Jenis Material Plafon Gedung Perkantoran

  1. Acoustic ceiling tiles
    Merupakan salah satu jenis plafon yang bisa meredam kebisingan. Plafon akustik tahan terhadap batas ambang kebisingan tertentu. Pemasangan plafon akustik membutuhkan kerangka konstruksi. Konstruksi ini dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis bahan plafon seperti kayu, asbes, tripleks, gypsum, selotex, dan particle board.

    Gambar 1.1 Contoh acoustic ceiling tiles
    Gambar 1.2 Contoh acoustic ceiling tiles

    Keuntungan dari acoustic ceiling tiles yaitu low maintenance, bobot ringan, kedap dan menyerap suara, pemasangan cepat, hasil yang diberikan rapi dan sempurna. Model panelnya berukuran 600x600mm dan 1200x600mm dengan ketebalan 9-16mm.

  2. Glass fiber reinforced concrete (GFRC)
    Komposit ringan yang terdiri dari semen, pasir, agregat, serat tahan alkali, polimer, aditif, dan air. GFRC diperkuat dengan baja dan serat kaca sehingga menghasilkan material yang jauh lebih kuat daripada beton biasa. Dikenal juga dengan nama Glass Reinforced Concrete (GRC). Pengaplikasian dari material ini sangatlah beragam. GRC ini dapat digunakan untuk membuat penutup kolom, cornice, panel plafon, partisi ruangan, cladding eksterior dan masih banyak lagi.

    Gambar 2.1 Contoh glass fiber reinforced concrete
    Gambar 2.2 Contoh glass fiber reinforced concrete

    Keuntungan dari glass fiber reinforced concrete (GFRC) yaitu low maintenance, dapat dibentuk ke dalam bentuk dan kurva apapun, memiliki fleksibilitas yang tinggi, anti rayap dan anti lapuk, serta bebas asbestos. Modul panelnya berukuran 1220x2440mm dengan ketebalan 4-15mm.