BSLC BENCHMARKING 2023: BRIDGE

Pada hari Minggu, 10 Desember 2023, BINUS Student Learning Community mengadakan acara Benchmarking dengan UKM Penalaran & Kreativitas dari UPN Veteran Jawa timur. Benchmarking merupakan sebuah program kerja di BSLC yang dilaksanakan untuk menambah wawasan mengenai workflow, kinerja dan program kerja – program kerja dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serupa. Acara Benchmarking BSLC 2023 dengan tema BRIDGE: Benchmarking to Develop Greater Environment merupakan acara BSLC yang bertujuan untuk memperkenalkan BSLC kepada pihak external agar dapat memperkenalkan BSLC dan menjadi strategi untuk melakukan evaluasi mengenai kinerja BSLC selama satu tahun kepengurusan bersama dengan organisasi lain.

Acara BSLC Benchmarking 2023 ini diselenggarakan secara online atau daring dan berbentuk presentasi profil dan diskusi antar divisi – divisi serupa dari kedua organisasi. Acara dimulai dengan kata sambutan dari ketua umum BINUS Student Learning Community 2023, Audrey Ramadhiyanti Cahyadi dan ketua umum UKM Penalaran & Kreativitas 2023, Afif Ghani Zahran. Lalu, masing-masing organisasi melakukan presentasi mengenai profil dan program kerja UKM yang telah diselenggarakan selama 20 menit per organisasi. Hal ini ditujukan untuk mengetahui latar belakang dari terbentuknya UKM dan dapat menambah wawasan dari masing-masing untuk melakukan evaluasi dari seluruh organisasinya. Wawasan ini meliputi video profil, visi misi, jenis keanggotaan dan sumber daya manusia, struktur organisasi, penjelasan program kerja – program kerja, kinerja, pembagian divisi dan subdivisi, serta penghargaan – penghargaan yang telah dicapai dari kedua organisasi. Setelah sesi presentasi, dilanjutkan dengan sharing session dimana semua subdivisi serupa dari kedua organisasi dibagi ke beberapa breakout rooms agar dapat melakukan sharing informasi dan ilmu dari divisi dan subdivisi masing – masing selama 40 menit. Sebelum penutupan acara, dilaksanakan sesi penyerahan sertifikat untuk organisasi partner UKM Penalaran & Kreativitas, sesi dokumentasi, dan pengisian exit ticket untuk seluruh peserta Benchmarking.

Melalui pelaksanaan program ini, masing-masing organisasi tentu telah mendapatkan gambaran maupun perspektif yang baru untuk diaplikasikan dalam organisasi masing-masing. Peserta-peserta acara dapat melihat kekurangan atau yang perlu diperbaiki dari masing-masing divisi organisasi bahkan juga mendapatkan masukan dari organisasi lain mengenai apa saja yang perlu ditambah maupun diperbaiki. Selain itu, tujuan untuk memperkenalkan BSLC sebagai organisasi pendidikan kepada organisasi eksternal dan menjalin hubungan baik dengan UKM Penalaran & Kreativitas sudah tercapai dengan sukses berjalannya acara ini.