PERMAINAN EGRANG

Indonesia kaya akan permainan-permainan tradisionalnya. Bahkan kebanyakan dari mereka di mainkan saat HUT Indonesia setiap tanggal 17 Agustus, salah satunya adalah permainan Egrang. Permainan asal tradisional ini merupakan permainan yang terdiri dari 2 batang bambu  dengan ukuran selengan orang dewasa disertai tumpuhan bawah yang agak besar. Permainan Egrang belum ada informasi yang pasti mengenai asal daerahnya, Namun permainan ini dapat ditemukan di beberapa daerah seperti Sumatera Barat yang dikenal dengan nama Tengkak. Kata Engrang sendiri berasal dari Lampung yang berarti terompah pancung yang terbuat dari bambu yang bulat dan panjang. Permainan Egrang biasanya dimainkan oleh anak-anak berusia 7-13 tahun.

Peralatan yang digunakan dalam permainan ini merupakan dua batang bambu bata yang sudah tua dan berbentuk lurus. Masing-masing bambu ini memiliki panjang sekitar 1,53 meter. Permainan ini biasanya dimainkan di arena yang luas dengan kepanjangan sekitar 7-15 meter dan lebar 3-4 meter.  

Jalannya Permainan Egrang

Permainan ini sebenarnya cukup menguras tenaga karena untuk memainkan permainan ini diperlukan keterampilan dalam menjaga keseimbangan tubuh dan berjalan dengan stabil di atas tongkat yang panjang.

Aturan permainan ini terbagi menjadi dua yakni perlombaan lari dan pertandingan untuk saling menjatuhkan lawan dengan saling memukul kaki bambu. Di permainan lomba lari, para pemain yang terdiri dari 3-4 orang akan berdiri di atas dua bambu panjang dan akan berjalan hingga garis finish setelah diberi aba-aba. Namun di dalam permainan duel atau pertandingan, 2 pemain terpilih akan berdiri di atas bambu itu dan saling berhadapan dengan lawan. Bila kedua pemain sudah siap, maka akan diberinya aba-aba untuk memulai pertandingan dengan saling menjatuhkan lawan.

Nilai Budaya Engrang  

Nilai budaya yang tercantum dalam permainan tradisional ini adalah kerja keras, keuletan dan sprotivitas. Nilai- nilai ini tercermin dari pemain yang semangat untuk berusaha mengalahkan lawannya tanpa bersikap curang dan  proses pembuatan alat yang teliti dan ketekunan.


Referensi : https://gpswisataindonesia.info/sejarah-permainan-tradisional-egrang/https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/08/26/egrang-permainan-yang-sekaligus-olahraga-traditional-indonesia