat sesi sharing oleh Binusian 22, Nicholas Kusuma dan Maharani Puspita Ayu mengenai pengalaman dalam mengurus HIMDKV.  Sesi ini berlangsung selama 1 jam dan kembali dilanjutkan oleh isoma. 


Penghujung acara dimulai dengan pengumuman pemenang games Virtual Signature Hunting. Setelah pengumuman pemenang, acara dilanjutkan dengan pengesahan para calon aktivis sebagai aktivis resmi HIMDKV. Acara pun ditutup dengan sesi dokumentasi, absensi dan kata penutup oleh para MC dan ketua umum HIMDKV 2021.