Mezzanine untuk Lahan Rumah Terbatas

Oleh:

Larissa Inez Felicia (2540117880)

Mezzanine merupakan kata yang berasal dari bahasa Italia mezzo, yang artinya bagian tengah/di tengah, atau lantai yang berada di tengah antara plafon dan lantai sebuah bangunan dalam 1 lantai saja. Tujuan dibentuknya Mezzanine ini adalah untuk menambah ruangan ekstra pada sebuah bangunan. Mezzanine ini biasanya berbentuk terbuka.

Konsep mezzanine digunakan sebagai alternatif bagi mereka yang menginginkan ruangan ekstra namun dengan lahan terbatas. Biasanya mezzanine dibuat untuk dijadikan kamar tidur. Dalam hunian yang memiliki luas lahan kecil, mezzanine dapat digunakan sebagai kamar tidur, meletakkan kasur dan dimodif menggunakan partisi, akan membuat mezzanine kamar tidur menjadi tempat privasi. Selain itu mezzanine dapat dibuat sebagai walk-in-closet atau lemari pada bagian bawahnya. Dengan ruang terbatas penggunaan mezzanine dapat dimanfaatkan untuk membuat tempat penyimpanan yang serbaguna.

Jika suatu saat anda ingin membuat mezzanine, berikut beberapa syarat yang perlu diperhatikan, yaitu pembuatan mezzanine memerlukan tinggi ruangan dengan jarak antara lantai dengan plafon atau atap minimal 5 meter. Bahan pembuatan mezzanine dapat menggunakan beton, kayu, maupun baja.

Hal terpenting dalam membuat mezzanine adalah proses perancangan bangunan rumah perlu perencanaan yang matang jika ingin membuat mezannine. Selain itu biasanya mezzanine dibuat melayang, sehingga dalam proses perencanaan dan konstruksi perlu diperhatikan karena berkaitan dengan nilai keindahan dan estetika rumah. Tidak lupa dengan mengatur pencahayaan hingga ventilasi udara rumah karena pembuatan mezzanine dapat membuat rumah cukup panas.

Gambar 1. Tampilan Mezzanine dengan tema Industrial

 

Gambar 2. Mezzanine ruangan dengan konsep farm house

 

Gambar 3. Mezzanine ruangan dengan konsep modern