Financial and Investment Course (Series 1): How to be an Intelligent Investor?

Pada tanggal 9 Juli 2021, BNFC mengadakan sebuah seminar bersama MNC Sekuritas tentang Financial and Investment course. Hal ini ditujukan untuk mengedukasi Binusian mengenai apa itu investasi. Acara ini dibawakan oleh Pak Andri Muharizal dari MNC.

Acara ini diawali dengan penjelasan mengenai perbedaan antara investor dan trader. Pak Andri membahas bahwa investor menganalisa saham dengan cara analisa fundamental. Analisa ini mengharuskan investor menganalisa dengan cara melihat ratio ratio dari saham tersebut. Contoh dari ratio-ratio tersebut adalah price-to-earning ratio, price-to-book value, dan lain-lainnya.

Tidak hanya analisa fundamental, pak Andri juga mengatakan bahwa seorang investor harus bisa menganalisa industri dan analisa ekonomi. Analisa industri yang dimaksud ini adalah analisa yang mempelajari keadaan kompetitif dari suatu sektor industri. Sedangkan analisa ekonomi yang dimaksud adalah faktor-faktor ekonomi seperti inflasi, produk domestik bruto, tingkat suku bunga, dan lain-lainya yang berpengaruh terhadap industri itu sendiri.

Pak Andri juga menjelaskan bahwa jika para peserta seminar ingin berinvestasi, peserta dapat dibantu oleh MNC sekuritas. Peserta dapat membuka rekening saham di MNC sekuritas jika ingin langsung terjun ke dalam dunia investasi. Pendaftaran dapat dilakukan secara full online sehingga para peserta tidak perlu repot repot untuk datang ke tempat MNC sekuritas hanya demi membuat rekening saham.

Brian Steven Lim