Chinese Idiom Story: 如魚得水

Pada masa akhir Dinasti Han Timur, terdapat tiga dekade perang sipil ketika Kekaisaran Han terpecah menjadi kekuatan regional yang dikendalikan oleh berbagai panglima perang.

Panglima perang Liu Bei (刘备)yang ambisius, tahu bahwa jika ia ingin memperluas kekuasaan politik dan militernya, maka perlu untuk merekrut bantuan tenaga yang cakap. Zhuge Liang (诸葛亮)adalah seorang ahli strategi yang berbakat, bijaksana serta memiliki keterampilan yang sangat hebat. Mengetahui hal ini Liu Bei bermaksud untuk meminta bantuan dari Zhuge Liang. Dengan tekad yang kuat dan tulus, Liu Bei telah melakukan kunjungan ke rumah Zhuge Liang hingga sebanyak 3 kali, karena terus gagal bertemu dengannya. Melihat tekad yang kuat dan tulus dari Liu Bei, Zhuge Liang pun tergerak dan setuju untuk membantunya.

Kekuatan Liu Bei menjadi semakin kuat dan luas dibawah pengurusan dari Zhuge Liang, selain itu, terjalin pula hubungan yang baik dan dekat diantara dua orang ini. Namun,terdapat dua rekan terdekat Liu Bei yang sering menggerutu tentangnya karena adanya rasa tidak senang dalam mereka.
Liu Bei pun menanggapi hal ini dengan berkata, “Setelah menemukannya, aku begitu gembira seperti ikan yang telah menemukan air (如鱼得水). Saya berharap bahwa kalian tidak akan lagi banyak mengomentarinya.”

Setelah itu, Zhuge Liang juga memiliki peran yang besar dalam munculnya Liu Bei, yang kemudian mendirikan Kerajaan Shu Han selama Periode Tiga Kerajaan di Tiongkok.

Ungkapan Peribahasa Tiongkok Ru Yu Dé Shui (如魚得水 ) “seperti ikan yang telah menemukan air”, awalnya disebut sebagai hubungan yang baik antara raja dan menteri. Dikemudian hari, idiom ini digunakan untuk menggambarkan hubungan yang harmonis diantara teman-teman dekat atau antara suami istri.

Kisah ini dikutip melalui:
kebajikandalamkehidupan.blogspot.com