Jadi Investor Muda?

(Oleh : Cinthya Febrilia / 1901484045)

sumber : https://indopremier.com/ipotstock/getimage.php?news_id=233

Menjadi investor tidak hanya untuk kalangan yang sudah berpenghasilan saja, melainkan kita sebagai mahasiswa juga dapat menjadi investor muda. Tujuan investor pada dasarnya adalah mencari dan mendapatkan keuntungan. Namun, masih banyak anak muda yang bingung untuk memulai dunia investasi.

Banyak mahasiswa yang mengganggap bahwa berinvestasi membutuhkan dana yang cukup besar dan mereka juga belum memiliki penghasilan sendiri. Meskipun kita sebagai mahasiswa belum berpenghasilan dan memiliki banyak uang, salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah menyisihkan sebagian uang saku dari orang tua untuk memulai dunia investasi. Cukup dengan Rp 100.000,00 – RP 250.000,00 kita dapat berinvestasi. Investasi apa yang cocok untuk kalangan muda seperti mahasiswa? Berikut adalah pembahasan lebih lengkapnya.

Reksadana merupakan salah satu investasi yang cocok untuk para mahasiwa. Apa itu reksadana? Reksadana adalah salah satu produk investasi dimana dana yang sudah ditanamkan akan di kelola oleh seorang manajer investasi. Selain harga yang terjangkau, cocok untuk mahasiswa yang hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas. Kita sebagai mahasiswa tidaklah bersusah payah untuk menghitung risiko dan investasi karena kita akan dibantu oleh seorang manajer investasi dalam mengelola dana tersebut.

Selain reksadana, Saham juga dapat menjadi salah satu alternatif investasi. Apa itu saham? Saham merupakan bukti penyertaan kepemilikan suatu perusahaan. Setelah kita menjadi pemegang saham maka kita akan memperoleh keuntungan berupa dividen. Salain itu, kita juga dapat memperoleh keuntungan berupa  capital gain. Keuntungan ini didapatkan dari selisih harga jual dan harga beli. Berbeda dengan reksadana, untuk mengelola saham dibutuhkan waktu dan pengetahuan yang cukup, analisis fundamental dan teknikal yang kuat dalam melihat pergerakan saham.

Dari kedua jenis produk investasi diatas pasti ada kekurangan dan kelebihan dari masing- masing produk. Tergantung dari kita sebagai investor dalam mengola produk investasi tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi calon investor muda. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk menjadi investor muda?

Sumber :
http://www.bareksa.com/id/text/2016/06/09/buat-mahasiswa-yang-ingin-mulai-berinvestasi-pilih-reksa-dana-atau-saham/13412/reksa%20dana

Cinthya Febrilia