Interior Design Trend 2022

Oleh:
Ivana Ananta (2502033531)
Pandemi memang masih ada tetapi keberadaannya pun sudah mulai berkurang nih! Sekarang tiba waktunya kita untuk mendekor atau mendesain rumah kita lagi untuk berpesta seperti dulu. Bukan hanya untuk berpesta saja, rumah juga merupakan kebutuhan yang utama untuk kita untuk kita tinggali. Selain nyaman untuk ditinggali kita juga bisa menambahkan beberapa desain yang kita suka untuk memperindah ruangan baik di dalam maupun di luar rumah kita.
Sekarang ini ada beberapa desain yang sedang diminati banyak orang, seperti desain rumah minimalis, minimalis dengan sentuhan industrial, hingga rumah dengan smart furniture juga. Berikut beberapa trend desain yang bisa menjadi ide atau inspirasi untuk rumah anda.
1. Desain minimalis dengan penggunaan jendela lebar
Ide desain yang pertama ini dapat memberikan kesan luas dan lebar pada rumah dengan konsep rumah apapun. Selain itu Penggunaan jendela lebar ini dapat digunakan sebagai sirkulasi udara dan penerangan alami.
2. Desain rumah minimalis dengan sentuhan industrial
Konsep rumah minimalis dengan sentuhan industrial ini mulai menjadi trend pada tahun 2021, dan ternyata pada tahun 2022 ide desain ini juga masih menjadi desain favorit. Konsep ini dikatakan dapat menghemat biaya karena  menggunakan bahan-bahan yang melalui proses daur ulang. Selain itu sifat dari gaya industrial ini sendiri adalah asimetri dengan karakteristik yang didominasi oleh kayu, logam, dan aluminium.
3. Rumah dengan ruangan terbuka
Ruang terbuka menjadi trend bukan karena hanya untuk sirkulasi udara namun banyaknya ruangan terbuka ini juga salah satu bentuk pengurangan elemen partisi yang ada di dalam rumah.
4. Desain rumah tanpa batas
Desain rumah tanpa batas ini bisa diartikan dengan desain rumah dengan jumlah partisi yang kurang atau hanya dibatasi dengan bentangan kaca saja. Beberapa tempat yang diperlukan partisi hanya kamar mandi dan tempat tidur pribadi. Desain rumah ini menghasilkan ruangan yang terlihat luas atau lebar.
5. Rumah dengan atap terbuka/ rooftop
Rumah dengan atap terbuka atau rooftop umumnya dapat kita jumpai pada apartemen-apartemen yang digunakan untuk sekedar menghirup udara atau mungkin menjemur pakaian. Desain rumah dengan atap terbuka banyak digunakan untuk menikmati indahnya langit malam atau berjemur pada pagi hari.
6. Desain rumah pintar (Modern)
Terakhir ada desain rumah pintar atau modern yang bisa menjadi favorit pecinta AI. Banyak barang furnitur yang dibuat untuk di dalam rumah dengan menggabungkan teknologi atau I furniture dengan beberapa fungsi, seperti gorden yang terbuka dan tertutup dengan menggunakan pengontrol, ada juga kasur yang dapat dibalik  menjadi meja kerja dan lain sebagainya.