Auditing itu Asik

 

Halo semua!! Saya membuat artikel ini karena saya merasa ketika orang mendengar tentang audit baik dari segi pembelajarnnya, pekerjaannya, atau segala halnya pasti kebanyakan orang selalu bilang susah lah, ribet lah dan lain-lainnya. Tapi,saya sendiri yang sudah terjun langsung dibidang audit ini ingin membahas auditing dari sudut pandang saya.

Dari segi pengertiannya, Auditing adalah suatu proses sistematis untuk memperoleh serta mengevaluasi bukti secara objektif mengenai asersi-asersi kegiatan dan peristiwa ekonomi , dengan tujuan menetapkan derajat kesesuaian antara asersi-asersi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Sistematis sendiri merupakan sebuah rangkaian langkah yang teratur atau prosedur yang logis,tersturktur, dan terorganisir.

Tapi saya yakin dengan mendengar kata “SISTEMATIS” pasti kalian pada berfikir  “wah auditing bakal susah dan ribet”. Sebenarnya menjadi seorang Auditor itu tidak seribet dan sesusah yang kalian pikirkan kok .

Menurut saya auditing itu asik dan menantang makanya saya dapat menulis judul seperti itu. Kenapa saya dapat berkata seperti itu? Karena pertama, memang auditing harus secara logis,terstruktur dan terorganisir tapi semua itu tidak seribet yang kalian pikir. Menjadi seorang auditor itu bertugas untuk melakukan pengecekan atas tugas atau aktivitas yang sudah dilakukan. Dari pengecekan tersebut akan diketahui celah dari sebuah aktivitas, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan baik machine error ataupun human error , maka dari itu diperlukan seorang Auditor. Jadi, tugas seorang auditor adalah untuk mengecek semua data yang diinput apakah sudah benar atau belum seperti; kejadian tanggal, jumlah uang yang masuk atau keluar, dan kita kelompokkan menjadi satu biar mudah dilihat.

Begitulah garis besar dari tugas seorang auditor dari pandangan mata saya. Kalau dipikir-pikir, auditing itu seru seperti layaknya seorang detektif yang menganalisa sebuah dokumen dan melihat apakah sebuah dokumen atau aktivitas sudah compliance pada prosedur audit ataupun belum.

Jadi, saran dari saya adalah jangan menyesal untuk masuk ataupun terlibat langsung dalam dunia auditing, kaerna yang saya rasakan sekarang tidak seribet apa yang saya pikirkan dahulu. Sampai saat ini, saya tidak menyesal dapat mempelajari akuntansi.

Sumber Gambar: http://www.taxproblemsolver.com/wp-content/uploads/2016/03/Audit-Compliance2.jpg

Dibuat oleh : Stevanus Tamarius