P2M KEMANGGISAN

PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Program Pengabdian pada Masyarakat atau yang biasa disebut P2M merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang diselenggarakan setiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa Akutansi (HIMA) Binus University.

Kegiatan P2M tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena tema telah ditentukan oleh pihak SCAC Binus University. P2M kali ini mengangkat tema ‘Climate Change’ yang sangat berhubungan dengan kondisi bumi kita saat ini. Kami dari HIMA sendiri berfokus pada sampah plastik karena melihat kondisi penggunaan plastik sekarang ini semakin banyak dan tentunya berdampak pada bumi. Salah satu halnya terjadi akibat maraknya penggunaan botol plastik sekali pakai oleh masyarakat. Oleh karena itu, P2M HIMA 2019 melakukan kegiatan kampanye mengganti penggunaan botol plastik sekali pakai dengan botol ramah lingkungan yang memiliki tujuan untuk mengurangi sampah plastik dibumi, khususnya untuk botol plastik sekali pakai.

Rangkaian acara P2M diadakan dalam lima kali kegiatan selama semester genap  di bulan Juli 2019. Kegiatan pertama, P2M HIMA 2019 pada tanggal 1 juli 2019 diawali dengan mengumpulkan bahan-bahan plastik untuk membuat ecobrick (blok bangunan yang dapat digunakan kembali). Kegiatan kedua, pada tanggal 18 juli 2019 membuat sampah-sampah plastik tersebut menjadi ecobricks. Kegiatan ketiga, pada tanggal 19 juli 2019 membuat sebuah petisi serta mempersiapkan orasi dan live music untuk kegiatan selanjutnya yang dilaksanakan pada tanggal 21 juli 2019. Kegiatan keempat dan kelima, kami melakukan Kampanye dengan melakukan penukaran botol plastik sekali pakai dengan botol ramah lingkungan antara panitia & volunteer P2M dengan masyarakat, pada tanggal 21 juli 2019 yang dilakukan pada saat kegiatan Car Free Day  di Bundaran HI dan tanggal 28 juli 2019 di Taman Cattleya.

Kegiatan 1:

 

Kegiatan 2:

 

Kegiatan 3:

 

Kegiatan 4:

 

Kegiatan 5:

Selain itu, kami berhasil mengumpulkan sampah botol plastik sebanyak 9 KG yang didonasikan kepada pihak bank sampah untuk dikelola kembali agar lebih bermanfaat. Sehingga, dalam kegiatan P2M kali ini kami dapat mencapai tujuan dari acara yaitu mengurangi sampah plastik khususnya botol plastik minum sekali pakai yang jumlahnya sangat banyak yang mempengaruhi ‘Climate Change’ dibumi ini.

Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada pihak SCAC Binus University yang telah memberikan izin untuk melakukan kegiatan P2M, kepada Polda Metro Jaya, Petugas Dishub, Pengelola HBKB Jakarta yang telah ikut serta dalam membantu kelancaran acara P2M saat CFD di Bundaran HI, kepada para Volunteer & Panitia P2M HIMA Binus University, serta kepada pihak-pihak yang bersangkutan dalam kegiatan P2M yang telah membantu dalam rangkaian acara P2M HIMA 2019.