Mengapa Harus Saham?

Mengapa Harus Saham?

Oleh Maharani Eka Diana Putri-2001575252

Kehidupan masyarakat yang semakin berkembang menuntut masyarakat harus cermat dalam mengelola uang atau modalnya untuk kebutuhan dimasa mendatang. Salah satu cara dalam mengolah keuangan yaitu dengan berinvestasi. Secara umum, pengertian dari investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan.

Pilihan dalam berinvestasi sendiri sangatlah banyak. Mulai dari membeli rumah, tanah, atau perhiasan, sampai membangun usaha. Namun, sesungguhnya masih ada satu instrumen investasi lainnya yang tidak kalah menggiurkan, tetapi kerap dihindari oleh kebanyakan orang karena dinilai terlalu beresiko, yakni investasi saham di pasar modal. Namun pemikiran tersebut tidaklah benar karena justru investasi di saham banyak memberikan keuntungan. Pada dasarnya, ada dua keuntungan yang diperoleh investor dengan membeli atau memiliki saham, yaitu capital gain, dan pembagian dividen.

Alasan lain yang memperkuat jika saham layak menjadi pilihan dalam berinvestasi adalah:

  1. Praktis dan simpel

Siapa bilang investasi saham sulit? Hal tersebut tidak demikian karena berinvestasi di pasar modal sesungguhnya praktis dan bisa dilakukan semua orang, termasuk bagi pemula sekalipun.  Kamu hanya harus membuka rekening sekuritas di bank favoritmu dan masukkan modal sesuai yang kamu mau. Hampir semua bank menawarkan jasa pialang yang bertugas memantau nilai saham dan menginvestasikan uangmu. Jadi tidak ada kata repot dan sulit kan?

  1. Tidak membutuhkan modal besar

Berbeda dengan investasi tanah dan emas yang membutuhkan modal besar, investasi saham memudahkanmu berinvestasi, meski hanya dengan modal Rp. 100 ribu saja!

  1. Membantu Perekonomian Indonesia

Ratusan perusahaan lokal milik swasta dan milik negara di berbagai sektor terdaftar resmi di Bursa Efek Indonesia. Jadi, bisa dikatakan, dengan berinvestasi di pasar modal memungkinkan kita berkontribusi terhadap pembangunan perekonomian. Karena, dengan modal yang kita berikan membuat meningkatkan aktivitas perekonomian di Indonesia. Sebagai imbal baliknya, kamu pun akan memperoleh keuntungan dari pembagian hasil keuntungan yang mereka dapat.

  1. Mengikuti Laju Inflasi

Nilai saham yang kamu miliki tentu akan terus meningkat sesuai dengan tingkat inflasi. Jadi, jika kamu awalnya memiliki saham senilai satu juta, nilai sahammu berpotensi besar untuk terus bertambah, menyesuaikan dengan level inflasi.

Jadi sudah jelaskan bahwa saham dapat dijadikan pilihan dalam berinvestasi dengan segala kemudahan dan keuntungannya, so tunggu apa lagi, ayo coba berinvestasi! Ayo nabung saham!

Sumber :

http://• https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRDbjfjczGYHGo-I9-_Dy3PWAV2uhQ0CgZtZsC6K4m0VTj6qSRJGKZADFOwgg

http://• https://www.google.co.id/amp/s/www.finansialku.com/mengenal-risiko-dan-keuntungan-berinvestasi-saham/amp/

http://• https://www.google.co.id/amp/s/business.idntimes.com/finance/amp/putri-wahyudewi/7-alasan-kenapa-kamu-harus-investasi-saham-di-pasar-modal-dari-sekarang

Maharani Eka Diana Putri