Apa itu Valuta Asing?

Oleh : Cinthya Febrilia / 1901484045

Pernahkah kalian berfikir bahwa mata uang asing dapat dijadikan investasi?. Ternyata selain reksadana, tabungan , saham, emas dan obligasi, mata uang asing (valuta asing) sudah menjadi salah satu jenis investasi tradisional. Sebelum kita masuk ke pembahasan investasi , yuk kita cari tahu apa itu valuta asing.

Valuta asing merupakan mata uang yang dapat digunakan atau mudah diterima oleh banyak negara dalam perdagangan Internasional. Mata uang asing yang diterima dalam perdagangan internasional adalah Dollar Amerika (USD). Apa fungsi valuta asing? Berikut adalah pembahasan mengenai fungsi Valuta asing :

  1. Valuta Asing Dapat Menjadi Alat Tukar Internasional
    Valuta asing dapat dijadikan alat tukar menukar barang atau jasa di negara lain, misalnya: apabila kita memberi barang di luar negeri maka pembayaran yang dilakukan pastinya tidak menggunakan mata uang  rupiah , melainkan menggunakan mata uang dari negara yang bersangkutan atau bisa juga menggunakan Valuta asing
  1. Valuta Asing Dapat Menjadi Alat Pembayaran Internasional
    Valuta asing digunakan untuk membayar pembayaran internasional , seperti contoh yang terdapat pada point 1, Valuta asing dapat digunakan untuk membayar hutang kepada negara lain (apabila negara kita memiliki hutang kepada negara lain)
  1. Valuta Asing Dapat Dijadikan Alat Pengendali Kurs
    Valuta asing dapat digunakan untuk mengendalikan kurs, baik membuat kurs menjadi kuat atau bisa juga membuat kurs negara menjadi lemah.
  1. Valuta Asing Dapat Memperlancar Perdagangan Internasional
    Valuta asing akan mempermudah dan memperlancar suatu negara dalam mengadakan perdagangan di negara lain, apabila tidak ada Valuta asing maka akan mempersulit perdagangan internasional

Setelah kita membahas mengenai fungsi – fungsi dari Valuta asing, Ada 2 jenis Valuta asing yaitu Valuta asing fisik dan Valuta asing non-fisik. Valuta asing fisik merupakan uang asing yang sesungguhnya baik berupa uang kartal maupun uang logam. Lalu yang kedua ada Valuta asing non-fisik, merupakan Valuta asing dalam bentuk surat berharga/uang giral seperti wesel, cek, travelers,cheque dan masih banyak lagi. Tidak sampai disini saja, berdasarkan bentuknya Valuta asing terbagi menjadi beberapa bagian seperti ; Mata uang asing , saldo kredit ,surat- surat wesel luar negeri, hak-hak penerimaan pembayaran.

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk berinvestasi Valuta asing? Mau tips memulai investasi Valuta asing? Jangan lupa untuk baca artikel kami selanjutnya ya!

Sumber :
http://www.ilmuekonomi.net/2015/12/pengertian-jenis-jenis-fungsi-dan-contoh-valuta-asing.html

Cinthya Febrilia