Bincang Jurusan Bekasi Periode Genap 2019/2020

Bincang Jurusan (BINJUR) adalah wadah bagi Mahasiswa Jurusan Akuntansi BINUS University untuk menyalurkan aspirasi, kritik, dan kendala selama perkuliahan di BINUS University yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA). Kegiatan ini juga dapat memberikan informasi terbaru mengenai akuntansi yang akan berguna untuk membantu mahasiswa dalam menjalani perkuliahan di BINUS University dengan baik.

Kegiatan Bincang Jurusan regional Bekasi periode genap 2019/2020 telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Juni 2020 pukul 13.20 – 15.10 WIB, acara ini diadakan secara online menggunakan aplikasi Cisco Webex Meetings dengan tema “Meningkatkan Kedisiplinan dan Etika dalam Profesi Akuntan”. Bincang Jurusan kali ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu Bincang Himpunan dan Bincang Jurusan.

Acara Bincang Jurusan kali ini dihadiri oleh Bpk. Gatot Soepriyanto,S.E., Ak., M.Buss (Acc)., Ph.D. selaku Dean of Faculty of Economics, Bpk. Toto Rusmanto, M.Comm, Ph.D. selaku Head of Accounting Program BINUS Bekasi, dan Bpk. Kevin Deniswara, S.E., M.Ak. selaku Deputy Head of Accounting Study Program.

 

Acara dibuka dengan doa yang dipimpin oleh MC, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bapak Gatot selaku Dean of Faculty of Economics and Communication,  kata sambutan dari Bapak Toto selaku Head of Accounting Program BINUS Bekasi,  kata sambutan dari ketua umum HIMA 2020 yaitu Yehezkiel Revandi Sampelino, dan disambung oleh ketua acara yaitu Akmal Albaihaqi.

Acara kali ini berjalan dengan kondusif, para mahasiswa sangat antusias menyampaikan aspirasinya, serta banyak dari mahasiswa yang bertanya mengenai proses pembelajaran secara online dalam masa pendemi COVID-19. Banyak mahasiswa yang menyampaikan keluh kesahnya selama masa perkuliahan di BINUS University, sehingga mendapatkan tanggapan dan masukan yang baik dari pihak jurusan.

 

Acara selanjutnya adalah acara Bincang Himpunan yang disampaikan oleh Yehezkiel selaku ketua umum HIMA 2020 yang dimana di dalamnya  membahas mengenai HIMA. Menurut Yehezkiel, Critical Thinking yang benar adalah tidak melibatkan mood atau emosi. Terkadang pikiran sangat bergantung dengan kondisi emosi kita, misalkan kita sedang marah maka critical thinking kita tidak akan bagus, jadi jika ingin melakukan critical thinking yang baik harus sadar apa yang kita pikirkan dan apakah sudah sesuai dengan kondisi mood kita yang bagus.

Acara selanjutnya adalah acara Bincang Jurusan yang disampaikan oleh Bapak Kevin selaku Deputy Head of Accounting Study Program dan Bapak Toto selaku Head of Accounting Program BINUS Bekasi, mereka membahas mengenai apa yang sudah ditetapkan di dalam acara Bincang Jurusan ini yang bertemakan “Meningkatkan Kedisiplinan dan Etika dalam Profesi Akuntan”. Ada beberapa penjelasan yang harus kalian ketahui seperti di bawah ini. Menurut Pak Toto etika itu lebih mendasar daripada hukum walaupun tidak tercatat seperti hukum. Etika harus dijaga agar akuntan tidak mengalami conflict of interest karena jika ada conflict of interest opini pribadi bertentangan kepentingan maka laporan keuangannya atau laporan auditannya menjadi tidak reliable. Setelah menjelaskan maksud dari Meningkatkan Kedisiplinan dan Etika dalam Profesi Akuntan, acara diakhiri dengan sesi dokumentasi secara online.

Kami mengucapkan terima kasih kepada panita, peserta, serta pihak jurusan Akuntansi dan Keuangan yang telah berpartisipasi dalam acara Bincang Jurusan regional Bekasi periode genap 2019/2020. Sehingga acara berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan dari Bincang Jurusan ini.