BNFC Talkshow “Investment Alert: Fraud Investment 101”

Ketika ingin berinvestasi, para pemula terkadang  ingin untung besar dengan cepat dan berisiko kecil. Hal ini yang mengakibatkan banyak pemula masuk kedalam money game, investasi bodong, skema ponzi dan penipuan finansial lainnya.

Felicia Putri Tjiasaka seorang, self-employed investment story teller dan bersertifikat CFA (Chartered Financial Analyst) membawakan topik “Investor Alert: Fraud Investment 101” dalam acara talkshow yang diadakan BNFC (Binusian Finance Club) pada tanggal 15 Januari 2021. Acara ini dihadiri oleh 1007 peserta yang terdiri dari 906 mahasiswa Binus dan 107 peserta non-Binus. Dikarenakan peserta yang terlalu banyak, sesi QnA (Question and Answer) dilakukan melalui Slido.com agar pertanyaan yang sama tidak dapat terjawab secara berulang.

Dalam acara ini, Felicia Putri Tjiasaka mengawali acara dengan menjelaskan apa itu money game, investasi bodong dan investasi palsu lainnya. Ia menjelaskan  bahwa investasi bodong, money game dan investasi palsu lainnya adalah sebuah skema penipuan yang dilakukan individu atau organisasi yang tidak legal secara hukum untuk menipu para pemula yang ingin berinvestasi. Skema penipuan ini bertujuan membuat rugi para pemula yang ingin berivestasi

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penjelaskan tentang cara untuk para peserta tidak terkena investasi palsu. Hal ini ia lakukan dengan menjelaskan apa itu 2L (Legal dan Logis). Menurut Felicia Putri Tjiasaka, cara yang tepat untuk membedakan investasi bodong adalah dengan 2L (Legal dan Logis). Ia menjelaskan bahwa investasi yang terpecaya adalah investasi yang legal secara hukum dan masuk di akal.

Yang dimaksud dengan investasi legal secara hukum adalah investasi yang sudah memiliki regualasi dan telah diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sedangkan investasi yang masuk diakal adalah investasi yang memiliki resiko yang sesuai dengan apa yang ditawarkan. Untuk menetahui resiko yang sesuai dengan apa yang ditawarkan, Felicia Putri Tjiasaka menyarankan agar para peserta untuk memahami model bisnis atau produk investasi yang ditawarkan.

Dengan edukasi yang diberikan melalui talkshow “Investor Alert: Fraud Investment 101” yang diadakan oleh BNFC, Felicia Putri Tjiasaka berharap agar para peserta dapat memahami apa itu money game, investasi bodong, dan investasi lainnya. Ia juga yakin bahwa cara berpikir 2L (Legal dan logis) dapat membantu para peserta agar tidak terkena investasi bodong, money game dan investasi palsu lainnya jika diterapkan dengan benar.

Brian Steven Lim