LDK-A HIMA 2021

HIMA melakukan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk Calon Aktivist (Cavist) 2021, dimana Cavist yang telah mengikuti LDK-A sampai akhir akan dilantik menjadi aktivist HIMA 2021. LDK-A 2021 ini dilakukan secara online karena situasi yang tidak memungkinkan jika dilakukan secara offline. Pada tahun ini, tema dari LDK – A yaitu ‘UNA IN DIVERSITATE’. Dengan arti “memiliki tujuan yang sama walaupun berbeda”. Cavist dilatih dalam hal kekompakan, keaktifan dan keseriusan mereka untuk mengikuti LDK-A dengan rangakaian acara seperti materi, games dan sharing.

LDK-A dibagi menjadi 2 hari;

Hari pertama berlangsung pada tanggal 26 Maret 2021. Acara dibuka oleh MC, yang dilanjutian dengan sambutan dari SASC, Pihak Jurusan, Ketua Umum HIMA, dan Ketua Panitia. Setelah rangkaian kata sambutan selesai, terdapat sesi penyampaian materi yang disampaikan oleh pihak jurusan. Materi dengan tema Kepemimpinan. Materi ini berkaitan dengan games yang akan diberikan kepada Cavist. Games tersebut berisi tentang bagaimana kepemimpinan dalm suatu organisasi. Selanjutnya sesi Materi HIMA. Pada sesi ini dijelaskan sejarah hima, proker HIMA, divisi di dalam HIMA dan lainnya yang bersangkutan dengan HIMA. Setelah itu dilanjutkan dengan games HIMA. Sesi selanjutnya materi Sekretaris dan Bendahara (Sekben). Sesi ini menjelaskan bagaimana membuat proposal acara, lembar pertanggung jawaban (LPJ), dan lainnya. Dilanjutkan dengan games Sekben.

Rangkaian acara hari pertama telah selesai yang diakhiri dengan evaluasi peserta oleh Ketua Panitia.

Pada hari kedua LDK-A HIMA 2021, Cavist diminta untuk menyelesaikan studi kasus dengan berdiskusi dengan anggota kelompok. Kemudian dipresentasikan di general room. Sesi berikutnya adalah sesi debat yang dilakukan dua kelompok. Setiap sesi, Cavist akan mendapatkan poin dan puzzle. Poin dan puzzle dikumpulkan pada akhir acara untuk disusun puzzle-puzzle yang telah terkumpul. Pada sesi puzzle peserta menyusun puzzle tersebut dan memahami arti dari gambar pada puzzle. Sesi ini ditemani oleh senior HIMA. Kemudian senior HIMA melakukan sharing tentang pengalaman mereka menjadi bagian dalam HIMA. Setelah sesi sharing selesai, para Cavist dilantik menjadi Aktivist. Melalui pembacaan Janji HIMA yang dipimpin oleh Ketua Umum HIMA 2021. Rangkaian kegiatan LDK-A 2021 telah selesai dan Cavist resmi menjadi Aktivist HIMA 2021.