Makna Desain Logo Perguruan Pencak Silat Persinas ASAD

mage: Ujian kenaikan tingkat Persinas ASAD kabupaten Bogor

Source: https://www.asadjabar.com/wp-content/uploads/2020/02/Ujian-Kenaikan-Tingkat-Persinas-ASAD-Kabupaten-Baogor-Utara-4.jpeg

Persinas ASAD atau Perguruan Silat Nasional Ampuh Sehat Aman Damai adalah sebuah organisasi perguruan pencak silat yang nilai perguruan nya lebih berhimpun ke Pancasila dan UUD 1945. Tujuan dari perguruan silat Persinas ASAD adalah untuk melestarikan budaya bangsa khususnya ilmu pencak silat secara nasional. Untuk melestarikan ilmu pencak silat, upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas mental maupun fisik. Maka dari itu Persinas ASAD ada motto yang selalu digunakan yaitu “Ampuh Sehat Aman Damai” atau ASAD.

Image: Logo Persinas ASAD

Source:  https://id.pinterest.com/pin/594827063270845074/

Persinas ASAD bisa dibilang sebagai perguruan pencak silat yang lebih ke cabang Indonesia saja dan lebih menjunjung ke dasar negara dan konstitusi negara, jadi desain logo Persinas ASAD memiliki beberapa simbol dari Pancasila. Simbol-simbol dari logo Persinas ASAD memiliki nilai filosofi nya mencerminkan ajaran perguruan pencak silat nya yaitu:

  1. Pedang bermata dua yang berdiri tegak

Pedang bermata dua di logo Persinas ASAD memiliki arti yaitu semua ilmu dunia dan akhirat harus selalu diasah untuk menjaga ketajamannya. Pedang di logo Persinas ASAD juga berdiri melewati lingkaran merah putih bagaikan lingkaran merah putih itu ditembus pedang. Tembusan dari pedang yang tegak itu memiliki arti yaitu anggota Persinas ASAD

menunjukan bahwa mereka memiliki tekad yang kuat untuk memasyarakatkan ilmu pencak silat Persinas ASAD.

  1. Mata anak panah

Di logo Persinas ASAD, di ujung pegangan pedang bermata dua nya ada mata anak panah yang memiliki arti yaitu menunjukan kecepatan dan ketepatan dalam bertindak.

  1. Rantai lingkaran bermata lima

Rantai lingkaran bermata lima di logo Persinas ASAD memiliki arti yaitu keanekaragaman suku bangsa yang berasaskan Pancasila.

  1. Lingkaran pada logo ada delapan

Logo Persinas ASAD ada delapan yaitu lima lingkaran bagaikan rantai di atas warna dasar putih, satu lingkaran hitam mengelilingi warna dasar putih, dua lingkaran menutup lambang.

Image: tanaman kapas

Source: https://plantix.net/id/library/assets/custom/crop-images/cotton.jpeg

  1. Padi dan kapas

Logo Persinas ASAD memiliki simbol padi dengan 45 butir dan 17 butir di biji kapas nya. Padi dan kapas menunjukkan proklamasi kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang juga diartikan sebagai simbol kesejahteraan.

  1. Lingkaran hitam

Lingkaran hitam di logo Persinas ASAD memiliki arti yaitu satu ikatan persaudaraan yang teguh.

  1. Lingkaran luar warna merah

Arti dari lingkaran luar warna merah menyimbolkan fungsi Persinas ASAD sebagai pelindung Ibu Pertiwi Indonesia.

  1. Tulisan PERSINAS ASAD

PERSINAS ASAD berasal dari singkatan Perguruan Silat Nasional yang Ampuh, Sehat, Aman, dan Damai.

  1. Warna-warna di logo Persinas ASAD: