Apa itu IPO?

Penjelasan Singkat tentang IPO

IPO yang merupakan singkatan dari Initial Public Offering adalah penawaran saham perdana kepada publik/ masyarakat yang diselenggarakan oleh perusahaan. Dengan adanya IPO ini, kepemilikan perusahaan bukan lagi dimiliki oleh individu atau perorangan. Melainkan, sudah dapat dimiliki oleh publik/ masyarakat luas. 

Apakah Alasan Perusahaan Melakukan IPO? 

  • Perusahaan mendapatkan pertambahan modal
    Untuk melakukan ekspansi atau membuat perusahaan berkembang, tentunya perusahaan memerlukan banyak modal. Maka dari itu perusahaan menjual kepemilikannya untuk mendapatkan dana atau modal untuk ekspansi.
  • Kinerja keuangan perusahaan akan membaik
    Dengan mendapatkan modal dari publik, perusahaan semakin mudah untuk membayar hutang dan memperbaiki laporan keuangannya.
  • Perusahaan mendapatkan potongan pajak
    Perusahaan yang telah melakukan IPO akan menikmati potongan pajak penghasilan sebesar 5% dari pemerintah. Selain dari itu, perusahaan yang terbuka ini juga akan mendapatkan pajak yang lebih rendah dalam pajak penjualan.
  • Meningkatkan perusahaan secara keseluruhan
    Dengan adanya IPO, nilai perusahaan kemungkinan tinggi akan meningkat seiring dengan kenaikan harga dari sahamnya.
  • Popularitas dan nilai perusahaan akan meningkat
    Perusahaan yang diperdagangkan dalam Bursa Efek Indonesia akan terkesan lebih prestisius. Apalagi perusahaan yang melakukan IPO lebih disoroti media. Sehingga bila kinerjanya baik maka bisa menjadi marketing secara tidak langsung.

Sumber:
https://www.akseleran.co.id/blog/ipo/
https://www.finansialku.com/jangan-asal-beli-saham-ipo-pahami-apa-itu-ipo-dan-bagaimana-menilai-sahamnya/
https://www.most.co.id/tips-investasi/mengenal-initial-public-offering

Marvel Adrianto