Technical Analysis

Analisis teknikal adalah teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis fluktuasi harga dalam jangka waktu tertentu. Dari analisa tersebut, investor bisa melihat pola-pola dari pergerakan harga saham, data pasar dan volume transaksi saham untuk menentukan kapan melakukan pembelian atau penjualan.Berbeda dengan analisis fundamental, analisis teknikal tidak melihat hal-hal yang berkaitan dengan kondisi ekonomi, kesehatan keuangan perusahaan, serta prospek bisnis ke depan.

Analisis teknikal memiliki fungsi untuk mendeteksi trend dan memberi sinyal untuk buy atau sell. Analisis teknis digunakan untuk menganalisis harga berdasarkan data harga masa lalu. Dengan bantuan data ini, para analis mencoba melihat trend atau pola harga yang sedang berkembang. Hal ini tentu menjadi faktor dimana para pelaku transaksi dapat menentukan waktu untuk buy and sell.

Di dalam Analisa teknikal, chart dan grafik merupakan komponen yang penting. Kenapa penting? karena Chart mampu untuk menampilkan pergerakan harga saham melalui tampilan grafik. Di dalamnya terdapat candle stick yang memperlihatkan pergerakan harian harga saham. Berikut adalah contoh chart:

Sumber:
https://lifepal.co.id/media/analisis-teknikal-saham-caranya/

Derrel Iaska