Tabungan dan Manfaatnya

(Oleh : Cinthya Febrilia / 1901484045)

http://www.aol.co.uk/money/2016/05/10/piggy-bank-vs-real-bank-where-do-your-savings-go/

 

Sering kali kita mendengar kata “Tabungan”. Dan pastinya, readers sudah memiliki dan menggunakan tabungan pribadi. Tetapi, apakah kalian tahu apa itu tabungan?. Bagi kalian yang belum tahu pasti, yuk kita simak artikel ini.

Pengertian menurut Undang – Undang  No 10 Tahun 1998 tentang perbankan , Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro dan atau alamat lainnya yang dipersamakan dengan itu. Pengertian sederhana dari tabungan adalah simpanan uang yang berasal dari pendapatan yang tidak dibelanjakan dan bisa dilakukan oleh perorangan maupun instansi tertentu.

Selanjutnya, sudahkah kalian mengetahui apa manfaat dari tabungan? Berikut adalah beberapa informasi yang sudah kami dapatkan mengenai manfaat dari tabungan :

  1. Lebih aman jika dibandingkan dengan investasi
    Memang tabungan tidak menghasilkan return yang besar jika dibandingkan dengan investasi. Apabila kita bandingkan berdasarkan tingkat keamanannya, menabung jauh lebih aman dibandingkan dengan investasi ,karena investasi memiliki risiko yang lebih besar apabila kita salah dalam menentukan investasi.
  1. Siap disaat kondisi darurat
    Kejadian – kejadian yang tidak dapat diperkirakan kepastiannya akan menyebabkan masalah dalam keuangan. Apa lagi dalam kejadian tersebut menyebabkan pengeluaran tak terduga dalam kondisi tersebut tabungan dapat diandalkan untuk mengatasi pengeluaran yang tak terduga.
  1. Mendapatkan bunga di setiap bulan
    Siapa bilang menabung tidak mendapatkan keuntungan dalam menabung?. Dengan menabung kita dpat mendapatkan keuntungan lebih dalam kurung waktu tertentu. Walaupun bunga yang di berikan bank jumlahnya tidak terlalu banyak, kita dapat jadikan bunga tersebut sebagai pendaatan berlebih yang menguntungkan.

Bagaimana readers, sudahkah kalian memiliki tabungan? Kalau kalian belum punya tabungan, yuk kita mulai menabung!! .Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua!

Sumber :
https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3403653/apa-saja-manfaat- tabunganhttps://www.etalasebisnis.com/glosarium/1128/pengertian-tabungan.html

Cinthya Febrilia