What’s In: ZBrush

ZBRUSH

Jika kalian suka dengan modeling 3D, suka membuat sculpting digital pasti tidak asing dengan software ini. Zbrush merupakan Software yang diciptakan oleh Perusahaan Pixologic, tepatnya ditemukan pertama kali oleh Ofer Alon dan Jack Rimokh. untuk modeling, sculpting, painting dan juga texturing.

Sculpting di software Zbrush ini sama hal nya dengan sculpting manual menggunakan clay, hanya saja di Zbrush, kita melakukan modeling digital dan tidak perlu menggunakan tools seperti sculpting manual. ZBrush biasa digunakan oleh para designer, animator, ataupun seseorang yang ingin membuat model 3D, seperti membuat character, membuat prototype suatu produk, dan lain – lain

Di dalam dunia animasi, Zbrush ini bisa termasuk software penting  dan paling sering digunakan dalam membuat character 3D. Untuk saat ini, Zbrush 4R7 merupakan seri terakhir Zbrush 4 sebelum berlanjut ke seri Zbrush 5.0. Zbrush 4R7 ini merupakan upgrade yang tidak terlalu besar tetapi upgrade tersebut merupakan tambahan penting.  Fitur – fitur baru yang teradapat dalam seri 4R7 ini antara lain :

  1. ZModeler – Dirancang untuk menyederhanakan model yang telah dibuat. Zmodeler ini bisa membuat kita bekerja lebih cepat dan dinamir untuk membuat bentuk yang baru, sehingga lebih mudah prosesnya.
  2. NanoMesh dan ArrayMesh – Dirancang untuk mempertahankan jumlah Polygon dengan rendah meskipun model yang dibuat memiliki banyak detail.
  3. Rendering Enhancements – Dalam merender menggunakan BPR Render, BPR Render akan merender Surface Noise sebagai map displacement sehingga sesuai dengan atribut map noise sehingga lebih matematis.
  4. Zbrush to KeyShot (Zbridge) – Dirancang untuk menghubungkan Zbrush dengan KeyShot 5 dengan mudah untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih realistik.
  5. ZRemesher 2.0 – ZRemesher berguna ketika kita ingin me-retopology model yang telah kita buat. Setelah diupgrade, ZRemasher akan secara otomatis menghasilkan topology permukaan baik itu bentuk organik maupun bentuk tajam (hard surface).
  6. FBX Import/Export – Mendukung texture, normal dan displacement map, blendshapes, bisa menghaluskan permukaan normal dan lain – lain.
    photo courtesy: https://alterton.deviantart.com/art/Dredd-1-4-statue-zbrush-model-v1-295383722
Maria Jessica