Makna Design Logo Pencak Silat Tapak Suci

 

 

Source: https://idn.paperplane-tm.site/2018/08/lambang-tapak-suci-putera-muhammadiyah.html

Tapak Suci putra  Muhamadiyah atau yang biasa disebut Tapak Suci, merupakan perguruan atau organisasi yang masuk dalam IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Tapak Suci berasaskan Islam, berasal pada Al Qur’an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan, berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom yang ke-11.

Tapak Suci berdiri pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383 H, atau bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Motto dari Tapak Suci merupakan “Dengan Iman dan Budi pekerti aku menjadi kuat, tanpa Iman dan Budi pekerti aku menjadi lemah”.

Tapak Suci menampilkan bobot beladiri dalam sebuah bentuk seni pencak silat. Selain itu sebagai pelestari adat bangsa, Tapak Suci mendorong anggotanya untuk melestarikan seni dan adat nasional yang berjiwa luhur, jauh dari syirik dan menyesatkan yang akan menodai nasihat luhur.

Sejarah singkat lahirnya tapak suci

Source: https://posonews.id/2021/04/05/

Source: https://unimus.ac.id/?p=32862  

Pada awalnya Tapak Suci merupakan sebuah aliran bela diri bernama Pencak Silat Banjaran yang dikembangkan oleh putera KH. Syuhada yaitu Ibrahim dan kemudian berganti nama Menjadi KH.Busyro Syuhada. Pencak Silat Banjaran berkembang pesat di Pondok Pesantren Banjarnegara. 

Pada tahun 1925, melalui kedua muridnya yang bernama A. Dimyati dan M. Wahib akhirnya dibukalah perguruan baru di Kauman, Yogyakarta yang dikenal dengan nama Perguruan Cikauman. Salah satu muridnya adalah M. Syamsudin yang kemudian atas seizin gurunya mendirikan Perguruan Seranoman yang berlokasi di sebelah utara Kauman.

Lahirlah seorang pendekar muda dari Perguruan Seranoman yang bernama M.Zahid yang memiliki seorang murid bernama Moh. Barrie Irsyad Yang kemudian mendirikan Perguruan Kasegu. Kasegu merupakan nama senjata yang bertuliskan Muhammad ciptaan Pendekar Moh. Barrie. 

Akhirnya pada tahun 1963 berdirilah Perguruan Tapak Suci yang menggabungkan tiga perguruan silat (Cikauman, Seranoman, Kasegu). Lebih tepatnya adalah tanggal 31 Juli 1963 yang bertepatan dengan tanggal 10 Rabiul Awal 1383 H di Kauman, Yogyakarta.

Pada tahun 1964, Tapak Suci diterima menjadi organisasi otonom Muhammadiyah yang ke-11 oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang pada saat itu diketuai oleh KH Ahmad Badawi.

Makna dari lambang tapak suci

Source : http://stiemuhpekalongan.ac.id/2016/03/19/tapak-suci/

Tujuan dari ajaran-ajaran Tapak Suci tertuang didalam lambang yang terletak di bagian dada sebelah kiri seragam Tapak Suci. Berikut arti lambang Tapak Suci yang terdiri dari berbagai simbol yang penuh dengan makna ;

  • Bentuk bulat, memilki arti bertekad bulat
  • Warna dasar biru, artinya adalah keagungan
  • Warna tepi hitam, memiliki makna kekal dan abadi melambngkan sifat Allah subhanahu wa ta’ala
  • Gambar bunga mawar, memiliki arti keharuman
  • Warna merah, memiliki makna keberanian
  • Daun kelopak hijau, memiliki arti kesempurnaan
  • Bunga melatih putih, memiliki makna kesucian
  • Jumlah bunga melatih sebelas, menunjukkan jumlah rukun Islam dan rukun iman
  • Tangan kanan putih, memiliki arti keutamaan
  • Tangan terbuka, memiliki arti kejujuran
  • Berjari rapat, memiliki makna keeratan
  • Ibu jari ditekuk, menunjukkan kerendahan hati
  • Sinar matahari kuning, memiliki arti Putera Muhammadiyah

 

REFERENSI

https://www.tapaksuci.or.id 

https://pencaksilatindonesia.org/personnel/tapak-suci/

http://p2k.um-surabaya.ac.id