Tren Konsep Desain Interior Tahun 2023

“New year new me” sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun baru 2023 sudah pasti terdapat tren-tren baru yang booming di masyarakat.  Dari tren fashion, make up, makanan, video-video viral, games dan lainnya. Jika membahas mengenai konsep desain interior maka tentu saja terdapat tren konsep desain interior rumah yang menjadi tren di tahun 2023. 

Bagi kalian yang bingung atau sedang mencari referensi untuk merenovasi atau mendesain rumah, berikut beberapa konsep desain interior yang akan menjadi tren di tahun 2023.

 

  1. Marble

Konsep desain interior menggunakan marmer pastinya sudah tidak asing lagi kita dengar atau lihat. Mengetahui bahwa marmer merupakan salah satu batu alam yang awet dan memberikan penampilan yang mewah menjadi alasan mengapa interior dengan material marmer ini banyak digandrungi masyarakat dari lama. 

Penggunaan marmer yang tidak berlebihan akan menciptakan titik fokus atau focal point yang dapat membuat hunian terasa lebih menarik. Focal point ini cukup penting karena merupakan hal pertama yang dilihat setiap kali kita memasuki rumah sehingga marmer merupakan salah satu pilihan yang cocok untuk menciptakan focal point tersebut. 

Marmer sendiri memiliki berbagai motif dan warna. Untuk menampilkan kesan yang lebih minimalist, kamu dapat memilih marmer dengan warna yang lebih cerah. Sedangkan jika menginginkan kesan yang lebih dramatic, kamu dapat memilih marmer dengan warna yang lebih gelap. 

Gambar 1. Contoh penggunaan marmer cerah 

 Gambar 2. Contoh penggunaan marmer gelap

2. Natural

Belakangan ini, konsep interior menggunakan kayu dan bambu pun banyak diterapkan. Penggunaan kayu atau bambu ini dapat menampilkan ruangan yang bernuansa natural dan terkesan dekat dengan alam. Interior dengan konsep ini terlihat cukup sederhana tetapi menciptakan suasana yang nyaman bagi para penghuninya. Untuk menambah kesan alam, kita dapat menambah dekorasi seperti tanaman hijau di setiap sudut ruangan. 

                      Gambar 3. contoh  interior natural                   


Gambar 4. contoh interior natural

3. Gotik

Untuk kamu yang suka warna-warna gelap dan ingin menerapkan warna gelap pada interior rumah tetapi ingin tetap terlihat elegan, interior dengan konsep gotik dapat menjadi jawabannya. Warna  gelap ini dapat membuat interior ruangan terlihat lebih dramatis dan mewah. Gaya desain gotik ini tidak melulu harus menggunakan warna hitam saja. Kamu bisa memadupadankannya dengan warna-warna bold lain seperti merah pada cushion, warna navy pada wallpaper, lantai parket dengan motif gelap, atau warna-warna gelap lainnya. 

Interior dengan gaya gotik ini banyak menggunakan pola-pola minimalis, sehingga furnitur yang dipilih juga sebaiknya memiliki gaya minimalis, misalnya pada rak buku, meja dan kabinet dapur, serta lampu-lampu yang simple elegant. Untuk konsep desain gotik ini sebaiknya diterapkan pada ruangan yang berukuran luas. Karena jika ruangan terlalu sempit, warna gelap akan menyerap cahaya yang akan membuat ruangan terasa lebih kecil lagi.

  Gambar 5. Interior gotik pada ruang makan

Gambar 6. Interior Gotik pada ruang keluarga

4. Sleek 

Berikutnya terdapat gaya interior sleek, gaya ini banyak menggunakan garis-garis lurus dan halus. Interior dengan gaya sleek ini cenderung memberikan kesan “clean” sehingga cocok untuk kamu yang suka gaya minimalis. Interior dengan gaya sleek ini banyak menggunakan warna-warna yang natural seperti putih, hitam, abu, coklat, dan lainnya. 

Penerapan konsep “open space” pun cocok dipadukan dengan gaya interior sleek ini. Selain membuat ruangan terasa lebih hangat, masuknya sinar matahari dapat mempertajam garis-garis dan detail dari interior hunian. Lalu penerapan taman juga dapat membuat interior rumah terasa lebih nyaman. 

  Gambar 7. Interior dengan gaya sleek 

Gambar 8. Penerapan open space

5. Pastel

Tidak hanya nuansa gelap yang menjadi tren di tahun 2023. Interior dengan warna-warna pastel pun mulai banyak digemari oleh masyarakat yang menginginkan suasana ceria, cerah, dan memberikan kesan fresh pada interior rumahnya. Berikut inspirasi perpaduan warna yang bisa diterapkan, pink dan biru, peach dan hijau, pink dan abu, biru dan beige, dan lainnya. Penggunaan warna pastel pada saat musim panas dapat memberikan kesejukan dalam ruangan. Biasanya anak-anak hingga remaja yang banyak menggunakan gaya interior seperti ini. 

Gambar 9. Penerapan warna biru dan pink pada interior dapurGambar 10. Penerapan interior pastel pada kamar tidur

Berikut beberapa ide konsep interior untuk tahun 2023 yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa memanggil jasa interior designer atau mencari-cari sendiri perabotan dekorasi sesuai gaya yang kamu inginkan. Tetapi disarankan untuk menggunakan jasa interior designer ya agar lebih sesuai dengan ekspektasi mu. Selamat mendekorasi!

Kathleen Grace Handoyo